https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/issue/feed FAD 2024-02-28T02:06:54+00:00 Open Journal Systems <p>Prosiding Fakultas Arsitektur dan Desain</p> https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2856 PERANCANGAN VIDEO DOKUMENTER SENI PERTUNJUKAN PANGGUNG PARODI KABARET BANDUNG DI MASA PASCA PANDEMI COVID 19 2024-02-26T09:08:12+00:00 Kharisma Ananda Tumbelaka Kharismatumbelaka@gmail.com Aris Kurniawan Kurniawan ariskurniawan@itenas.ac.id <p>The Parody Stage performing art known as Kabaret Bandung, are an Art form that is known as a modernization of other Performing arts like Theater have one major characteristic, that is by using full audioplayback in their performance. In 2018 one Kabaret Bandung team can produce 5 up to 10 Kabaret show in a year. Covid 19 Pandemic that happen all over the world also have a great impact into Kabaret Bandung growth. Without the usual Extracurricular Activity Happen and With the implementation of restriction in public places also makes all Kabaret Bandung shows come into a halt Because of the Covid 19 Pandemic. After the covid 19 Begin to subside the Kabaret Bandung state are still far from ideal. Because of all that reason then will be created a video documentary design about Kabaret Bandung the post covid19 pandemic era. With design thinking as the designing method to understood better all of the problem that Kabaret Bandung Artist Felt, its expected that this documentary video can bring back Kabaret Bandung into their ideal state, And continue to Conserve this Art form Known As Kabaret Bandung.<br>Keyword : Kabaret Bandung, Performing arts, Covid19, Pandemic, Documentary<br><br></p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Kesenian pertunjukan Parodi Kabaret Bandung, adalah Kesenian yang merupakan sebuah modernisasi dari sebuah pertunjukan panggung layaknya Teater ini memiliki ciri khas yang cukup unik, yaitu dengan penggunaan full AudioPlayback Dalam pertunjukannya. Pada Tahun 2018 dapat dihitung sebuah tim Kabaret Bandung Dapat memproduksi 5 sampai 10 Karya pertunjukan dalam 1 tahun. Pandemi Covid 19 yang melanda dunia juga berdampak sangat buruk untuk perkembangan Kabaret Bandung. tidak adanya kegiatan ektrakulikuler dan adanya pembatasan kegiatan di tempat umum Menjadi Beberapa masalah yang membuat Kegiatan Kabaret Bandung mati total Karena Pandemi Covid19. Di masa pasca pandemi covid 19 ini keadaan Kesenian Kabaret Bandung masih belum mencapai kondisi idealnya. Dari latar belakang masalah di atas maka dibuatlah perancangan video dokumenter tentang kesenian Kabaret Bandung pasca masa pandemi covid19. Dengan menggunakan metode penelitian design thinking untuk lebih memahami masalah yang di alami para penggiat Kabaret Bandung, diharapkan video dokumeter ini dapat Mengembalikan Kembali Kesenian Kabaret Bandung Ke Kondisi Idealnya, dan Dapat terus Melestarikan Kesenian Kabaret Bandung.<br>Keyword : Kabaret Bandung, Seni Pertunjukan, Covid 19, Pandemi, Dokumenter</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2860 PERANCANGAN GAME EDUKASI 2D UNTUK MENGENAl SEJARAH BANGUNAN DI SEKITAR JALAN BRAGA KEPADA GEN Z DI KOTA BANDUNG 2024-02-27T01:40:50+00:00 M.IQBAL NAHRUL.H.A.T iqbalnahrul22@gmail.com ADITYA JANUARSA iqbalnahrul22@gmail.com <p>Jalan Braga is a historic street that was once known as the Paris Van Java.There are many famous historic buildings on Jalan Braga.Unfortunately, the historic buildings on Jalan Braga are starting to be forgotten by young people, especially the Z generation who have no interest in learning or finding out about the history or function of buildings in the Jalan Braga area. By designing an educational game with the adveture and fantasy genre using pixel art style that aims to educate gen Z in the city of Bandung by introducing the history of the building and the function of the building on Jalan Braga as a form of education to recognize or to learn the history of the building on Jalan Braga Bandung. Keywords: Braga,Building,Gen Z,Pixel Art,Adventure.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Jalan Braga adalah jalan bersejarah yang dahulunya pernah dikenal sebagai Paris Van Java.Terdapat Banyak Bangunan bersejarah Yang Terkenal di Jalan Braga.Sayangnya, bangunan bersejarah di Jalan Braga mulai di lupakan oleh anak muda khususnya genrasi Z yang tidak memiliki ketertarikan untuk belajar atau mencari tahu mengenai sejarah atau fungsi bangunan yang berada di ka wasan jalan braga. dengan merancang sebuah game edukatif dengan genre adveture dan fantasy dengan menggunakan style pixel art yang bertujuan untuk mengedukasi gen Z di kota bandung dengan mengenalkan Sejarah bagunan dan fungsi dari bangunan yang ada di jalan braga sebagai bentuk edukasi untuk mengenal atau pun untuk mempelajari sejarah bangunan yang berada di jalan braga Bandung. Kata kunci: Braga,bangunan,Gen Z,Seni Piksel,Petualangan</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2877 PERANCANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN TERHADAP DAMPAK BURUK LIMBAH PLASTIK BAGI EKOSISTEM LAUT KEPADA USIA DEWASA AWAL 2024-02-27T09:37:00+00:00 FAHRAN FA'IS Faisabstraks@gmail.com GANIS RESMISARI Faisabstraks@gmail.com <p>Indonesia, as one of the world's largest maritime nations with thousands of islands and an extensive coastline, has strong ties to the sea in various aspects of life. However, the escalating issue of plastic waste in the ocean has led to serious consequences for marine ecosystems and the creatures inhabiting these waters. This research aims to elucidate this situation and the efforts being made to address this problem. With a focus on using animation as an educational medium, the study seeks to raise public awareness about the detrimental impact of plastic waste on marine ecosystems. Through a storytelling approach and the utilization of<br>Repetition and Accumulation &amp; Dramatization, this animated media aims to explain this complex issue in an engaging manner, accessible to a wide audience through the internet. Keywords: The ocean, plastic waste, maritime, microplastics, animation.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Indonesia, sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia dengan ribuan pulau dan garis pantai yang panjang, memiliki keterkaitan yang kuat dengan laut dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, peningkatan masalah sampah plastik di laut telah menyebabkan dampak serius pada ekosistem laut dan makhluk yang menghuni perairan tersebut. Penelitian ini mencoba menjelaskan situasi ini dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan fokus pada penggunaan animasi sebagai media pendidikan, penelitian ini berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak buruk limbah plastik pada<br>ekosistem laut. Melalui pendekatan storytelling dan Repetition and accumulation &amp; Dramatis, media animasi ini dapat menjelaskan isu kompleks ini secara menarik dan dapat diakses oleh berbagai kalangan melalui internet. Kata kunci: Laut, Limbah Plastik, Maritim, Mikroplastik, Animasi</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 FAD https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2878 PERANCANGAN KAMPANYE MENGHADAPI POST GRADUATION ANXIETY DALAM INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA 2024-02-27T09:50:16+00:00 JOSEPH TIMOTHY TAMPUBOLON josephtt777@gmail.com AGUS RACHMAT MULYANA josephtt777@gmail.com <p>&nbsp;To reach the full potential of Indonesia’s Creative Industry, the Creative Human Resources contains of Fresh Graduates should be positioned in the career path that fulfill their potentials. As the purpose of Design to eliminate problems with problem solutions, Indonesian Creative Fresh Graduates will be expected to be Indonesia’s Society Creative problem solver. To prepare the Creative Human Resources before entering their working environment, as in Individual or Corporate work, Creative Fresh Graduates should learn more about Literacy and life guidelines. Keywords: Creative Industry, Career, Fresh Graduate, Guideline</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Untuk menggapai potensi penuh dari Industri Kreatif Indonesia, SDM Kreatif yang terdiri dari Fresh Graduate Industri Kreatif wajib mendapatkan penempatan karir yang sesuai dengan potensinya. Seperti Design yang menjadi media untuk menyelesaikan masalah, Fresh Graduate Industri Kreatif diharapkan menjadi tumpuan masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan masalah. Untuk menyiapkan Tenaga Kerja Industri Kreatif sebelum memasuki dunia kerja, baik dalam Perusahaan maupun Individual, Fresh Graduate Industri Kreatif perlu mengenal lebih dalam tentang Literasi dan Pedoman Hidup.<br>Kata kunci: Kecemasan, Industri kreatif, Karir, Lulusan Baru, Pedoman</p> 2024-02-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2869 PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN EDUKASI CANDI BATUJAYA KARAWANG 2024-02-27T04:25:40+00:00 DEDE IRFAN SAEFULLOH dedeirfan070@gmail.com EKA NOVIANA dedeirfan070@gmail.com <p>Karawang is a district that has diversity and tourist attractions, one of which is the Batujaya temple site, which is the oldest temple in West Java. This tourist attraction has potential that can be developed as a tourist attraction that contains educational value. Karawang Regency has tourist objects and attractions including natural tourist attractions, cultural tourist attractions and religious tourist attractions. The tourism potential of Karawang district, if managed well and correctly, will certainly have a good impact on the welfare of the community from the tourism sector. The aim of this research is to explore the potential of the Batujaya temple in Karawang Regency as a tourist attraction. Apart from that, it is to educate about the history of the temples in the Karawang Regency area. The research method that will be used is to search for qualitative data. The stages of this research are observation and questionnaires. Based on the results of the questionnaire distributed to 36 respondents, the questionnaire results showed that 36 respondents had filled out a questionnaire regarding knowledge of the Batujaya Karawang temple site. The data obtained from the questionnaire results mean the average age is 23-25 years, and on average they have never visited the Batujaya temple site. The results of this observation are that the Batujaya Temple building is unique and contains the history of the development of advanced building technology in West Java in the early century AD. There needs to be a regional government effort to promote the Batujaya Temple Area as a historical tourist attraction. The matrix strategy that I use is Strength Threat, where I use social media as promotional material and inform about the greatness of Batujaya. Keywords: author’s guideline, document’s template, format, style</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Karawang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keanekaragaman dan objek wisata salah satunya yaitu situs candi batujaya, yang merupakan candi tertua di Jawa barat. Objek wisata tersebut merupakan suatu potensi yang dapat dikembangkan sebagai wisata yang mengandung nilai edukasi. Kabupaten karawang memiliki objek dan daya tarik wisata antara lain objek wisata alam, objek wisata budaya, dan objek wisata religi. Potensi pariwisata yang dimiliki kabupaten karawang jika dikelola dengan baik dan benar tentunya akan memberikan dampak yang baik terhadap kesejahteraan masyarakat dari sektor pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali potensi candi Batujaya yang berada di Kabupaten Karawang sebagai objek wisata. Selain itu untuk mengedukasi mengenai sejarah candi-candi yang berada di daerah Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang akan digunakan adalah mencari data secara kualitatif. Tahapan-tahapan dari<br>penelitian ini yaitu observasi serta kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan kepada 36 responden, Hasil Kuesioner terdapat 36 orang responden yang telah mengisi kuesioner mengenai pengetahuan terhadap situs candi Batujaya Karawang. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner tersebut rata-rata berusia 23-25 tahun, dan rata- rata beluum<br>pernah mengunjungi situs candi Batujaya. Hasil dari observasi ini yaitu bangunan Pecandian Batujaya memiliki keunikan dan menyimpan sejarah perkembangan teknologi bangunan di Jawa Barat yang maju pada masa awal abad Masehi. Perlu adanya usaha pemerintah daerah untuk mempromosikan Kawasan Pecandian Batujaya sebagai wisata sejarah. Strategi matrix yang saya gunakan yaitu Strength – Threat yang dimana saya memanfaatkan sosial media sebagai bahan promosi, dan menginformasikan kehebatan batujaya. Kata kunci: petunjuk penulisan, template dokumen, format, style</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2858 PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI DALAM MENGEMBANGKAN WAWASAN KESELAMATAN RENANG PADA ANAK 2024-02-27T01:17:59+00:00 SILVI AULIA HUSNA auliahusna010@gmail.com ROSA KARNITA auliahusna010@gmail.com WURI WIDYANI HAPSARI auliahusna010@gmail.com <p>Accidents due to drowning often occur in children due to the child's swimming ability and swimming safety. In a country with an archipelagic region like Indonesia and disasters that often occur due to the rainy season, swimming ability and water safety can be used as a solution to prevent drowning. Management and prevention of drowning is very much needed by the community, especially children who are the most vulnerable. Understanding should be given to children so that they understand what and how to save themselves and others. Board game design is a medium that can be used to approach messages to children. With this approach using board game media, it will be a good educational medium for learning the basics of swimming for children, and can also be a means of knowledge and training for children to be able to recognize and prevent drowning,especially ages 8 to 12 years.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Kecelakaan akibat tenggelam kerap terjadi kepada anak anak yang disebabkan kurangnya kemampuan berenang pada anak dan keamanan ketika berenang. Negara dengan wilayah kepulauan seperti Indonesia dan bencana yang kerap terjadi akibat musim hujan, kemampuan berenang dan keamanan air (water safety) dapat digunakan sebagai solusi pencegahan tenggelam. Penanggulangan dan pencegahan tenggelam sangat diperlukan masyarakat khususnya anak anak yang menjadi sosok paling rentan. Pemahaman kepada anak sudah sewajarnya diberikan agar mereka memahami apa dan bagaimana menyelamatkan diri sendiri serta orang lain. Dengan adanya pendekatan menggunakan media board game ini akan menjadi media edukasi tentang pembelajaran dasar berenang yang baik bagi anak-anak, juga dapat menjadi sarana pengetahuan dan pelatihan kepada anak-anak untuk dapat mengenal dan mencegah terjadinya tenggelam, khususnya usia 8 hingga 12 tahun.<br><br></p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2859 PENGENALAN SEJARAH PERJANJIAN LINGGARJATI BAGI REMAJA MELALUI PERANCANGAN BOARD GAME 2024-02-27T01:33:41+00:00 PANDU SIDIK PERMANA pandupanda45@gmail.com SRI RETNONINGSIH pandupanda45@gmail.com ASEP RAMADHAN pandupanda45@gmail.com <p>The Linggarjati Agreement, which took place in 11-15 november 1946 between Indonesia and the Netherlands, stands as a crucial milestone in Indonesian history following the Japanese occupation and the war for independence. Despite its significance, many teenagers show little interest in this historical subject. In an effort to address this, an educational board game is proposed, adopting a trivia genre with a cartoonish style. The aim is to educate teenagers by introducing the history of the Linggarjati Agreement, serving as an educational tool to familiarize them with the events before and after the agreement.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Perjanjian Linggarjati, terjadi pada 11-15 november 1946 antara Indonesia dan Belanda, menjadi tonggak penting dalam sejarah Indonesia setelah pendudukan Jepang dan perang kemerdekaan. meskipun signifikan, banyak remaja tidak tertarik pada pelajaran sejarah ini. dengan merancang sebuah board game edukatif dengan genre trivia dengan menggunakan style kartunis yang bertujuan untuk mengedukasi remaja dengan mengenalkan Sejarah Perjanjian Linggarjati sebagai bentuk edukasi untuk mengenal atau pun untuk mempelajari sejarah perisitwa sebelum dan sesudah perjanjian terjadi.</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2862 PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MENGENALKAN JAJANAN TRADISIONAL KHAS JAWA BARAT BERBAHANKAN UTAMA UMBI-UMBIAN UNTUK ANAK USIA 7-10 TAHUN 2024-02-27T02:55:21+00:00 MOCHAMAD RAFFI SYACH P raffi99garage@gmail.com GANIS RESMISARI raffi99garage@gmail.com WURI WIDYANI raffi99garage@gmail.com <p>Changes in society are now one of the factors, namely the food that people want, who prefer modern food or snacks. This is one of the reasons why traditional snacks are now slowly starting to decline. We should protect and preserve traditional food and snacks which are starting to be difficult to find, due to changing times and people's desire to choose modern food and snacks because they are tastier and they are proud to eat traditional foods because they feel outdated and old school. People's tendency now is to prefer to consume what is currently popular on social media. Considering that the condition of traditional snacks has begun to be forgotten, there is a need for media that can contain complete information about traditional snacks. Regarding tubers, there are many types, such as tubers, stem tubers and root tubers. The preparations that are often made to make traditional snacks are from root tubers (cassava). Many people make preparations from root tubers, cassava can be a substitute for rice because it has ingredients that are almost like rice, namely, a source of carbohydrates and a source of energy for the human body, so cassava can be a substitute for rice. The content in cassava is a source of fiber, a source of energy, a source of vitamin K, a source of vitamin B complex and also a source of minerals.<br>Keywords: Traditional Snacks, Illustrated Books, Tubers, Introducing Traditional Snacks</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Perubahan dalam masyarakat sekarang menjadi salah satu faktor yaitu makanan yang di inginkan oleh masyarakat, yang lebih memilih makanan atau jajanan modern hal ini menjadi salah satu mengapa jajanan tradisional sekarang perlahan mulai menurun. Makanan dan jajanan tradisional sepatutnya kita jaga dan lestarikan keberadaanya yang sudah mulai sulit di temukan, faktor perubahan zaman dengan keinginan masyarakat memilih makanan dan jajanan modern karna lebih enak serta lebih praktis untuk makan-makanan tradisional karna merasa ketinggalan zaman dan juga jadul. Kecenderungan masyarakat sekarang lebih memilih mengonsumsi apa yang sedang ramai di dalam media sosial. Mengingat kondisi jajanan tradisional sudah berkurang peminatnya perlu adanya media yang dapat memuat informasi lengkap mengenai jajanan tradisional, Mengenai umbi-umbian banyak memiliki jenis seperti, Umbi lapis, Umbi batang, dan Umbi akar. Olahan yang di buat untuk membuat jajanan tradisional yaitu dari umbi akar (singkong) masyarakat banyak mebuat olahan dari umbi-umbian akar, singkong bisa menjadi pengganti nasi karna memiliki kandungan yang hampir menyerupai nasi yaitu, sumber karbohidrat dan sumber energi bagi tubuh manusia maka singkong bisa merupakan salah satu pengganti nasi. Kandungan yang ada di dalam singkong, sumber serat, sumber energi, sumber vitamin K, sumber vitamin B kompleks dan juga sumber mineral.<br>Kata kunci: Jajanan Tradisional,Buku Ilustrasi, Umbi-umbian, Sejarah, Jajanan Singkong</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2863 MENINGKATKAN KESADARAN BRAND KEBERADAAN KAMPUNG TENUN DI SAMARINDA MELALUI VIDEO BRAND STORY 2024-02-27T03:20:09+00:00 MUHAMMAD FIQRY RAMADHAN muhammadfiqryr@gmail.com <p>In Indonesia, as a country rich in cultural diversity, there is an invaluable cultural heritage, one of which is the art of weaving. Weaving culture has become an integral part of Indonesian society, reflecting the uniqueness and beauty of each ethnic group and region. Over time, weaving art has not only become a symbol of ethnic identity but also a valuable heritage marking the long history of a community and village. The city of Samarinda, one of the cities with ethnic diversity, portrays cultural assimilation and acculturation in the woven results of Samarinda sarongs and the Weaving Village, which has passed down the skill of weaving through generations. Despite producing quality sarongs in Indonesia,<br>awareness among young adults is low due to the lack of information dissemination, especially in the digital era. Challenges include difficulties in access for those outside Kalimantan and a lack of awareness among young adults. Therefore, this design aims to increase brand awareness and education through social media, highlighting the lack of awareness due to the apathy of young adults.