PENERAPAN RAGAM HIAS BETAWI PADA MEJA RESEPSIONIS LOBBY HOTEL DOUBLETREE JAKARTA
Keywords:
DoubleTree Jakarta, Front Desk, Betawi, Ornamental Variety, Tumpal MotifAbstract
Kesan pertama pada sebuah hotel terdapat pada area Lobby. Berfungsi sebagai pusat informasi, transaksi juga interaksi bagi para tamu hotel, lobby terbagi menjadi beberapa section area seperti front office, front desk, biro perjalanan, toko souvenir, lounge, dan toilet umum. Salah satu area terpenting dalam lobby adalah area front desk yang biasa dipakai untuk menyelesaikan segala proses registrasi dan reservasi. Area ini perlu memberikan kesan yang membekas, juga mencolok agar mudah bagi para tamu untuk menemukannya. Pada desain meja resepsionis area front desk DoubleTree Hotel Jakarta, menerapkan motif ragam hias tumpal. Ragam hias ini bermakna kekuatan alam, yang terdiri dari unsur makrokosmos (semesta), mikrokosmos (manusia), serta metakosmos (alam gaib). Untuk menghasilkan suatu produk desain yang matang, metode perancangan yang digunakan berasal dari Pola Pikir Perancangan Desain Rosemary Klimer. Dalam proses ini pemilihan warna, material hingga pengolahan bentuk disesuaikan semaksimal mungkin, sehingga dapat menghasikan suatu desain yang dapat merepresentasikan identitas Betawi dengan baik, juga memaksimalkan fungsi front desk.References
Swadarma, Doni; Aryanto, Yunus. (2013). RUMAH ETNIK BETAWI. Griya Kreasi, Jakarta.
Kilmer, Rosemary dan W. Otie. (1992) Designing Interiors. New York : Holt. Rinehart and Winston, Inc.
Schirmbeck, Egon. (1988). Gagasan, Bentuk, dan Arsitektur, Prinsip-prinsip Perencanaan dalam Arsitektur Kontemporer. Bandung: Intermatra.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2009)
Hilberseimer, Ludwig. (1964), Contemporaryarchitecture: its roots and trends. Chicago: Chicago, P. Theobald.
Sumalyo, Yulianto. 1997. Arsitektur Modern: Referensi Akhir Abad XIX dan Abad XX. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Neufert, Ernst. (1992). Data Arsitek Edisi Kedua Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Soenarno. (2006). Front Office Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Sulastiyono. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : Alfabeta.