Evaluasi Struktur Perkerasan Lentur Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017 Menggunakan Kriteria Perpetual Pavement

Authors

  • Entang
  • RANNA KURNIA
  • LIGAR FITRIANINGSIH

Keywords:

Perkerasan Lentur, MDP 2017, Program Kenlayer, Perpetual Pavement

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang penting dalam menunjang perekonomian masyarakat dimana jalan berguna agar masyarkat dapat menempuh dari satu tempat ke tempat lain. Metode yang umum digunakan dalam pembangunan jalan di Indonesia yaitu metode MDP 2017 namun seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi dalam perencanaan perkerasan jalan agar perkerasan mampu berumur panjang (Perpetual Pavement ), Perpetual Pavement adalah perkerasan yang mampu bertahan sampai 50 tahun bahkan lebih tanpa memerlukan rekonstruksi secara struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi struktur perkerasan lentur model tipikal MDP 2017 apakah struktur perkerasan tersebut masuk kedalam konsep Perpetual Pavement atau tidak. Model tipikal MDP 2017 akan dianalisis menggunakan bantuan software yaitu program Kenlayer dimana hasil dari analisis dapat masuk kedalam kriteria Perpetual Pavement dengan regangan tarik < 100 μƐ dan regangan tekan < 200 μƐ. Berdasarkan hasil analisis pada model tipikal MDP 2017 didapatkan regangan pada lapisan AC-Base yang melebihi batas regangan artinya model MDP 2017 tidak masuk kedalam Perpetual Pavement . Berdasarkan hasil analisis regangan agar model tipikal MDP 2017 masuk kedalam kriteria Perpetual Pavement yaitu dengan cara mempertebal lapisan perkerasan pada lapis AC-Base. Kemudian repitisi izin minimum yang terjadi pada retak lelah beraspal sebesar 698.805.247 ESAL dan repitisi izin minimum deformasi permanen sebesar 3.29151×1013 ESAL. 

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6