<br>Keywords: cultural, weaving, village, sarong, identity, awareness</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Di Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, memiliki warisan budaya yang tak ternilai, salah satunya adalah seni tenun. Budaya tenun telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, mencerminkan keunikan dan keindahan setiap suku dan daerah. Seiring waktu, seni tenun tidak hanya menjadi simbol identitas etnis, tetapi juga merupakan warisan berharga yang menandai sejarah panjang suatu komunitas dan perkampungan. Kota Samarinda, salah satu Kota dengan keberagaman etnis, asimilasi dan akulturasi budaya tergambarkan dalam hasil tenunan sarung Samarinda dan Kampung Tenun yang telah mewariskan keahlian menenun turun temurun. Meskipun Kampung Tenun menghasilkan sarung berkualitas di Indonesia, kesadaran di kalangan dewasa awal rendah karena kurangnya pesebaran informasi, terutama di era digital. Kesulitan akses bagi masyarakat luar Kalimantan dan kurangnya kesadaran di kalangan dewasa awal menjadi tantangan. Oleh karena itu, perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran brand dan edukasi melalui media sosial, dengan menyoroti kurangnya kesadaran akibat apatis dewasa awal. Kata kunci: budaya, tenun, kampung, sarung, identitas, kesadaran</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2864 PERANCANGAN VIDEO MOTION DALEM BONCEL SEBAGAI EDUKASI TATAKRAMA SUNDA UNTUK ANAK SD KELAS 3-5 2024-02-27T03:29:02+00:00 MUHAMMAD NAUFAL ALFARISI opalke233@gmail.com ARIS KURNIAWAN opalke233@gmail.com ASEP RAMDHAN opalke233@gmail.com <p>Morals play a very important role in a child's growth because they can influence daily behavior and attitudes. Children's morals can be influenced through the environment and learning materials at school. The impact of globalization can affect people's culture and lifestyle. Without learning and getting used to using regional languages, the culture of these regional languages will slowly begin to disappear and be replaced over time. The need for children to learn Sundanese culture from an early age can form characters with good manners and behavior that is embedded in Sundanese culture, especially towards parents. The motion video design of the Dalem Boncel folk tale contains a moral message to have good manners towards parents. Apart from that, children can learn Sundanese language culture and learn the moral of respecting parents in a new and fun way.<br>Keywords: culture, Sundanese, education, folklore</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Moral sangat berperan penting pada pertumbuhan anak karena dapat mempengaruhi perilaku dan sikap sehari-hari. Moral anak dapat dipengaruhi melalui lingkungan maupun materi pembelajaran disekolah. Dampak globalisasi dapat mempengaruhi kebudayaan masyarakat hingga gaya hidup. Tanpa diberikan pembelajaran dan membiasakan menggunakan bahasa daerah, secara perlahan kebudayaan bahasa daerah tersebut mulai hilang dan tergantikan seiring perkembangan zaman. Perlunya pembelajaran kebudayaan berbahasa Sunda kepada anak sejak dini dapat membentuk karakter dengan budi pekerti yang baik serta perilaku yang tertanam dalam budaya Sunda terutama kepada orang tua. Perancangan video motion cerita rakyat Dalem Boncel ini mengandung pesan moral untuk memiliki sikap tatakrama yang baik terhadap orang tua selain itu anak dapat mempelajari kebudayaan berbahasa Sunda serta pembelajaran moral hormat terhadap orang tua dengan cara yang baru dan menyenangkan.<br>Kata kunci: kebudayaan, Sunda, edukasi, folklore</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2865 PERANCANGAN BRAND IDENTITY BAND 510 2024-02-27T03:36:21+00:00 YUDHA NUROHMAN yudhanurohman@gmail.com INKO SAKTI DEWANTO yudhanurohman@gmail.com <p>This design aims to create a new branding that is more structured for the band 510, especially in terms of visuals, both for digital needs and physical releases, and also this design is expected to have a good impact on the sustainability of the band 510 in the long term. The data search process was carried out by direct interview method with related parties, namely the personnel of 510 and the manager of the band 510 itself, and also to get maximum results interviews were also conducted with fanatical fans of the band 510 to get achievements from different perspectives and literature studies in order to get results that are in line with what you want to convey. Based on the data that has been obtained, there is a conclusion that 510 is a rock band with a strong enough atmosphere for its loyal listeners but there are still some gaps with the reason that they are a new band that is certainly still developing its image, especially in terms of Brand Identity, therefore a Brand Identity is needed that can support the needs of 510 with the help of various supporting media or visual assets that can become a new identity for 510.<br>Keywords: Rock, Modern, Renaissance</p> <p><strong>ABSTRAK<br></strong>Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah branding baru yang lebih terstruktur bagi band 510 terutama dari segi visual, baik itu untuk kebutuhan digital maupun rilisan fisik, dan juga perancangan ini diharapkan dapat berdampak baik untuk keberlangsungan band 510 dalam jangka waktu panjang. Proses pencarian data dilakukan dengan metode wawancara langsung dengan pihak terkait yaitu dengan personil dari 510 dan manajer dari band 510 sendiri, dan juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal wawancara juga dilakukan dengan fans fanatik dari band 510 untuk mendapatkan capaian dari sudut pandang yang berbeda dan studi literatur agar mendapatkan hasil yang selaras dengan apa yang ingin disampaikan. Berdasarkan data yang sudah didapatkan terdapat kesimpulan bahwa 510 adalah band rock dengan atmosfer yang cukup kuat bagi para pendengar setianya namun tetap masih ada beberapa celah kekurangan dengan alasan mereka adalah band baru yang tentu masih mengembangkan citranya terutama pada urusan Brand Identity, maka dari itu dibutuhkan Brand Identity yang dapat menunjang kebutuhan 510 dengan bantuan beragam media pendukung atau asset visual yang dapat menjadi sebuah identitas baru bagi 510.<br>Kata kunci: Rock, Moderen, Renaisans</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2866 MENINGKATKAN KENYAMANAN MOBILITAS WARGA SEKITAR KOMPLEK PERUMAHAN SAPTA TARUNA RAYA MELALUI PERANCANGAN ENVIRONMENTAL GRAPHIC DESIGN 2024-02-27T03:42:10+00:00 DAFFA MAULANA maulanadaff@gmail.com Wiwi Isnaini maulanadaff@gmail.com Asep Ramdhan maulanadaff@gmail.com <p>Bandung continues to attract interest from both local residents and immigrants, making it one of the most popular cities to live in in Indonesia. There are 591 housing complexes in Bandung City. The Sapta Taruna Raya complex is a housing complex that was originally inhabited by employees of the Public Works Department. Over time, the majority of the residents of the Sapta Taruna Raya complex are the general public. However, unfortunately, this causes a lack of socialization between residents and navigation information in general. In this research, I as a researcher, tried to create a design for EGD (Environmental Graphic Design) that responded to the problems existing in the Sapta Taruna Raya complex. The output is a map and signage in the form of advice, directions and information which is expected to help with mobility problems for residents and visitors of the Sapta Taruna Raya complex.<br>Keywords: Bandung City, Navigation, Environment Graphic Design, Community, Public Facilities</p> <p><strong>ABSTRAK<br></strong>Bandung terus menarik minat baik penduduk lokal maupun pendatang, menjadikannya salah satu kota yang diminati untuk dihuni di Indonesia, komplek perumahan di Kota Bandung berjumlah 591 komplek perumahan. Komplek Sapta Taruna Raya merupakan komplek perumahan yang awalnya dihuni oleh karyawan dinas Pekerjaan Umum, seiring berjalannya waktu mayoritas penghuni komplek Sapta Taruna Raya adalah masyarakat umum. Namun sayangnya hal tersebut menyebabkan kurangnya sosialisasi antar warga serta informasi navigasi pada umumnya. Pada penelitian ini, saya sebagai peneliti mencoba membuat desain untuk EGD (Environmental Graphic Design) yang merespon dari permasalahan yang ada di komplek Sapta Taruna Raya. Outputnya terdapat peta dan signage berupa himbauan, arahan, dan informasi yang diharapkan bisa membantu permasalahan mobilitas penghuni maupun pengunjung komplek Sapta Taruna Raya.<br>Kata kunci: Kota Bandung, Navigasi, Environment Graphic Design, Masyarakat, Fasilitas Umum.</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2867 PERANCANGAN FOTOGRAFI ESAI SEBAGAI MEDIA MENGENALKAN JAKET KULIT SUKAREGANG GARUT 2024-02-27T03:54:44+00:00 FARHAN TEGAR Farhantegar21@gmail.com AGUS RAHMAT MULYANA Farhantegar21@gmail.com RAMLAN Farhantegar21@gmail.com <p>Garut city is a city that has a variety of cultural richness, one of which is known as the center of sheep cattle production, precisely in the Sukaregang area. Some people took the initiative to not only utilize sheep meat as a consumption material, but also utilize its skin as a basic material for leather jackets. The quality of the products produced by craftsmen in this area can be aligned with products from abroad. The leather jacket designs are diverse, durable, and comfortable to wear. Genuine Garut leather is selectively chosen and well-processed to produce products that meet high standards. However, the lack of public understanding regarding the quality of leather jackets is hampering market growth. The lack of conventional/digital promotion and the increasing competition of international brands have an impact on public interest in Garut leather jackets. Therefore, the design of this photography essay aims to introduce leather jackets in Sukaregang Garut to the current generation. Through this photography essay, it is hoped that it can improve the image of Garut leather jacket, public interest, and product sales<br>Keywords: Garut City, Leather jacket, Product quality, Photography essay</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Kota Garut merupakan kota yang memiliki berbagai macam kekayaan budaya, salah satunya kota Garut dikenal sebagai sentra penghasil ternak domba, tepatnya di daerah Sukaregang. Sebagian masyarakat berinisiatif untuk tidak hanya memanfaatkan daging domba sebagai bahan konsumsi, tetapi juga memanfaatkan kulitnya sebagai bahan dasar jaket kulit. Kualitas produk-produk yang dihasilkan para pengrajin di daerah ini dapat disejajarkan dengan produk dari luar negeri. Desain jaket kulit yang beragam, tahan lama, dan nyaman dipakai. Bahan kulit asli Garut yang dipilih secara selektif dan diolah dengan baik sehingga menghasilkan produk yang memenuhi standar tinggi. Namun kurangnya pemahaman masyarakat terkait kualitas jaket kulit sukaregang sehingga menghambat pertumbuhan pasar. Kurangnya promosi secara konvensional/digital dan persaingan merek internasional semakin marak berdampak terhadap ketertarikan masyarakat pada jaket kulit Garut. Maka dari itu, perancangan fotografi esai ini bertujuan sebagai media mengenalkan jaket kulit di Sukaregang Garut kepada generasi sekarang. Melalui fotografi esai ini harapannya dapat meningkatkan citra jaket kulit Garut, ketertarikan masyarakat, dan hasil penjualan produk.<br>Kata Kunci: Kota Garut, Jaket kulit, Kualitas produk, Fotografi esai</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2868 PERANCANGAN BRAND IDENTITAS GRUP CALUNG HIBURAN LAGU DAN BODOR (HIBLADOR) SUKABUMI UNTUK MEMPERTAHANKAN TRADISIONAL BUDAYA SUNDA 2024-02-27T04:16:57+00:00 MOCH FAISAL RIFANDA mochfaisal699@itenas.ac.id AGUS RAHMAT MULYANA mochfaisal699@itenas.ac.id <p>Sundanese bobodoran is a traditional comedy performance art from West Java, Indonesia, which uses the Sundanese language. Sundanese Bobodoran often contains a central character who is the center of attention in the performance by presenting jokes, funny stories and interactions with the audience. This performance also often involves traditional Sundanese music, such as calung, drum, to create an atmosphere that supports humor. Sunda Bobodoran not only aims to entertain, but also to convey social messages and criticism of various issues in society. Therefore, the existence of HIBLADOR is an important part as a small example of maintaining and not losing the cultural heritage of West Java which has been passed down from generation to generation. However, the Hiblador Group still lacks exposure in terms of visual identity, so by designing this communication brand, it is hoped that this can be a solution to solving problems within the Hiblador Group. Keywords: Branding, Communication, Entertainment, Arts, Sundanese culture</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>bobodoran Sunda merupakan seni pertunjukan komedi tradisional dari Jawa Barat, Indonesia, yang menggunakan bahasa Sunda. Bobodoran Sunda sering memuat karakter sentral yang menjadi pusat perhatian dalam pertunjukan dengan menghadirkan lelucon, cerita lucu, dan interaksi dengan penonton. Pertunjukan ini juga sering melibatkan musik tradisional Sunda, seperti calung, gendang, untuk menciptakan atmosfer yang mendukung humor. Bobodoran Sunda tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk menyampaikan pesan sosial dan kritik terhadap berbagai isu dalam masyarakat. maka dari itu adanya HIBLADOR merupakan bagian penting sebagai contoh kecil untuk mempertahankan dan tidak hilangnya warisan budaya Jawa Barat yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Namun Grup Hiblador ini masih kurang terekspos dalam identitas visual, maka dengan perancangan brand komunikasi ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk memecahkan masalah dalam grup hiblador. Kata kunci: Branding, Komunikasi, Hiburan,, Seni, Budaya sunda</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2870 PERANCANGAN ENVIRONMENTAL GRAPHIC DESIGN PADA OBJEK WISATA SITUS PLANGON CIREBON 2024-02-27T04:34:48+00:00 DEDE PEBRIYADI Dedepebriyadi@gmail.com ALDRIAN AGUSTA Dedepebriyadi@gmail.com <p>Designing Environmental Graphic Design at the Plangon Site tourist attraction located in Cirebon Regency is an effort to introduce and enhance the attractiveness of the Plangon Site tourist attraction. Apart from being a place for pilgrimage because there are the tombs of the two princes, there are also troops of monkeys roaming in the area of the tourist attraction. Along the way, visitors will encounter troops of monkeys, each with its own leader, to determine the appropriate visual<br>identity design for the Plangon Site tourism in Cirebon Regency, field observations were conducted. The research method used is a qualitative method that is descriptive in nature. Interviews and literature studies were conducted to obtain valid information according to data and facts. In addition, the method of designing signage, wayfinding, and information design that are easy to understand is used to assist users in recognizing locations, directions, and their goals. It is hoped that this visual identity design will enhance the attractiveness and the creation of signage that is easy to understand and comprehend, this helps visitors to navigate<br>tourists easily and effectively. With the creation of this design, it is possible that negative assumptions will disappear by telling the origin of the troops of monkeys at the Plangon Site. On the other hand, the design is made as a preservation of local cultural heritage.