PENERAPAN ARSITEKTUR AKULTURASI EKSPRESIONISME PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KESENIAN TIRTA GAMADI DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • M. Bhuana Y. Al-Iskandar
  • Theresia Pynkyawati
  • Ratu Sonya Mentari Haerdy

Keywords:

Alkulturasi, Ekspresionisme, Elemen, Identitas, Simbol

Abstract

ABSTRAK
Pola budaya yang terus berkembang, merubah cara pandang baru akan implementasi vernakular dan nilai lokalitas dalam sebuah bangunan. Aspek bangunan menjadi indikasi penting dalam memperlihatkan identitas bagi penggunanya itu sendiri. Pemikiran ini berdampak pada harapan dan adaptasi gagasan baru yang lebih relevan untuk mencerminkan keadaan yang menggugah penggunanya, hal ini menjadi acuan dalam memperlihatkan dua tema yang digabungkan dalam sebuah bangunan sekolah. Nilai arsitektur Akulturasi dan Ekspresionisme dituangkan dalam satu kreasi. Upaya mengadaptasi nuansa lokal dengan lebih ekspresif dapat dilakukan guna merancang bangunan sekolah yang tidak terkesan monoton. Manifestasi desain ini memadukan olahan tatanan masa yang mengadaptasi filosofi alur rangkaian cerita dalam sebuah bangunan sekolah, transformasi dari bentuk atap Badak Heuay yang dijadikan terlihat lebih artistik dengan makna simbol, fasad yang mencerminkan karakter penggunanya dengan berbagai pola roster dan juga fasad adaptif yang menyelaraskan bentuk keseluruhan bangunan dengan penggunaan elemen kayu dan aksen yang cenderung dinamis, dan juga bagian fasad yang menerapkan mural di dinding sebagai metafora sekolah yang lebih terlihat bebas mengekspresikan kreasi. Diharapkan dari implementasi konsep desain ini memberikan cara pandang baru terhadap nilai arsitektur terutama sebuah bangunan sekolah yang lebih eksploratif untuk berperan penting pada sarana serta fasilitas lembaga pendidikan.
Kata kunci: Alkulturasi, Ekspresionisme, Elemen, Identitas, Simbol.

ABSTRACT
Cultural patterns that continue to develop change new perspectives on the implementation of vernacular and locality values in a building. The building aspect is an important indication in showing the identity of the user himself. This thought has an impact on expectations and adaptation of new ideas that are more relevant to reflect the conditions that inspire its users, this becomes a reference in showing two themes that are combined in a school building. The architectural values of Acculturation and Expressionism are contained in one creation. Efforts to adapt local nuances more expressively can be done in order to design school buildings that don't seem monotonous. This design manifestation combines the processing of a mass order that adapts the philosophy of storylines in a school building, the transformation of the shape of the Badak Heuay roof which is made to look more artistic with symbolic meanings, the facade which reflects the character of its user with various roster patterns and also the adaptive facade which harmonizes the overall shape. buildings with the use of wood elements and accents that tend to be dynamic, and also the facade that applies murals on the walls as a school metaphor that looks more free to express creations. It is hoped that the implementation of this design concept will provide a new perspective on architectural values, especially a school building that is more exploratory to play an important role in the facilities and infrastructure of educational institutions.
Keywords: Acculturation, Expressionis, Element, Identity, Symbol.

References

“Indonesia Kaya Akan Keanekaragaman Seni dan Budaya” Available: https://adoc.pub/bab-i-pendahuluan-indonesia-kaya-akan-beraneka-ragam-seni-da.html. [Diakses tanggal: 13-Jan-2023]

Kuswarsantyo, R. Tetty, “Wawasan Seni” Available: http://repository.ut.ac.id/4051/1/PDGK4207-M1.pdf. [Diakses tanggal: 13-Jan-2023].

“Pengertian Sekolah” Available: http://eprints.umg.ac.id/614/3/BAB%20II.pdf. [Diakses tanggal: 13-Jan-2023].

S. S. Udin, S. Mulyani, Pendidikan Dasar & Menengah. 2007

“Sekolah Menengah Kejuruan” Available: https://eprints.uny.ac.id/7941/3/bab%202%20-07501241024.pdf. [Diakses tanggal: 13-Jan-2023].

Luluk Maslucha, Jurnal : Kampung Naga: Sebuah Representasi Arsitektur sebagai Bagian dari Budaya

Henny Marlina & Reza Fitri Arianti (2018), Jurnal : Karya Arsitektur Ekspresionisme Dunia, Universitas Muhammadiyah, repository. unmuha.ac.id.edu

Purnama Salura, Yenny Gunawan Logat Arsitektur Nusantara, Arsitektur Vernakular seri 1, Cipta Sastra Salura, 2008.

M. Janny, S. Wahyudi, Penerapan Prinsip Prinsip Seni Ekspresionisme Dalam Rancangan Arsitektur. 2011.

Van den Ven, Cornelis (1991) Ruang Dalam Arsitektur (Hal 287- 296).

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur