PERANCANGAN PUSAT PERBELANJAAN DENGAN KONSEP ARCHITECTURE TECHNOLOGY DALAM PENERAPAN ERA NEW NORMAL DI KOTA BARU PARAHYANGAN

Authors

  • Muhamad Rijal Safrudin
  • Nur Laela Latifah

Keywords:

Architecture Technology, Kota Baru Parahyangan, New Normal, Pusat Perbelanjaan

Abstract

ABSTRAK
Smart Mall Parahyangan City adalah sebuah pusat perbelanjaan berkonsep architecture technology yang harus
merespon kebutuhan atau keadaan yang sedang terjadi dan akan terjadi pada masa depan. Khususnya pada era
new normal seperti ini, sebuah pusat perbelanjaan harus berinovasi dengan menerapkan beberapa teknologi
baik itu terhadap desain bangunan, pengaplikasian teknologi terhadap bangunan yang dapat merespon
terhadap kebutuhan pengguna pusat perbelanjaan, dan kemudahan dalam mengakses informasi penjualan di
pusat perbelanjaan. Konsep architecture technology diterapkan pada desain dengan bentuk menarik dan
merespon terhadap lingkungan sekitar site dengan menekankan pada pemanfaatan lahan yang optimal. Konsep
massa didesain dengan bentuk gubahan yang sederhana dengan tujuan untuk memanfaatkan luas seluruh
bangunan sehingga menjadi nilai jual yang menguntungkan bagi pengelola pusat perbelanjaan. Rancangan
fasad bangunan mengaplikasikan sistem yang dapat mengkontrol pergerakan udara alami. Sistem ini selain
meminimalkan kebutuhan AC juga sebagai penyeimbang sirkulasi udara untuk pencegahan penyebaran Covid-
19.
Kata kunci: Architecture Technology, Kota Baru Parahyangan, New Normal, Pusat Perbelanjaan

ABSTRACT
Smart Mall Parahyangan City is a shopping center with an architecture technology concept that must respond to
needed or situation that is happening and will happen in the future. Especially in the new normal era like this, a
shopping center must innovate by applied several technologies, good for building design, application of
technology to buildings which can respond to the needs of shopping center users, and ease of accessing sales
information in shopping centers. The concept of technology architecture is applied to designs with attractive
shapes and responds to the environment arround the site by emphasizing optimal land use. The mass concept is
designed with a simple composition with the aim of utilizing the entire building area so that it becomes a
profitable selling point for shopping center managers. The design of the building façade applies a system that
can control natural air movement. This system, in addition to the need for air conditioning, also acts as a
balancer for air circulation to prevent the spread of Covid-19.
Keywords: Architecture Technology, New Normal, Parahyangan New City, Shopping Center

References

Kota Baru Parahyangan. (2018). Kota Baru Parahyangan Kota Mandiri Berwawasan Pendidikan.

Retrieved from https://kotabaruparahyangan.com/tentang

Maitland, B. (1985). Shopping Mall: Planning and Design. New York: Langman Group Limited

Vitruvius. (2006). The Ten Books on Architecture (M. H. Morgan, Trans.). Cambridge: Harvard

University Press

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

2022 Arsitektur