Pemodelan Penanganan Longsoran Jalur Kereta Api di KM 19+314 Antara Maseng – Cigombong dengan Plaxis 2D

Authors

  • MUHAMAD ADRIAN RAHARDI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • INDRA NOER HAMDHAN Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Analisis Stabilitas Lereng, Sheet Pile, Cerucuk, Struts Baja, PLAXIS 2D

Abstract

Dilokasi KM 19+314 terdapat galian eksisting yang diperkuat oleh sheetpile yang menjadi bagian pembangunan double track dicurigai menjadi penyebab gerakan pada tubuh jalan kereta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas lereng dengan mempertimbangkan beban gempa. Analisis stabilitas lereng dilakukan menggunakan program PLAXIS 2D berbasis metode elemen hingga. Berdasarkan pemodelan menunjukan bahwa lereng dalam keadaan tidak aman berdasarkan tinjaunan di daerah kiri dengan nilai factor keamanan (FK) tanpa beban gempa sebesar 1.136 dan dengan beban gempa kurang dari 1. Nilai FK ini menunjukan bahwa lereng sebelah kiri tidak aman sesuai SNI 8460:2017 dimana tanpa beban gempa FK lebih besar dari 1,5 dan dengan beban gempa lebih besar dari 1,1. Hasil pemodelan perkuatan tambahan menunjukan bahwa perkuatan struts baja yang dipasang kedalam tanah lebih efektif meningkatkan FK sebesar 46,039 % dibandingkan dengan perkuatan yang lain dikarenakan panjang struts tersebut akan mengenai lapisan baru dan memotong bidang gelincirnya. Kata kunci: Analisis Stabilitas Lereng, Sheet Pile, Cerucuk, Struts Baja, PLAXIS 2D

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6