Simulasi Stress Analysis Pembebanan Statis Dengan Bantuan Software SolidWorks Pada Hasil Perancangan Ladder Frame Chassis Mobil Listrik Menggunakan Material AISI 4340
Kata Kunci:
Chassis, Ladder Frame, Mobil Listrik, Simulasi, AISI 4340Abstrak
Didasari pada perkembangan dan pengembangan di dalam bidang otomotif khususnya pada pengembangan mobil listrik penting untuk megetahui komponen-komponen utama dari mobil listrik terutama adalah bagian chassis. Dikarenakan chassis menjadi bagian utama pada sebuah kendaraan. Pada perancangan ladder frame chassis mobil listrik dengan jenis SUV ini menggunakan material AISI 4340 dengan penampang square tube dan dilakukan simulasi stress analysis dengan pembebanan statis untuk mengetahui kekuatan dari chassis yang telah dirancang. Pada penelitian ini digunakan metode experimental dengan didapatkan hasil rancangan chassis ladder frame chassis mobil listrik dengan jenis SUV memiliki dimensi 3976 mm×1960 mm×464 mm (P×L×T) dengan massa 43,3 kg, tegangan maksimum yang terjadi pada chassis sebesar 68,079 Mpa, Defleksi maksimum yang terjadi pada chassis sebesar 0,476 mm, dan Faktor Keamanan minimum yang terjadi pada chassis sebesar 6,904.