Penerapan Tema Modern Pada Perancangan Apartemen Ludwig Tower Pada Jalan PH.H Mustofa, Bandung

Authors

  • Dzaky Arif Maryanto
  • Utami

Keywords:

Infrastruktur, Arsitektur Modern, Pertumbuhan penduduk

Abstract

ABSTRAK
Kota Bandung merupakan salah satu kota besar dengan perkembangan sangat pesat, terutama pembangunan infrastruktur, dalam hal ini yaitu hunian. Jumlah penduduk di Kota Bandung pada tahun 2021 memiliki kepadatan yang cukup tinggi yaitu sebanyak 2.518.260 orang. Seiring berkembangnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun di Kota Bandung maka kebutuhan hunianpun semakin tinggi, hal ini tentunya berdampak terhadap tingkat kepadatan penduduk, kekurangan nya lahan untuk dijadikan tempat hunian, dan juga kurangnya lahan yang ideal untuk dijadikan nya tempat hunian, sehingga pembangunan sebuah infrastruktur hunian berupa apartemen diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang baik untuk permasalahan ini dikarenakan dengan membangun fasilitas hunian vertikal penggunaan lahan pun bisa diminimalisir sehingga dapat memaksimalkan lahan yang kecil tetapi dapat membangun unit hunian yang maksimal. Perancangan suatu bangunan hunian dalam hal ini apartemen harus memperhatikan desain yang akan diterapkan seperti konsep yang akan diterapkan pada gedung apartmen disini yaitu arsitektur modern yang mendalamkan desain yang simple dan lebih fungsional sehingga dapat memunculkan desain yang lebih nyaman. hal lain yang harus diperhatikan adalah dengan mementingkan juga kondisi lahan hijau pada sekitar apartemen dengan itu dengan memaksimalkan penambahan taman pada lahan apartemen sangat dianjurkan karena dapat berpengaruh terhadap kenyamanan itu sendiri.
Kata kunci: Infrastruktur, Arsitektur Modern, Pertumbuhan penduduk.

ABSTRACT
The city of Bandung is one of the big cities with very rapid development, especially infrastructure development, in this case housing. The population in the city of Bandung in 2021 has a fairly high density of 2,518,260 people. As the population grows from year to year in the city of Bandung, the need for housing is also getting higher, this of course has an impact on the level of population density, the lack of land to be used as shelter, and also the lack of ideal land for housing, so the development of an infrastructure Residential apartments in the form of apartments are expected to be a good solution to this problem because by building vertical residential facilities, land use can be minimized so that it can maximize small land but can build maximum residential units. The design of a residential building in this case an apartment must pay attention to the design that will be applied such as the concept that will be applied to the apartment building here, namely modern architecture that deepens the design that is simple and more functional so that it can bring up a more comfortable design. Another thing that must be considered is to pay attention to the condition of the green land around the apartment, therefore by maximizing the addition of a garden to the apartment area, it is highly recommended because it can affect the comfort itself.
Keywords: Infrastrukture, Arsitekture Modern, Population Growth.

References

Gabriela Harianto., (2014). KELULUASAAN RUANG PADA UNIT APARTEMEN. Dari https://media.neliti.com/ diakses pada 11Januari 2022.

Arsitektur Modern Akhir Abad XIX dan Abad XX. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Jenks, Charles., (1982). Modern Movement in Architecture, Ringwood, Va, Australia; Penguin Rooks Ltd.

Ching, D.K., (2008). Arsitektur: Bentuk, Massa, dan Tatanan. Erlangga: Jakarta

Rayner Banham., (1978). Age of the Master : Apersonal view of Modern Architecture

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

2022 Arsitektur