PERANCANGAN SARANA BAWA ANAK PANAH ATAU QUIVER DENGAN KONSEP HYBRIDE BAGI PEMANAH STANDAR NASIONAL RECURVE

Authors

  • Migraj Taruna Nagara Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sulistyo Setiawan Institut Teknologi Nasional Bandung

Abstract

Archery is a sport that specializes in calm focus and mastery of the bow and arrow. Various kinds of literature reflect that ancient people have been doing archery, namely using bows and arrows in hunting and to keep living. For some people, archery is often associated with agility activities so archery continues to exist now. the bow and arrow itself, namely the Quiver and other equipment as supporting equipment in archery. In Indonesia, archery is one of the sports that is considered in the Olympics. A number of archery athletes' achievements have also made Indonesia proud in the Global championship event. However, the need for archery equipment in Indonesia is not comparable to that of archery equipment manufacturers in Indonesia, so athletes prefer to use imported products rather than local products because the designs and features offered by imported products are preferred by archers in competitions. However, it does not rule out the possibility of local industries manufacturing archery equipment products that are able to compete with imported products.
Keywords : Archery, Features, Quiver

Abstrak
Panahan merupakan olahraga yang mengkhususkan ketenangan fokus serta penguasaan busur dan panah. Berbagai literatur mencerminkan bahwa orang purbakala telah mengerjakan panahan yaitu memakai busur dan panah dalam berburu dan untuk menjaga hidup.Bagai beberapa orang panahan seringdikaitkan dengan kegiatan ketangkasan sehingga panahan terus terjaga exsistensinya hingga sekarang.Dalam panahan digunakan prangkat panahan yang dipakai sebagai alat bantu dalam memenah selain busur panah dan anak panah itu sendiri yakni tas panah dan perlengkapan lainya sebagai peralatan pendukung dalam memanah. Di Indonesia sendiri panahan menjadi salasatu cabang olah raga yang dipperhitungkan dalam ajang Olimpiade. Sejumlah prestasi atlet panahan juga telah mengharumkan Indonesia di ajang kejuaraan Global. Namun kebutuhan akan peralatan panahan di indonesia tidak sebanding dengan Produsen pralatan panahan di indonesi sehingga para atlet lebih memilih menggunakn produk Impor ketimbang produk lokal dikarnakan desain dan fitur yang ditawarkan produk impor lebih di sukai para pemanah dalam ajang perlombaan. Namun itu tidak menutup kemungkinan industri lokal untuk mebuat prodak pralatan panahan yang mampu bersaing dengan produk import.
Kata kunci : Panahan,fitur,Tas Panah.

References

Perpani, (diakses pada 2021) "Sejarah Olahraga panahan.Persatuan Panahan Indonesia.

Institute of Design, Stanford University. (2009). Bootcamp bootleg: an introduction to design thinking process guide.

Sulaiman A, (2017).Pengaruh latihan tricep press down terhadap peningkatan daya tahan otot tricep brachii pada atlet panahan Perpani Cabang Kabupaten Pasuruan.Universitas Negeri Malang.

Fitinline. (2016). 9 Jenis Bahan yang Dapat Digunakan Sebagai Pelapis Tas.fitinline.com.

Nurmianto E. (1996). Ergonmi konsep dasar dan aplikasinya.Edisi pertama. Jakarta Guna Widya.

Septian A. (2011).Studi Tentang Manajemen Atlet Panahan pada Nasa Archery Club Ponorogo.Media.Neliti.com.

Ramadhan, Zuhri Satria.(2018).Analisis Gerak dalam Kemampuan Memanah pada Atlet Panahan di Club Excelent Archery Training (EAT) Kota Padang. Skripsi thesis.Universitas Negeri Padang.

W. Aulia.( 2019).Latihan Menggambar Isometri secara Manual untuk Peningkatan Pemahaman Tri- dimensional dalam Proses Perancangan.Jurnal Desain Indonesia, vol. 01, no. 02

Downloads

Published

2022-09-19

Issue

Section

2022 Desain Produk