PENERAPAN PRINSIP BIOPHILLIC DESAIN PADA BANGUNAN HOTEL BISNIS BINTANG EMPAT DI JALAN DR. SETIABUDI, BANDUNG

Authors

  • Istiqomah Nurfitriah
  • Tecky Hendrarto

Keywords:

Hotel, bisnis, biophillic design, hotel bisnis, vegetasi

Abstract

Abstrak
Perkembangan dalam kehidupan manusia dengan berbagai macam aktivitas membuat manusia itu sendiri jauh dari alam. Salah satunya, kegiatan berbisnis. Di Indonesia sendiri tepatnya di kota Bandung sering dijadikan kota tujuan para pebisnis datang dengan tujuan berbisnis maka dari itu semakin banyak hotel yang berdiri, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berbisnis. Hotel bisnis merupakan hotel yang dirancang untuk mengakomodasi tamu yang mempunyai tujuan berbisnis. Hotel yang nyaman, dan fungsional akan dirancang sesuai kebutuhan.
Proyek pembangunan hotel bisnis bintang 4 ini dirancang dengan penerapan tema biophillic design dengan tujuan untuk membuat manusia lebih dekat dengan alam yang menciptakan perasaan tenang didalam bangunan dengan banyaknya vegetasi dan ruang terbuka.
Kata kunci: Hotel, bisnis, biophillic design, hotel bisnis, vegetasi.

Abstract
Developments in human life with various kinds of activities make humans themselves far from nature. One of them, business activities. In Indonesia itself, precisely in the city of Bandung, it is often used as a destination for business people to come with the aim of doing business, therefore more and more hotels are being established, which aims to meet human needs in doing business. A business hotel is a hotel designed to accommodate guests who have business purposes. A comfortable, and functional hotel will be designed according to needs.
This 4-star business hotel development project is designed with the application of a biophilic design theme with the aim of making humans closer to nature which creates a calm feeling in the building with lots of vegetation and open space.
Keywords: Hotel, business, biophilic design, business hotel, vegetation.

References

https://kbbi.web.id/hotel diakses pada tanggal 10 September 2021 pada pukul 14.59 WIB

https://kbbi.web.id/bisnis diakses pada tanggal 11 September 2021 pada pukul 12.09 WIB

https://kbbi.web.id/rancang-2 diakses pada tanggal 11 September 2021 pada pukul 12.15 WIB)

Stephen Kellert, ( 2007 ). “ Nature by Design: The Practice of Biophilic Design,” London

Kandou, Tiffany B.M., (2020). “Pusat Rehabilitasi Medik dan Edukasi Penderita Autis di Kota Manado

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

2022 Arsitektur