PERANCANGAN KAMPANYE MENINGKATKAN PEMAHAMAN LATIHAN FITNESS UNTUK PRIA BERBADAN KURUS

Authors

  • Ruhollah Moussavi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Agus Rahmat Mulyana Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Inko Sakti Dewanto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Kurus ectomorph, insecure, fitness, pola latihan

Abstract

Ukuran tubuh adalah salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang dapat merasa kurangnya percaya diri. Hal ini dikarenakan penampilan fisik yang kurang ideal bagi setiap individu khususnya pria yang berbadan kurus ectomorph. Tipe tubuh ini adalah kerangka kecil dan bentuk yang ramping. Jenis tubuh ini sulit untuk menaikan berat badan, Sehingga diperlukan pola Latihan yang benar agar efektif untuk mencapai hasil tubuh yang maksimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui permasalahan remaja kurus ectomorph dan bagaimana pengaruh latihan fitness terhadap peningkatan massa tubuh kepada pria kurus ectomorph. Target audience dari penelitian ini adalah remaja pria usia 18 – 28 tahun yang cenderung lebih rentan mengalami rasa tidak percaya diri karena fisik. Metode yang digunakan pada penelitiann ini adalah kualitatif kuantitatif, Dengan menyebarkan kuesioner secara random kepada 100 target audience. Selain itu juga dengan melakukan sesi wawancara kepada 2 orang ahli pada bidang fitness. Hasil penelitian ini menunjukan jika dominan dari responden ingin menaikan berat badan mereka untuk mencapai tubuh yang ideal. Walaupun responden tidak merasa bermasalah dengan tubuhnya, namun badan yang kurus pada kenyataannya bisa menjadi faktor yang mengurangi rasa kepercayaan diri responden. Penelitian juga menunjukan bahwa menurut ahli pada bidang olahraga fitness, Olahraga ini memang bertujuan untuk membentuk badan menjadi lebih ideal. Sehingga olahraga fitness dirasa memang paling tepat agar seseorang yang berbadan kurus ectomorph, bisa lebih efektif untuk meningkatkan massa tubuhnya.
Kata kunci : Kurus ectomorph, insecure, fitness, pola latihan

References

Mangunhardjana. 1987. Mengatasi Hambatan Kepribadian. Yogyakarta: Kanisius Evendi, D.(2015). Somatotype pemain sepak bola unit kegiatan mahasiswa UNY tahun pelatihan 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta. Lahaba amiruddin.2019. ANALISIS INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK PADA SISWA SMA NEGERI 8 MAKASSAR. Makasar : Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Rasyid Bhirawa.2012. Hubungan antara citra raga dengan kepercayaan diri pada pria.Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maysizar, Annisa Putri. (2019). Trend Gaya Hidup Sehat di Fitness Center. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Kurniantyo, Firmianus Ganang Yudha. 2013. Hubungan antara fasilitas dan KBM olahraga dengan perilaku hidup sehat mahasiswa FKIP Universitas Kristen satya wacana salatiga .Semarang : Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations.

Irianto, Pekik Djoko, Drs, M.Kes. 2004. Bugar dan Sehat dengan Berolahraga. Yogyakarta: Andi Publisher.

Nasution Ismawati, Dewi Iriani, Adi Surahman.2020. “ Perancangan Kampanye Pola Tidur yang Baik Berupa Video Iklan Layanan Masyarakat Bagi Mahasiswa Dkv Di kota Bandung”. Bandung : Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Zehir, Cemal.2011. The Effects of Brand Communication and Service Quality in Brand Loyalty ThroughBrand Trust; The Empirical Research On Global Brands. Turkey : Gebze Institute of teckhnology.

Pujianto. 2013. “Iklan Layanan Masyarakat” . Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Wheeler, Alina.2018. “Designing Brand Identity”.Canada :Ssimultaneously.

Venus, A. (2012). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Christian Dicky, “ 6 Tips Menambah Berat Badan. “

Christian Dicky, “ 3 komponen penting Hypertrophy. “

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual