Karakteristik Peltier pada Elemen Termoelektrik TEC1-12706 sebagai Efek Seebeck untuk Konversi Energi Alternatif Penghasil Listrik

Penulis

  • MEYDINA KANDAR Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung
  • WALUYO Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Abstrak

ABSTRAK

Penggunaan energi listrik khususnya di Indonesia, biasanya dipasok dari berbagai jenis pembangkit listrik dalam bentuk energi fosil. Energi fosil tidak dapat diperbaharui hal ini menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan, dengan jumlah pasokan yang semakin menurun pencarian akan energi alternatif sangat dibutuhkan. Elemen peltier adalah salah satu komponen yang dapat digunakan sebagai penghasil energi alternatif, karena penggunaan peltier bisa dilakukan secara berulang. Elemen peltier dapat menghasilkan listrik dengan cara mengubah energi termal menjadi energi listrik. Pada penelitian ini ditentukan besar energi yang mampu dihasilkan oleh peltier jenis TEC1-12706 dengan variasi sumber panas kayu, lilin, dan paraffin. Dari hasil penelitian didapatkan tegangan keluaran peltier 0,1-3 Volt dan ketiga sumber panas tidak cocok digunakan pada TEC karena temperaturnya yang terlalu tinggi.

 Kata kunci: Energi, Elemen Peltier, TEC1-12706, energi alternatif

 

ABSTRACT

The use of electrical energy especially in Indonesia, usually supplied from various types of power plants in the form of fossil energy. Fossil energy can not be renewed this cause adverse impacts on the environment, with the number of supply declining the search for alternative energy is much needed. Peltier elements are one component that can be used as an alternative energy producer, because the use of a Peltier can be repeated. Peltier elements can generate electricity by converting thermal energy into electrical energy. In this research determined great energy that is able to be produced by Peltier type TEC1-12706 with a variation of hot source of wood, wax, and paraffin. From the research results obtained Peltier 0.1-3 Volt and all three heat sources are not suitable for the TEC because the temperature is too high.

Keywords: Energy, Peltier TEC1-12706 Element, Alternative Energy

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-28