Perancangan Web Komik Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Bagaimana Berkarir Menjadi Seorang Kreator Komik

Authors

  • Takhta Arwa Chasshidi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Agus Rahmat Mulyana Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Komik, Kreator Komik, Web Komik, Web Komik Comic, Comic Creator, Web Comic, Profession

Abstract

Comics are interesting and popular reading media in Indonesia. Comics are a very popular reading medium for the Indonesian people, this is reinforced by the many digital comic platforms that have emerged in Indonesia. With the emergence of various comic platforms, comics are easy to distribute and easily accessible to readers. Currently, there are many comic platforms, especially digital comics, and comics are one of the most popular media for the Indonesian people, making the profession as a comic creator favored by the community, especially for people who are experts in drawing. However, the job prospects as a comic creator are still in doubt because the job prospects are not yet promising. Therefore, this comic web design was made to answer their doubts about the job prospects of a comic creator in order to answer the doubts of those who want to become a comic creator.
Keywords: Comic, Comic Creator, Web Comic, Profession

Abstrak
Komik adalah media bacaan yang menarik dan populer di Indonesia. Komik menjadi media baca yang sangat disukai masyarakat Indonesia, hal itu diperkuat dengan banyaknya platform komik digital yang muncul di Indonesia. Dengan munculnya berbagai platform komik membuat komik mudah disalurkan dan mudah diakses oleh pembaca. Saat ini banyak sekali munculnya platform komik terutama komik digital dan komik adalah salah satu media yang sangat disukai masyrakat Indonesia membuat profesi sebagai kreator komik digemari oleh masyrarakat terutama bagi orang yang ahli dalam menggambar. Akan tetapi prospek kerja sebagai kreator komik masih diragukan karena prospek kerjanya yang belum menjanjikan. Oleh karena itu perancangan web komik ini dibuat untuk menjawab keraguan mereka akan prospek kerja seorang kreator komik guna menjawab keraguan mereka yang ingiin menjadi seorang kreator komik.

References

McCloud, Scott (2008). Membuat Komik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Khutmul, Husna (2019). Perancangan Komik Web Sebagai Panduan dan Tips Membuat Komik Web.

Flores, Debora Patricia (2018). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Buku “Memahami Komik” Scott McCloud.

Andrew Yonkie, Agus Nugroho U (2017). Unsur-Unsur Grafis Dalam Web Komik.

Ria, Satyarini (2016). Startegi Diferensiasi Sebagai Alat Untuk Menenangkan Persaingan Pada Industri Kreatif Di Bandung.

Wiwik Sudarwati, Meri Prasetyawati (2016). Strategi Diferensiasi Sebagai Alat Untuk Memenangkan Persaingan Pada Industri Kreatif Di Bandung.

Zidni Ilma Nafi’ah (2019) Peran Ekonomi Kreatf Dalam Pemberdayaan Dan Peningkatan Kesehjateraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Sentra Kerajinan Batok Kelapa “Coco Art” Kel. Tanjungsari Kec. Sukorejo Kota Blitar)

Ramadan, Widianata (2020) Identifikasi Pengaruh Sentra Industri Kreatif Sepatu Cibaduyut Terhadap Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Lokal.

Maharsi, Indiria (2011) Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.

Desmita, Tria Nur (2020) Pengaruh Profesionalisme Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Darmawan, Sigit Dwiki (2017) Perancangan Buku Komik Permainan Tradisional dengan Teknik Digital Painting untuk Anak Usia 6-12 Tahun Sebagai Upaya Pelestarian Budaya

Amalia, Ellavie Ichlasa (2017) Ada 17 Ribu Karya di LINE Creativate 2017. Terakhir diakses pada 10 Januari 2021, 09.28 WIB

https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/4ba7XQWK-ada-17-ribu-karya-di-line-creativate-2017

Agnes, Tia (2016) Pembaca LINE Webtoon Indonesia Terbesar di Dunia. Terakhir diakses pada 14 Januari 2021, 10.00 WIB

https://hot.detik.com/art/d-3274551/pembaca-line-webtoon-indonesia-terbesar-di-dunia

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual