Analisis Rancangan Anggaran Biaya Pada Desain Perkerasan Lentur Jalan Cendrawasih Timika Papua dengan Metode Aashto 1993 Dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017

Authors

  • MUHAMAD DANIAL MUBAROK Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • HAZAIRIN Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • BARKAH WAHYU WIDIANTO

Keywords:

Flexible Pavement, AASHTO 1993, Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017

Abstract

Jalan Cendrawasih–Kuala Kencana dibangun untuk memperlancar lalu lintas, mempersingkat waktu berkendara dan untuk meningkatkan ekonomi di kabupaten Timika. Perkerasan di jalan Cenderawasih– Kuala Kencana menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement). Data data yang dibutuhkan adalah Data Lalulintas yang dibuka pada Tahun 2019, Data CBR, dan Data Analisis Harga Satuan Pekerja Bagian III Bina Marga tahun 2022. Perhitungan tebal perkerasan lentur menggunakan AASHTO 1993 didapat tebal perkerasan untutk Laston (AC-WC) 4 cm, Laston (AC-BC) 6 cm, untuk Lapis pondasi atas kelas A 11 cm dan untuk Lapis Pondasi Bawah Kelas B 12 cm dengan Rencana Anggaran Biaya didapat sebesar Rp. 29.207.741.417,11. Dengan metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017 didapat tebal perkerasan untuk Laston (AC-WC) 4 cm, Laston (AC-BC) 6 cm, Laston (AC-Base) 14.5 cm, untuk Lapis Pondasi Kelas A 30 cm dengan Rencana Anggaran Biaya didapat sebesar Rp. 52.559.390.647,27. Dapat disimpulkan metode AASHTO 1993 lebih ekonomis dari metode Bina Marga 2017. Kata kunci: Flexible Pavement, AASHTO 1993, Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6