<br>Keywords: Environmental Graphic Design, Visual Identity, Sign Systems, Plangon</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Perancangan Enviromental Graphic Design di tempat wisata Situs Plangon yang terdapat di Kabupaten Cirebon, merupakan sebuah upaya dalam memperkenalkan dan meningkatkan daya tarik pengunjung terhadap objek wisata Situs Plangon. Selain tempat untuk berziarah karena terdapat makam kedua pangeran tersebut terdapat kawanan monyet yang berkeliaran di area objek wisata tersebut, di sepanjang jalan para pengunjung akan bertemu dengan kawanan monyet, yang uniknya di setiap wilayahnya memiliki pemimpinnya masing-masing, guna&nbsp; mengetahui perancangan identitas visual yang tepat bagi wisata Situs Plangon yang terdapat di wilayah Kabupaten Cirebon dilakukannya observasi lapangan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dilakukannya wawancara dan studi literatur guna mendapatkan informasi yang valid sesuai data dan fakta, selain itu metode perancangan signage, wayfinding dan desain informasi yang mudah dipahami untuk membantu pengguna dalam mengenali lokasi, arah, dan tujuan mereka. Diharapkan bahwa perancangan identitas visual ini akan meningkatkan daya tarik, dan dibuatnya signage yang<br>mudah di pahami serta mudah di mengerti, hal ini membantu pengunjung untuk menavigasi wisatawan dengan mudah dan efektif. Dengan dibuatkannya perancangan ini tidak menutup kemungkinan bahwa asumsi negatif itu akan hilang dengan menceritakan asal muasal para kawanan monyet di Situs Plangon, disisi lain perancangan dibuat sebagai pelestarian cagar budaya setempat.<br>Kata kunci: Enviromental Graphic Design, Identitas Visual, Sign System, Situs Plangon, wisata alam dan religi Sites, natural and religious tourism</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2871 STRATEGI PENINGKATAN BRAND ASOSIASI CARISMA INDUSTRY LEATHER YOGYAKARTA 2024-02-27T06:09:19+00:00 FAHMI ABDULLAH fahmi75abdullah@gmail.com WIWI ISNAINI fahmi75abdullah@gmail.com RAMLAN fahmi75abdullah@gmail.com <p>This final project aims to design an associated brand for Carisma Industri Leather Yogyakarta, offering specialized sports and community products at affordable prices, with a focus on changing consumer perceptions of the Carisma brand. The research employs a qualitative descriptive method, following the framework proposed by Koentjaraningrat (1993), to provide a detailed overview of the conditions and uniqueness of Carisma Industry. Through the crafted visual identity, particularly on social media platforms, Carisma Industri is expected to solidify its position as a unique provider of leather products for sports and communities. This study integrates design elements, brand identity, and marketing strategies to enhance the image and popularity of Carisma Industri in the leather market. The research outcomes are anticipated to contribute positively to consumer understanding and acceptance of Carisma Industri Leather Yogyakarta.<br>Keywords: Association Brand, Carisma Industri Leather Yogyakarta, Brand Enhancement, Social Media.</p> <p><strong>ABSTRAK<br></strong>Tugas akhir ini bertujuan merancang sebuah brand asosiasi Carisma Industri Leather Yogyakarta yang menawarkan produk olahraga khusus dan komunitas dengan harga terjangkau, dengan fokus mengubah persepsi konsumen terhadap brand Carisma. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, mengikuti kerangka yang diusulkan oleh Koentjaraningrat (1993), untuk memberikan gambaran yang teliti tentang kondisi dan keunikan Carisma Industry. Melalui identitas visual yang disusun, terutama di platform media sosial, diharapkan Carisma Industri dapat mengukuhkan posisinya sebagai penyedia produk kulit yang unik untuk olahraga dan komunitas. Penelitian ini mengintegrasikan elemen desain, identitas brand, dan strategi pemasaran untuk meningkatkan citra dan popularitas Carisma Industri di pasar kulit. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan penerimaan konsumen terhadap Carisma Industri Leather Yogyakarta.<br>Kata kunci: Brand Asosiasi, Carisma Industri Leather Yogyakarta, Peningkatan Brand, Media Sosial</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2872 PERANCANGAN FILM PENDEK MENGENAI ISU KESEHATAN MENTAL OCD (OBSESSIVE-COMPULSIVE DISORDER) 2024-02-27T06:26:55+00:00 MOCH. LUQMAN FAUZAN luqmanfauzan99@mhs.itenas.ac.id AGUSTINA KUSUMA DEWI luqmanfauzan99@mhs.itenas.ac.id <p>Mental health, especially Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), is an important issue in everyday life that is still often ignored. This design aims to increase public awareness about OCD by designing a short film that provides accurate information about this disorder. With the prevalence of OCD reaching 2-3%, there is a negative stigma that accompanies this disorder. Short films are considered an effective medium for increasing public awareness about mental health issues. Through the Design Thinking method, this film is designed to convey the perspective of OCD sufferers and increase public understanding of the importance of mental health. The SIPS communication model is used to bring the audience to experience the experiences of people with OCD. With the message "We see, we understand, we care," this short film aims to provide better insight into OCD and increase public support and understanding of mental health.<br>Keywords: Psychology, Health Disorders, OCD, Short Films.</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2873 PERANCANGAN WADAH INFORMASI MUSIK KERONCONG TERINTEGRASI DALAM SEBUAH SITUS INTERAKTIF 2024-02-27T06:44:25+00:00 MOHAMMAD AL DAFFA RISZKY moch.daffa39@gmail.com SRI RETNONINGSIH moch.daffa39@gmail.com RAMLAN ramlan@itenas.ac.id <p>Keroncong, as one of Indonesia's traditional music genres, possesses rich cultural value and a lengthy history. Despite being passed down from generation to generation, in the modern era, interest in keroncong music, especially among young people, tends to be overshadowed by popular international music genres. An article on kompasiana.com highlights that the main challenge is the lack of comprehensive and integrated accessibility to information about keroncong music, especially in the current digital age. In this context, the design of an interactive website focusing on providing comprehensive information about keroncong music in Indonesia becomes relevant. This website is expected to leverage internet technology to inform and preserve the cultural heritage of keroncong music. By offering integrated, comprehensive, and reliable information sources, the website aims to support efforts to enhance public understanding of the beauty and diversity of keroncong music. Thus, the website is anticipated to serve as an effective bridge between the art of keroncong music and a broader audience. Keywords: Keroncong Music, Website, Teenager, Interactive</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Keroncong, sebagai salah satu genre musik tradisional Indonesia, memiliki nilai budaya yang kaya dan sejarah yang panjang. Meskipun telah diwariskan dari generasi ke generasi, dalam era modern, minat terhadap musik keroncong, terutama di kalangan remaja, cenderung tergeser oleh genre musik populer internasional. Artikel di kompasiana.com menyampaikan bahwa tantangan utama adalah kurangnya aksesibilitas informasi yang lengkap dan terintegrasi tentang<br>musik keroncong, terutama di era digital saat ini. Dalam konteks ini, perancangan sebuah website interaktif yang fokus pada penyediaan informasi komprehensif mengenai musik keroncong di Indonesia menjadi relevan. Website ini diharapkan dapat memanfaatkan teknologi internet untuk menginformasikan dan melestarikan warisan budaya musik keroncong. Dengan menyediakan sumber informasi yang terintegrasi, lengkap, dan dapat diandalkan, website ini bertujuan untuk mendukung upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap keindahan dan keragaman musik keroncong. Dengan demikian, website tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan yang efektif antara seni musik keroncong dan khalayak yang lebih luas. Kata kunci: Musik Keroncong, Website, Remaja, Interaktif.</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2874 PERANCANGAN BUKU KOMIK SEBAGAI PERAN EDUKASI GRAFFITI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR 2024-02-27T06:54:59+00:00 Rizky Fadilah Rizkyfadilah022trash@gmail.com Aldrian Agusta Rizkyfadilah022trash@gmail.com <p>Graffiti is graffiti" a technical expression in the form of letters on a wall. Graffiti is often seen as a vandalism activity because there is no agreement on both sides between private facilities, public facilities and the graffiti writer. Graffiti comes from the word "graphein" which means writing, graffiti. also comes from the word "graffito", namely writing. Refers to communication using a style of writing on a wall surface (Clerk, M., 2003). There is a difference between murals and graffiti, where murals look more like pictures or images and graffiti uses typos more in its expression. However, there are differences in terms of medium in murals, namely using oil paint, acrylic, and graffiti expressed using spray paint. Defined as the marking in some public space without permission by an individual or group, graffiti has existed since prehistoric times. Ancient cave art, similar to the Lascaux cave paintings in France, bears similarities to modern graffiti. Thousands of years later, during World War 2, it became popular for soldiers to write the phrase "Kilroy Wuz Here", sometimes with several other ornaments in it in the form of cartoon gestures, New York in the 1980s witnessed the history of modern graffiti at that time, the New York City Government began cracking down on its spread because graffiti is illegal and illegal, Henry Zou said that graffiti is rebellious and challenging, presenting a new form of art and creativity at the same time that graffiti is vandalism, a crime, because it is an act of damaging public or private property without permission.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Graffiti adalah coretan” ekspresi yang bersifat teknis berupa huruf di dinding, Graffiti seringkali dipandang sebagai aktifitas vandalisme karena tidak adanya kesetujuan di kedua bealah pihak antara fasilitas pribadi, fasilitas publik dengan pihak penulis graffiti, Graffiti berasal dari kata “graphein” yang bermaksud tulisan, graffiti juga berasal dari kata “graffito” yaitu menulis, Merujuk pada komunikasi menggunakan gaya tulisan di atas permukaan dinding (Clerk, M., 2003). Terdapat perbeda mural dan graffiti, yang mana mural terlihat lebih mersifat gambar atau imej dan graffiti lebih menggunakan typo dalam pengekspresiannya. Bagaimanapun terdapat perbedaannya dari segi medium pada mural yaitu menggunakan cat minyak, akrilik, dan graffiti diekspresikan menggunakan cat semprot. Didefinisikan sebagai penandaan di beberapa ruang publik tanpa izin oleh individu atau kelompok, graffiti sudah ada sejak zaman prasejarah, Seni gua kuno, serupa dengan lukisan gua lascaux di Prancis, memiliki kemiripan dengan graffiti modern. Ribuan tahun kemudian, disaat perang dunia 2, Menjadi populer bagi tentara untuk menulis kalimat “Kilroy Wuz Here”, terkadang dengan beberapa ornamen lain didalamnya berupa gestur kartun, New York pada tahun 1980an menjadi saksi sejarah graffiti modern kala itu, Pemerintah kota New York mulai menindak penyebarannya dikarenakan graffiti tidak sah dan ilegal, Henry zou mengatakan bahwa graffiti bersifat memberontak dan menantang, menghadirkan bentuk seni dan kreativitas baru juga disaat yang sama graffiti adalah vandalisme, sebuah kejahatan, karena merupakan tindakan merusak properti publik ataaupun pribadi tanpa izin</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2875 PERANCANGAN DESIGN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI ETALASE KARYA-KARYA KHUSUS FOTOGRAFI 2024-02-27T07:02:26+00:00 Muhammad Ivan Syahal Yusuf Ivansy843@gmail.com Agustina Kususma Dewi Ivansy843@gmail.com <p>In the rapidly evolving digital age, the role of website design, photography, and ecommerce is crucial in creating engaging and successful online experiences. Website design is the foundation of any online experience. An attractive website interface, an easy-to-navigate interface, and a responsive user experience are key components in keeping visitors engaged. Photography plays an important role in capturing and conveying a powerful message through visuals. In E commerce, high-quality product images are key in captivating potential buyers and helping them make informed purchasing decisions. E¬commerce is a platform that allows sellers to offer products and services to their customers online. E¬-commerce includes transaction processing, inventory management, payments, and shipping. Good website design and effective photography can increase conversions and keep customers coming back. Website design, Photography, and E commerce, combine to create an exciting online ecosystem. Good design creates an attractive and easy-to-use interface, photography effectively depicts products and brands, while E-commerce allows businesses to generate revenue from online. The close relationship between the three is key to achieving success in this ever-changing digital world. Keywords: Photography,Design,Website,E-commerce</p> <p><strong>ABSTRAK<br></strong>Dalam era digital yang berkembang pesat, peran desain website, Fotografi, dan E-commerce sangat penting dalam menciptakan pengalaman online yang menarik dan sukses. Desain website adalah fondasi dari setiap pengalaman online. Sebuah tampilan website yang menarik, antarmuka yang mudah dinavigasi, dan pengalaman pengguna yang responsif adalah komponen kunci dalam menjaga pengunjung tetap terlibat. Fotografi memainkan peran penting dalam menangkap dan menyampaikan pesan yang kuat melalui visual. Dalam E-commerce, gambar produk yang berkualitas tinggi adalah kunci dalam memikat pembeli potensial dan membantu mereka membuat keputusan pembelian yang informasi. Ecommerce adalah platform yang memungkinkan penjual untuk menawarkan produk dan layanan kepada pelanggan mereka secara online. E-commerce mencakup proses transaksi, manajemen inventaris, pembayaran, dan pengiriman. Desain website yang baik dan fotografi yang efektif dapat meningkatkan konversi dan menjaga pelanggan kembali. desain website, Fotografi, dan E-commerce, bergabung untuk menciptakan ekosistem online yang menarik. Desain yang baik menciptakan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan, Fotografi yang efektif menggambarkan produk dan merek, sementara E-commerce memungkinkan bisnis untuk menghasilkan pendapatan dari online. Hubungan yang erat antara ketiganya adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam dunia digital yang terus berubah ini. Kata kunci:Fotografi,Design,Website,E-commerce</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2876 PERANCANGAN DESIGN SIGNAGE UNTUK BUMI KARUHUN KADUDAMPIT - INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL 2024-02-27T07:32:22+00:00 RAHMA MELATI rahmaamelati@gmail.com ALDRIAN AGUSTA rahmaamelati@gmail.com <p>Bumi Karuhun Kadudampit is an organization committed to encouraging and seeking ecological, social and cultural balance in harmony with the principles of protection, preservation and utilization of the universe, as inherited from its predecessors. Bumi Karuhun functions as a Learning Center. As an important location that promotes the values of nature conservation and sustainable development, Bumi Karuhun Kadudampit is a destination visited by many visitors who want to understand natural ecosystems and environmental values. However, currently there is a need for design improvements, restructuring and resetting of the Environmental Graphic Design system at Bumi Karuhun Kadudampit.<br>Environmental Graphic Design (EGD) is a design approach that focuses on<br>creating informative experiences for visitors in physical environments, such as tourist attractions, shops, parks, and other places. In the context of Bumi Karuhun Kadudampit, EGD can help in providing clear guidance to visitors about the location, environmental information and the values held by the foundation. Keywords: Environmental Graphic Design, Bumi Karuhun, Nature</p> <p><strong>ABSTRAK</strong><br>Bumi Karuhun Kadudampit adalah sebuah organisasi yang berkomitmen untuk mendorong dan mengupayakan keseimbangan ekologi, sosial, dan budaya yang selaras dengan prinsip perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan alam semesta, seperti yang diwarisi dari para pendahulu. Bumi Karuhun berfungsi sebagai Learning Center. Sebagai salah satu lokasi penting yang mempromosikan nilai-nilai pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan, Bumi Karuhun Kadudampit adalah destinasi yang banyak dikunjungi oleh pengunjung yang ingin memahami ekosistem alam dan nilai-nilai lingkungan. Namun, saat ini terdapat kebutuhan untuk perbaikan desain, penataan ulang, dan pengaturan ulang sistem Environmental Graphic Design di Bumi Karuhun Kadudampit. Environmental Graphic Design (EGD) adalah pendekatan desain yang berfokus pada menciptakan pengalaman yang informatif bagi pengunjung dalam ingkungan fisik, seperti tempat-tempat wisata, kedai, taman, dan tempat lainnya. Dalam konteks Bumi Karuhun Kadudampit, EGD dapat membantu dalam memberikan panduan yang jelas kepada pengunjung tentang lokasi, informasi lingkungan, dan nilai-nilai yang dipegang oleh yayasan. Kata kunci: Environmental Graphic Design, Bumi Karuhun, Alam</p> 2024-02-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/2879 PERANCANGAN KAMPANYE OPTIMASI KAWASAN PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU : TRANSFORMASI EKOSISTEM SAMPAH DI KELURAHAN SADANG SERANG 2024-02-28T02:06:54+00:00 ANDRI JANUARIS T ANDRIZEXC@GMAIL.COM ROSA KARNITA ANDRIZEXC@GMAIL.COM <p>This final project describes the design of an innovative campaign that aims to optimize integrated waste area management in Sadang Serang Village, Bandung City. This research includes an in-depth analysis of waste management challenges in the region and efforts towards a more sustainable transformation of the waste ecosystem. The approach focuses on visual communication and environmental awareness is used as the main basis in campaign design. Research methods include literature studies, surveys, interviews with stakeholders, field observations, visual analysis, and user testing. The research findings reveal important issues in waste management and the level of public awareness in Sadang Serang Village. Based on these findings, the campaign was designed by combining creative visual communication design elements, informative messages, and active community participation. This campaign aims to increase public awareness, change behavior regarding waste management, and encourage participation in carrying out intentions. Its user-centric approach makes the campaign relevant to people's needs and expectations. Social media, educational materials and community activities are important means of conveying campaign messages. The hope is to create a positive transformation in the waste ecosystem in Sadang Serang Village, towards a cleaner, healthier and more sustainable environment. This final project provides practical guidance and creative solutions for designing environmental campaigns that can be applied in similar contexts. Keywords: Waste Management, Campaign Planning, Sadang Serang District</p> <p><strong>ABSTRAK<br></strong>Tugas Akhir ini menggambarkan perancangan kampanye inovatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan kawasan sampah terpadu di Kelurahan Sadang Serang, Kota Bandung. Penelitian ini melibatkan analisis mendalam tentang tantangan pengelolaan sampah di wilayah tersebut dan upaya menuju transformasi ekosistem sampah yang lebih berkelanjutan. Pendekatan berpusat pada komunikasi visual dan kesadaran lingkungan digunakan sebagai landasan utama dalam perancangan kampanye. Metode penelitian meliputi studi literatur, survei, wawancara degan pemangku kepentingan, pengamatan lapangan, analisis visual, dan pengujian pengguna. Temuan penelitian mengungkapkan isu-isu kritis dalam pengelolaan sampah dan tingkat kesadaran masyarakat di Kelurahan Sadang Serang. Berdasarkan temuan tersebut, kampanye dirancang dengan memadukan elemen desain komunikasi visual yang kreatif, pesan yang informatif, serta partisipasi aktif masyarakat. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mengubah perilaku terkait pengelolaan sampah, dan mendorong partisipasi dalam praktik keberlanjutan. Pendekatan berpusat pada pengguna menjadikan kampanye ini relevan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Media sosial, materi edukasi, dan kegiatan kom nitas menjadi sarana penting dalam menyampaikan pesan kampanye. Harapannya adalah menciptakan transformasi positif dalam ekosistem sampah di Kelurahan Sadang Serang, menuju lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan. Tugas Akhir ini memberikan panduan praktis dan solusi kreatif untuk perancangan kampanye lingkungan yang dapat diadopsi dalam konteks serupa.<br>Kata kunci: Pengelolaan Sampah, Perancangan Kampanye, Kelurahan Sadang Serang</p> 2024-02-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024