VIDEO KAMPANYE MENGENAI DIGITAL DEMENSIA PADA REMAJA SERTA TINDAKAN PENCEGAHANNYA

Authors

  • Ashra Mahira Dhirgahayu Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Agus Rahmat Muliyana Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Ganis Resmisari Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

lupa, remaja, gadget, kesehatan, pola hidup, forget, teenager, health, lifestyle

Abstract

At a time when access to everything can be easily obtained through various gadgets that are increasingly capable of being used anywhere and anytime, it is often the lower generations, especially those who are going through a period where their mindset is advanced enough to understand how to use and access everything. things through gadgets, but are not mature enough to use them wisely, i.e teenagers, are too absorbed in the use of these objects which causes a lot of their time to be wasted. As a result of a lot of wasted time, they have an unhealthy lifestyle, such as lack of sleep, lack of food, and others. Often without realizing it, this situation triggers to cause forgetfulness. In addition, several factors such as a person's mental and physical condition can increase forgetfulness. This is certainly a problem that is quite dangerous for teenagers who are generally undergoing an educational journey. But unfortunately, many of them are not aware of and understand the causes and consequences that arise from this forgetful phenomenon. Plus, in this digital era, a disorder called "digital dementia" was found which was born from the acute use of gadgets. However, to prohibit the use of gadgets for teenagers who experience this is certainly not the right solution, because now many educational needs also require these gadgets to operate. This is where education about ways that can be done to develop memory is needed.
Keywords: forget, teenager, gadget, health, lifestyle.

Abstrak
Di kala akses terhadap segala hal sudah dapat dengan mudah diperoleh melalui bermacam gadget yang semakin hari semakin mampu untuk digunakan dimanapun dan kapanpun, sering kali generasi-generasi bawah, khususnya yang sedang mengalami masa dimana pola pikirnya sudah cukup maju untuk mengerti cara menggunakan dan mengakses segala hal melalui gadget, namun belum cukup dewasa untuk menggunakannya secara bijak, yaitu remaja, terlalu larut kedalam penggunaan benda-benda tersebut yang menyebabkan banyak dari waktu mereka terbuang. Hasilnya dari banyak waktu yang terbuang itu, mereka menjadi memiliki pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang tidur, kurang makan, dan lain-lain. Sering kali tanpa disadari, keadaan ini memicu untuk menyebabkan mudah lupa. Selain itu juga, beberapa faktor seperti kondisi mental dan fisik seseorang dapat meningkatkan keadaan mudah lupa. Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup berbahaya bagi kaum remaja yang umumnya sedang menjalani perjalanan pendidikan. Namun sayangnya banyak dari mereka yang belum sadar dan paham akan penyebab dan akibat yang dimunculkan dari fenomena mudah lupa ini. Ditambah lagi pada era digital ini ditemukan gangguan yang disebut “digital dementia” yang terlahir dari akutnya penggunaan gadget. Namun untuk melarang penggunaan gadget pada remaja-remaja yang mengalami hal tersebut tentu bukanlah solusi yang tepat, karena kini banyak dari keperluan pendidikan pun memerlukan gadget-gadget tersebut untuk beroperasi. Disinilah edukasi mengenai cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan daya ingat diperlukan.
Kata Kunci : lupa, remaja, gadget, kesehatan, pola hidup.

References

Center, S. A. R. (2021, September 17). Forgetfulness in Teens. Stonewater Adolescent Recovery Center. Retrieved January 13, 2022, from https://www.stonewaterrecovery.com/adolescent-treatment-blog/forgetfulness-in-teens/#

Fox News. (2014, December 23). Digital dementia: The memory problem plaguing teens and young adults. Retrieved January 13, 2022, from https://www.foxnews.com/health/digital-dementia-the-memory-problem-plaguing-teens-and-young-adults

Jangan Selalu Mengaitkan Lupa dengan Usia. (2021, May 18). Alodokter. https://www.alodokter.com/jangan-selalu-mengaitkan-lupa-dengan-usia

Fadila, I. (2021, February 2). Berbagai Penyebab Anda Mudah Lupa serta Cara Mengatasinya. Hello Sehat. https://hellosehat.com/saraf/penyebab-sering-lupa/

Prawiro, M. (2019, September 17). Pengertian GADGET adalah: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenis Gadget. Pengertian dan Definisi Istilah. https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-gadget.html

Cashbac.com. (2021, March 10). Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk! https://cashbac.com/blog/pola-hidup-sehat-ternyata-mudah-dilakukan/

Pendidikan 2, D. (2021, August 14). Pola Hidup Sehat. DosenPendidikan.CO.ID. https://www.dosenpendidikan.co.id/pola-hidup-sehat/

Shafa, F. (2021, October 30). 5 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda. POPMAMA.com. https://www.popmama.com/life/health/faela-shafa/penyebab-sering-lupa-saat-muda/4

Kompas.com. (2018, July 26). Smartphone vs Daya Ingat Remaja, Tak Seburuk yang Dibayangkan | Kompas.com. LINE TODAY. https://today.line.me/id/v2/article/eExnOl

Anakbrand, V. A. P. B. (2018, May 11). How : Video Commercial Development. ANAKBRAND. https://anakbrand.com/2018/05/11/how-video-commercial-development/

Adieb, M. (2021, January 8). Video Advertising: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya. Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/video-advertising-adalah/

Documentary photography. (2018). National Galleries of Scotland. https://www.nationalgalleries.org/art-and-artists/glossary-terms/documentary-photography

How to Research a Documentary Film With Tips and Advice (2021). The MasterClass Staff. https://www.masterclass.com/articles/learn-about-documentary-filmmaking-with-ken-burns

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual