PERANCANGAN POP-UP BOOK CANDI PENINGGALAN MASA MATARAM KUNO DI PROVINSI JAWA TENGAH KEPADA ANAK KELAS 4-6 SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pop-up Book, Candi, Mataram Kuno, Temple, Ancient MataramAbstract
History is an event or event that actually happened in the past. The cultural values contained in history have such great and extraordinary wealth, as well as in the history of Indonesia. One of the evidences of Indonesian cultural works is the temple relic from the Ancient Mataram period. Ancient Mataram is an era or period of Hinduism and Buddhism, and its kingdom was named Medang which was founded around 732 AD. This kingdom has left historical evidence in the form of temples, both Hindu and Buddhist. These temples are evidence of the greatness of the civilization of the Indonesian nation in the past. Currently, few of the younger generation, especially elementary school children, know and understand the temples in Indonesia, especially those in the province of Central Java. This is due to the closure of information from outside and the influence of foreign cultures. This study uses a qualitative method, while for the design using the Design Thinking method which has five stages, namely Emphatize, Define, Ideate, Prototype, and Test. Based on the above problems, an educative and interesting visual media is needed, namely in the form of pop-up illustration books to attract elementary school children's interest in reading about various historical relics, so that they are more familiar with the culture of their own nation and will create a sense of pride in themselves.
Keywords: Pop-up Book, Temple, Ancient Mataram
Abstrak
Sejarah merupakan suatu peristiwa atau kejadian yang benar-benar pernah terjadi di masa lampau. Nilai budaya yang terkandung dalam sejarah memiliki kekayaan yang begitu besar dan luar biasa, begitu pula dalam sejarah Indonesia. Salah satu bukti karya budaya Indonesia ialah candi peninggalan dari masa Mataram Kuno. Mataram Kuno merupakan sebuah era atau masa Hindu dan Buddha, dan kerajaannya bernama Medang yang berdiri sekitar tahun 732 Masehi. Kerajaan ini telah meninggalkan bukti sejarah berupa candi, baik itu yang bercorak Hindu maupun Buddha. Candi-candi inilah yang menjadi bukti kebesaran peradaban bangsa Indonesia di masa lampau. Saat ini sedikit generasi muda khususnya anak- anak sekolah dasar yang mengenal dan memahami candi-candi di Indonesia, terutama yang berada di provinsi Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan tertutupnya oleh informasi yang berasal dari luar dan pengaruh budaya asing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan untuk perancangan menggunakan metode Design Thinking yang memiliki lima tahapan, yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Berdasarkan dari permasalahan diatas, maka diperlukan media visual yang edukatif dan menarik yaitu berupa buku ilustrasi pop-up untuk menarik minat membaca anak-anak sekolah dasar mengenai berbagai peninggalan sejarah, agar mereka lebih mengenali kebudayaan bangsa sendiri dan akan timbul rasa kebanggaan dalam diri.
Kata Kunci : Pop-up Book, Candi, Mataram Kuno
References
Anwar, I. C. (7. Januari 2021). Apa Saja Pengertian dan Definisi Ilmu Sejarah Menurut Para Ahli? Von tirto.id: https://tirto.id/apa-saja-pengertian-dan-definisi-ilmu-sejarah-menurut-para-ahli-f8Vl abgerufen
B, D. (2011). Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series Gatotkaca. From its.ac.id: http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100009035043/5380
Dewantari, A. A. (2014, Januari 16). Sekilas Tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Movable Book. From dgi.or.id: http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html
Indonesia, C. (2021, Juli 19). Cerita Sejarah Kerajaan Medang 'Mataram Kuno'. From cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210716140535-31-668625/cerita-sejarah-kerajaan-medang-mataram-kuno
Maya, T. J. (2017). Pesona Candi di Jawa Tengah. CV PUSTAKA BENGAWAN.
El-Ibrahim, M. N. (2019). Kerajaan Mataram Kuno. Semarang: Penerbit Mutiara Aksara.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trimaryanto, A. (2019). CANDI-CANDI BERSEJARAH DI INDONESIA. Gamping Sleman: SENTRA EDUKASI MEDIA.
Purmintasari, Y. D. (2017). PENGGUNAAN MEDIA ILUSTRASI POP-UP SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI BATURSARI. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4.
Syarif, A. R. (2018). SEMIOTIKA. Tugas Akhir, 6-7.
humas. (2020, April 17). POP-UP BOOK MUDAHKAN SISWA BELAJAR EKOSISTEM. Retrieved from uny.ac.id: https://www.uny.ac.id/id/berita/pop-book-mudahkan-siswa-belajar-ekosistem