Perancangan Film Pendek Sebagai Media Kampanye Wisata Historical Sailing and Conservation di Kepulauan Seribu Kepada Generasi Z

Authors

  • Anita Faridah Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Aris Kurniawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Wisata, Berlayar, Kepulauan Seribu, Sailing

Abstract

Indonesia is identical to the term islands nation because geographically Indonesia is the largest marine country in the world. As an archipelago, Indonesia has the potential to be the world’s largest marine tourism. Besides the diversity of natural resources, Indonesians can develop a wide range of water tourism potential, including sailing. However, for some of Indonesia's younger generation, particularly Gen Z, sailing is not a common activity, due to inadequate facilities and lack of public information. Even though through sailing activity Indonesian could learn about the history of Indonesia Maritime and build up maritime cultural characteristics, especially for the DKI Jakarta region. DKI Jakarta is divided into several regions, one of them is Kepulauan Seribu Islands. However, Kepulauan Seribu Island has no media information about sailing that can reach out to Gen Z. Lack of information caused sailing activity in Kepulauan Seribu to be unknown to the Gen Z. Therefore, an attempt should be made to provide media information closer to Gen Z to enable Gen Z to participate to preserve the culture of sailing and restore the resilience of Indonesia as a maritime nation-state.
Keywords: Sailing, Tourism, Kepulauan Seribu

Abstrak 
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan laut yang sangat luas dan sebagian besar wilayahnya terletak di wilayah pesisir pantai dan memiliki potensi untuk menjadi wisata bahari terbesar di dunia. Selain keanekaragaman sumber daya alamnya, masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan dan mengembangkan berbagai macam potensi wisata perairan, salah satunya berlayar. Namun, bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama generasi Z, berlayar bukanlah kegiatan yang biasa dilakukan, hal ini dikarenakan fasilitas yang belum memadai dan informasi yang masih kurang memasyarakat. Padahal dengan adanya kegiatan berlayar menggunakan kapal layar, masyarakat Indonesia dapat mengenal lebih dekat wilayah lautan yang luas, sejarah laut Indonesia dan membangun karakter budaya bahari, khususnya di wilayah DKI Jakarta. DKI Jakarta yang kita kenal sebagai pusat perekonomian nasional, dan kota pesisir lautan ini terbagi kedalam beberapa wilayah, salah satunya Kepulauan Seribu. Minimnya media informasi mengenai wisata berlayar di Kepulauan Seribu menyebabkannya sulit untuk diketahui oleh kalangan generasi Z. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan media informasi yang dekat dengan generasi Z dengan tujuan agar generasi Z dapat ikut serta dalam melestarikan budaya Indonesia sebagai bangsa bahari, salah satunya melalui wisata berlayar.
Kata kunci: Wisata, Berlayar, Kepulauan Seribu

References

Anisti. (2017). Komunikasi Media Film Wonderful Life. Jurnal Komunikasi, 8(1).

Badan Pusat Statistik. (2021, January 21). Badan Pusat Statistik. April 4, 2022,

https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Kajian Ilmiah Mata

Kuliah Umum, 21(1).

Fitiriana, A. N., Tripambudi, S., & Prayudi. (2018, June). ANALYSIS EFFECTIVENESS

OF ADVERTISING ON WEB SERIES TO THE DECISION OF PURCHASING

TROPICANA SLIM STEVIA (Study on Sore: Istri Dari Masa Depan Web

Series). The Indonesian Journal of Communication Studies, 11(1).

Gomez, K., Mawhinney, T., & Betts, K. (2019). Welcome to Generation Z. NEW &

Deloitte.

Gonggong, A. (2020). Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia dengan Strategi

Maritim Indonesia. Jurnal Maritim Indonesia, 8(2).

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative Research Methods. SAGE

Publications.

Hermawan, H. (2018). Metode Kualitatif untuk Riset Pariwisata.

Isamuddin, Nugraha, M. H. R., & Fathun, L. M. (2021). Peran Media Sosial

Dalam Membangun Kesadaran Maritim Pada Generasi X, Milenial, Dan Z Di

Era Digital. Jurnal Kybernan, 12(1).

Jenkins, R. (2017, January 26). 4 Reasons Generation Z Will be the Most Different

Generation. Ryan Jenkins.

https://blog.ryan-jenkins.com/2017/01/26/4-reasons-generation-z-will-be-the-mo

st-different-generation

Kongalla, R. (2013). Tourism Resources. Pondicherry University

Maryam, S., Prasetyo, P., & Mahdalena, V. (2021, Maret). Literasi Media Digital Pada

Kampanye Greenpeace Id Di Media Sosial Instagram Dalam Merubah Perilaku

Masyarakat. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1).

Marzuqi, A. M. (2018, 02 11). Maritim Sejak Dulu. Media Indonesia.

Patrick, G. (2012). Design Thinking and The Facilitation Process Collaborative Design

Workshop. NSW, Australia. https://www.slideshare.net/glinskiii/ic-dt-facilitation

Prasetyo, D., & Setyadi, D. I. (2017). Perancangan Film Pendek Bertema Wisata

dengan Pendekatan Storytelling sebagai Media Promosi Pulau Bawean. Jurnal

Sains Dan Seni ITS, 6(1).

Rodiah, I. (2019). MENJADI GURU BAGI GENERASI “Z”. EDU PUBLISHER.

Setiawan, A. H. (2019, 08 22). Sail Indonesia. Tribun News

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual