Perancangan Sistem Informasi Berbasis Aplikasi di Pasar Panorama Lembang untuk Dewasa Awal

Authors

  • Firman Naufal Adiansyah Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Aldrian Agusta Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Inko Sakti Dewanto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Traditional Market, Information System, Application, Pasar Tradisional, Aldrian Agusta, Inko Sakti Dewanto

Abstract

The economic development of a city depends on the trading system in that city. Traditional markets and modern markets are part of the means of carrying out economic and trade activities. In addition to the socio-economic relationships that occur in traditional markets such as bargaining and buying and selling, the information system regarding the layout of the stalls in the market also affects the atmosphere of the market. The variety of layouts in a market can confuse buyers, especially young people. The target market in this research is Panorama Lembang Market. A solution is needed in providing information about the layout of the market to make it easier for buyers, especially young people, to find shops and shop at Lembang Panorama Market. One way to do this is by designing an environmental graphic design (EGD) on an application that contains the overall market layout, icons that describe store categories, as well as directories, wayfinding, and wayshowing on the way to stores and other facilities. The design of the information system in this research also includes the creation of maps and guidelines regarding market information in the form of information panels installed around the market.
Keywords: Traditional Market, Information System, Application

Abstrak
Perkembangan perekonomian dari suatu kota bergantung pada sistem perdagangan di kota tersebut. Pasar tradisional dan pasar modern merupakan bagian dari sarana dalam melakukan aktivitas perekonomian dan perdagangan. Selain hubungan sosial ekonomis yang terjadi di pasar tradisional seperti tawar menawar dan jual beli, sistem informasi mengenai tata letak kios-kios di pasar juga memengaruhi suasana pasar tersebut. Beragamnya tata letak pada suatu pasar membuat pembeli kebingungan, khususnya bagi anak muda. Pasar yang menjadi target pada penelitian ini merupakan Pasar Panorama Lembang. Dibutuhkan solusi dalam memberikan informasi mengenai tata letak pasar untuk dapat memudahkan pembeli khususnya anak muda dalam menemukan toko dan berbelanja di Pasar Panorama Lembang. Salah satu caranya berupa perancangan environmental graphic design (EGD) pada aplikasi yang berisi tata letak pasar secara keseluruhan, ikon yang menggambarkan kategori toko, serta direktori, wayfinding dan wayshowing menuju toko dan fasilitas lainnya. Perancangan sistem informasi pada penelitian ini juga termasuk pembuatan maps dan guidelines mengenai informasi pasar berupa panel informasi yang dipasang di sekitar pasar.
Kata Kunci : Pasar Tradisional, Sistem Informasi, Aplikasi

References

Calori, C., & Vanden-Eynden, D. (2015). Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems. Wiley.

Carlos, C., Steven, M., & Peter, R. (2018). Database System: Design, Implementation, and Management. In Management.

Educhannel Indonesia. (2016, June 12). Pengertian Aplikasi | EduChannel Indonesia. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-aplikasi.html

Haryanto, A. P. (2021). PERANCANGAN SIGNAGE & SITEPLAN UNTUK KAMPUNG CIBUNUT BERWARNA.

Id CloudHost. (2021, October 29). Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi - IDCloudHost. https://idcloudhost.com/pengertian-aplikasi-arti-fungsi-klasifikasi-dan-contoh-aplikasi/

Katz, J. (2012). Designing Information.

Kotler & Keller. (2015). Marketing Management. In Pearson (15th Globa). Pearson.

Kusnendi. (2012). Konsep Dasar Sistem Informasi. Lecture Notes : Sistem Informasi, 1–10.

Mollerup, P. (2015). Wayshowing: A Guide to Environmental Signage. Amsterdam:Muller.

O’Brien, J., & Marakas, G. (2011). Management Information Systems.

Peraturan Presiden RI No. 112. (2007). Peraturan Presiden RI No. 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern. Peraturan Presiden Republik Indonesia, 1, 22. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/42157/perpres-no-112-tahun-2007

Pramudyo, A. (2014). Menjaga eksistensi pasar tradisional di yogyakarta. Jbma, 2(1), 78–93.

Serafica, G. (2020, January 24). Pasar: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Jenisnya. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/27/120000769/pasar-pengertian-fungsi-ciri-ciri-dan-jenisnya

Syarifuddin, D., Tradisional, P., Perspektif, D., Daya, N., Wisata, T., Tentang, S., Pagi, P., Kota, M., Tentang, S., Pagi, P., Kota, M., Pasar, A., Bandung, P. M., Monju, P., Monju, ., Monju, ., Minggu, H., Juang, M., ndonesia, . . ., … Kunci, K. (2018). Pasar Tradisional Dalam Perspektif Nilai Daya Tarik Wisata. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 15(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/jurel.v15i1.11266

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual