Augmented Reality Sebagai Media Penunjang Informasi di Museum Geologi Bandung

Authors

  • Abimanyu Bagoes Purwanto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Geology Museum of Bandung, Digital Media, Museum Geologi, Media Digital, Augmented Reality

Abstract

Augmented Reality is a digital-based technology with virtual media as the main element in its utilization. Digital media is often used to convey various information in visual form so that viewers can enjoy a more vivid impression. With this method, it is hoped that viewers can interact actively about something that comes from the existence of the media.
Augmented reality media will be implemented in Geology Bandung Museum because this museum already has a special interest and never subsides. However, in certain circumstances and situations it will reach its saturation point. Therefore, it is hoped that this media will further increase the animation audience and enjoy the content presented by the museum to its visitors, either virtually directly or accessed while at home.
Keywords: Geology Museum of Bandung, Digital Media, Augmented Reality.

Abstrak
Augmented Reality adalah teknologi berbasis digital dengan media virtual sebagai elemen utama dalam pemanfaatannya. Media digital tak jarang dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai informasi dalam bentuk visual agar pemirsa dapat menikmati tayangan lebih gamblang. Melalui metode tersebut diharapkan pemirsa dapat berinteraksi aktif juga mengenai sesuatu yang diharapkan dari keberadaan media tersebut.
Media augmented reality akan diterapkan di Museum Geologi Bandung karena museum ini tampaknya telah memiliki peminatnya secara khusus dan tidak pernah surut. Namun demikian pada suatu keadaan dan situasi tertentu akan mencapai titik jenuhnya. Oleh karena itu media ini diharapkan akan lebih meningkatkan animo pemirsa lebih menikmati isi konten yang sampaikan oleh museum kepada pengunjungnya baik secara virtual langsung ataupun diakses saat berada di rumah.
Kata Kunci : Museum Geologi, Media Digital, Augmented Reality.

References

Andhita, Pundra Rengga. 2021. Komunikasi Visual. Banyumas: Zahira Media Publisher. ISBN: 978-623-6287-09-5.

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penlitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak. ISBN: 978-602-474-391-8.

Carmigniani, Julie dan Borko Furht. 2011. Handbook of Augmented Reality. Springer Science + Business Media, Jerman. DOI: 10.1007/978-1-4614-0064-6_1

Ingle, Beverly Rudkin. 2013. Design Thinking for Entrepreneurs and Small Businesses: Putting the Power of Design to Work. New York: Apress. ISBN-13 (electronic): 978-1-4302-6182-7.

Serrat, Olivia. 2017. Design Thinking. In: Knowledge Solutions. Springer, Singapore. ISBN (electronic): 978-981-10-0983-9

Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV. Rajawali.

Soewardikoen, Didit Widiamoko. 2019. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Sleman: PT. Kanisius. ISBN: 978-979-21-6308-7.

Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. ISBN: 978-602-7534-26-1.

Yin, Robert K., 2011. Qualitative Research from Start to Finish. New York: The Guilford Press. ISBN: 978-1-6023-977-3.

Penelitian

Mustika et al. 2015. Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Palembang. ISSN: 2460-4259.

Mustaqim, Ilmawan dan Nanang Kurniawan. 2017.PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. Yogyakarta. e-ISSN : 2548-8260

Putra, Ilham Eka. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Padang.

Siregar, Suri Muti et al. 2020. Perancangan Buku Interaktif untuk Memperkenalkan Ragam Profesi Sebagai Sarana Pengembangan Minat Pelajar Usia Dini. Medan. e-ISSN: 2655-3570.

Zakaria, Gitta Parlina. 2015. Pengaruh Museum Experience terhadap Perilaku Pasca Berkunjung. Bandung

Zulhemi et al. 2017. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Banda Aceh.

Artikel

Abraham, Magid dan Marco Annunziata. 2017. Augmented Reality is Already Improving Worker Performance. https://hbr.org/2017/03/augmented-reality-is-already-improving-worker-performance Diakses pada 15 Januari 2022.

Bonsor, Kevin dan Nathan Chandler. 2018. How Augmented Reality Works. https://computer.howstuffworks.com/augmented-reality.htm Diakses pada 16 Januari 2022.

Dicoding Intern. 2020. Apa itu Augmented Reality dan Contohnya? https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-augmented-reality-dan-contohnya/ Diakses pada 16 Januari 2022.

Friis Dam, Rikke dan Teo Yu Siang. 2021. 5 Stages In The Design Thinking Proccess. https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process Diakses pada 14 Januari 2022.

Hidayat, Anwar. 2012. Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap. https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html Diakses pada 14 Januari 2022.

Ika, Aprilia. 2018. Survei Nielsen: Media Digital dan Media Konvensional Saling Melengkapi, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/15/093533926/survei-nielsen-media-digital-dan-media-konvensional-saling-melengkapi?page=all Diakses pada 7 Desember 2021.

Reily, Michael. 2017. Nielsen: Pembaca Media Digital Sudah Lampaui Media Cetak. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a5623eb608/nielsen-pembaca-media-digital-sudah-lampaui-media-cetak Diakses pada 25 November 2021.

Supriyatna, Iwan dan Mohammad Fadil Djailani. 2020. Media Cetak Mulai Ditinggalkan, Masyarakat Beralih ke Media Online. https://www.suara.com/bisnis/2020/08/25/181636/media-cetak-mulai-ditinggalkan-masyarakat-beralih-ke-media-online Diakses pada 25 November 2021.

Suwarno. 2021. Teknologi Augmented Reality. https://pgsd.binus.ac.id/2021/09/25/teknologi-augmented-reality/ Diakses pada 15 Januari 2022.

Tuttle, Graham. 2021. What Is Design Thinking and Why Is It Important? https://www.wework.com/ideas/professional-development/creativity-culture/what-is-design-thinking Diakses pada 14 Januari 2022.

Valentina, Feby. 2021. Mixed Reality - Pengertian dan Sejarahnya. https://hologramindonesia.com/mixed-reality-pengertian-sejarahnya/ Diakses pada 16 Januari 2022.

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual