PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN TROPIS PADA PERANCANGAN SMK PARIWISATA PRADITA DI KOTA CIMAHI UTARA

Authors

  • Winda Ainul Mardhiah
  • Nurtati Soewarno
  • Shirli Putri Asri
  • Mustika Kusumaning Wardhani

Keywords:

Arsitektur Modern-Tropis, Kota Cimahi, Pendidikan abad 21, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata

Abstract

ABSTRAK
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertanggung jawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas memiliki kemampuan, keterampilan dan keahlian, sehingga setelah lulusnya mampu mengembangkan kinerja dan siap memasuki dunia kerja. Pendidikan SMK sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa. Sekolah pada umumnya terkesan monoton terutama pada ruang – ruang kelas yang terkadang membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar. Maka dari itu SMK Pariwisata Pradita yang berlokasi di Jalan Aruman, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi. Dirancang dengan menggunakan penerapan Arsitektur Modern Tropis. Dimana dalam hal ini akan berfokus pada bentuk dan fungsi bangunan yang menyesuaikan dengan zaman dan teknologi yang berkembang saat ini, terdapat banyak interpretasi makna pada penataan ruang – ruang dalam bangunan, mulai dari bukaan, hingga lanskap yang disertai dengan beberapa seating point yang diletakkan disekitar area bangunan untuk para siswa agar bisa belajar di area outdoor nantinya. Fasilitas serta ruang – ruang praktik tiap jurusan yang memadai juga menjadi keunggulan dari SMK Pariwisata Pradita sebagai sekolah swasta untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif bagi siswa dan guru dengan mengikuti perkembangan sistem belajar di era Pendidikan abad 21 saat ini.
Kata kunci: Arsitektur Modern-Tropis, Kota Cimahi, Pendidikan abad 21, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata

ABSTRACT
Vocational High School is one of the educational institutions responsible for creating quality human resources with the ability, skills, and expertise so that after graduation, they can develop performance and be ready to enter work. Vocational education itself aims to improve the ability and creativity of students. Schools, in general, seem monotonous, especially in classrooms which sometimes makes students not excited to follow the learning activities. Therefore, Pradita Tourism Vocational High School, located on Aruman Street, Cibabat, North Cimahi, Cimahi City, was designed to implement Tropical Modern Architecture, which focuses on the shape and function of buildings in current times. There are many interpretations of meaning in the arrangement of spaces in buildings, openings to landscapes accompanied by several seating points in the design around the building area for students to study outdoors Later. Adequate facilities and practice spaces of each department are also the advantages of Pradita Tourism Vocational High School as a private school to create an effective teaching and learning process for students and teachers following the development of the learning system in the current 21st century Education era.
Keywords: Modern-Tropical Architecture, Cimahi City, 21st century Education, Tourism Vocational High School

References

A. M. Saliim dan A. F. Satwikasari, .(2022) “Kajian Konsep Desain Arsitektur Tropis Modern Pada Bangunan,” Pp. 1–6.

Adyaksyahputra, A. (2018) Perpustakaan Unika Di Bsb Semarang. Other Thesis, Unika Soegijapranata Semarang

A. F. Jamila and A. F. Satwikasari, (2022) “Konsep Arsitektur Tropis Modern Pada Gading Festival Sedayu City,” J. Linears, vol. 3, no. 2, pp. 73–78, 2020, doi: 10.26618/j-linears.v3i2.4305

T. Ayu K. Putri, Purdyah, .(2014) “Smk Pariwisata Di Kabupaten Pemalang. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.,” Undergrad. Thesis

“Pembelajaran Abad 21 |SMK Negeri 4 Bone.” https://www.smkn4bone.sch.id/read/4/pembelajaran-abad-21 (Diakses Januari 2023).

N. K. Tishani and R. Trisno, .(2021) “Sekolah Dasar Abad-21 Dengan Metode Bahasa Pola Dan Metafora Dalam Penciptaan Ruang Belajar Kreatif Di Kelapa Gading,” J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 3, no. 1, p. 757, doi: 10.24912/stupa.v3i1.10760.

“The ‘ Five Points of a New Architecture ,’” p. 1928, 1928.

E. Living, “8 CIRI ARSITEKTUR MODERN TROPIS PADA INTERIOR DAN BANGUNAN,” 2022. https://elanoliving.com/blog/ciri-arsitektur-modern-tropis/ (Diakses Januari 2023).

M. S. Indraswara, “ARSITEKTUR MODERN PADA BANGUNAN CONTAINER , DI CONVERSO , SEMARANG by Mohammad Sahid Indraswara,” 2021

Arsitektur dan perencanaan kota, “ARSITEKTUR MODERN,” 2016. http://archidkot.blogspot.com/2016/05/arsitektur-modern.html (Diakses November, 2022).

Rifandi S. Nugroho, “Mengawal Catatan Sejarah Arsitektur Modern Indonesia,” arsitekturindonesia, 2018. http://www.arsitekturindonesia.org/museum/tegang-bentang-mengawal-catatan-sejarah-arsitektur-modern-indonesia (Diakses, Januari 2023).

Rys, “Ciri Ciri Dan Karakteristik Arsitektur Modern,” ReKreARTive, 2019. https://rekreartive.com/arsitektur-modern-ciri-dan-karateristik/ (Diakses, Desember, 2022)

O. Netlibrary, “Arsitektur Modern,” Thinking, vol. 3, no. 1982, pp. 128–133, 2011.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur