Archives
- 
					
  Desiminasi Tugas Akhir Desain Produk 2025Vol. 1 No. 1 (2025)Desiminasi atau penyebarluasan tugas akhir mahasiswa, khususnya yang berbasis perancangan (design), merupakan langkah kritis yang sering terabaikan. Hal ini penting karena perancangan bukan sekadar membuat produk, melainkan sebuah bentuk penelitian yang sistematis. Prosesnya melibatkan identifikasi masalah, kajian literatur, analisis kebutuhan, iterasi prototipe, dan pengujian, yang kesemuanya menghasilkan pengetahuan berharga. Mendesiminasikan karya ini memvalidasi perancangan sebagai disiplin ilmu penelitian yang legitimate. Selain itu, desiminasi memaksimalkan dampak nyata dari solusi yang diciptakan. Sebuah desain aplikasi untuk difabel atau sistem irigasi cerdas dapat menginspirasi pemerintah, industri, atau peneliti lain untuk mengadopsi dan mengembangkannya lebih lanjut, sehingga menjembatani kesenjangan antara akademisi dan masyarakat. Bagi mahasiswa, desiminasi berfungsi sebagai portofolio yang membuka peluang karir dan kolaborasi. Bagi ilmu pengetahuan, praktik ini mencegah duplikasi penelitian dan mendorong inovasi berkelanjutan, karena komunitas dapat membangun upon karya yang telah ada. Singkatnya, desiminasi adalah pertanggungjawaban intelektual akhir seorang mahasiswa. Tanpanya, sebuah tugas akhir kehilangan nyawa intelektualnya dan potensi dampaknya hanya akan tersimpan rapi, tanpa pernah memberikan manfaat yang luas bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan masyarakat. 
- 
					
  ArsitekturVol. 5 No. 1 (2025)Melalui karya tugas akhir, mahasiswa diajak untuk merancang bukan hanya bangunan, tetapi ekosistem yang memberdayakan potensi pemuda, memfasilitasi kreativitas, dan membuka ruang bagi dialog lintas disiplin, dengan mengusung tema yang sangat kontekstual dan penuh makna: "Youth Center sebagai Ruang Kreasi, Inovasi, dan Kolaborasi Generasi Muda". Tema ini lahir dari kesadaran bahwa generasi muda adalah agen perubahan, motor penggerak inovasi, dan pelopor transformasi sosial. Namun, mereka membutuhkan ruang, baik secara fisik maupun ruang yang bersifat sosial dan mendukung ekspresi, eksplorasi, serta aktifitas yang bersifat kolaborasi. 
- 
					
ArsitekturVol. 4 No. 2 (2024)
- 
					
Desain Komunikasi VisualVol. 3 No. 02 (2024)
- 
					
Desain Komunikasi VisualVol. 3 No. 01 (2024)
- 
					
ArsitekturVol. 4 No. 1 (2024)
- 
					
  Diseminasi Prosiding Desain Interior : Manusia dan RuangVol. 2 No. 3 (2023)Volume 2 No. 3, memuat prosiding lanjutan dari Vol. 2, No. 2 : 
 Ruang yang tercipta karena kebutuhan manusia sebagai pengguna merupakan hasil dari identifikasi data fisik maupun non-fisik yang dikembangkan hingga proses objektifikasi sehingga menghasilkan visual, rasa, suasana, maupun tekstur yang dapat dilihat dalam bentuk simulasi desain. Adapun diantaranya hubungan ruang dan manusia ini dikembangkan dari sisi ergonomi, budaya, sustainability, maupun universal design. Volume ini berisi tulisan ilmiah yang telah diseminasi pada Seminar Desain Interior tahun 2023 mengenai Manusia dan Ruang.
- 
					
ArsitekturVol. 3 No. 2 (2023)
- 
					
  Diseminasi Prosiding Desain Interior : Manusia dan RuangVol. 2 No. 02 (2023)Volume 2 No. 2, memuat prosiding lanjutan dari Vol. 2, No. 1 : 
 Ruang yang tercipta karena kebutuhan manusia sebagai pengguna merupakan hasil dari identifikasi data fisik maupun non-fisik yang dikembangkan hingga proses objektifikasi sehingga menghasilkan visual, rasa, suasana, maupun tekstur yang dapat dilihat dalam bentuk simulasi desain. Adapun diantaranya hubungan ruang dan manusia ini dikembangkan dari sisi ergonomi, budaya, sustainability, maupun universal design. Volume ini berisi tulisan ilmiah yang telah diseminasi pada Seminar Desain Interior tahun 2023 mengenai Manusia dan Ruang.
- 
					
  Diseminasi Prosiding Desain Interior : Manusia dan RuangVol. 2 No. 1 (2023)Ruang yang tercipta karena kebutuhan manusia sebagai pengguna merupakan hasil dari identifikasi data fisik maupun non-fisik yang dikembangkan hingga proses objektifikasi sehingga menghasilkan visual, rasa, suasana, maupun tekstur yang dapat dilihat dalam bentuk simulasi desain. Adapun diantaranya hubungan ruang dan manusia ini dikembangkan dari sisi ergonomi, budaya, sustainability, maupun universal design. Volume ini berisi tulisan ilmiah yang telah diseminasi pada Seminar Desain Interior tahun 2023 mengenai Manusia dan Ruang. 
- 
					
ArsitekturVol. 3 No. 1 (2023)
- 
					
Desain Komunikasi VisualVol. 2 No. 1 (2023)
- 
					
ArsitekturVol. 2 No. 2 (2022)
- 
					
Desain Komunikasi VisualVol. 1 No. 01 (2022)
- 
					
Desain Produk2022
- 
					
ArsitekturVol. 2 No. 1 (2022)
- 
					
ArsitekturVol. 1 No. 1 (2021)
- 
					
  Prosiding Desain InteriorVol. 1 No. 01 (2022)E-proceeding Program Studi Desain Interior Edisi Perdana (Volume 1/Nomor 01) Bulan Oktober 2022 ini memuat hasil penulisan artikel ilmiah para mahasiswa Tugas Akhir Semester Genap Tahun 2021/2022 yang telah dilakukan desiminasi pada Mata Kuliah Seminar Tugas Akhir sebelumnya, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Tugas Akhir. Ragam pekerjaan Tugas Akhir para mahasiswa ini adalah Desain Museum, Hotel, Kantor, Rumah Sakit, Pusat Kebudayaan, Gedung Pertunjukan, Bandara, dll. dengan fokus kajian pada unsur lokalitas, elemen estitis, budaya, Desain Hijau, dan kontemporer. 
- 
					
Desain Produk2021
 
						