PERANCANGAN MUSEUM VIRTUAL ZOOLOGI INDONESIA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mira Rahmawati Fany Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Aldrian Agusta Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Aditya Januarsa Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Virtual Museum, Zoological Museum, Children, Gadget, Museum Virtual, Museum Zoologi, anak-anak

Abstract

A virtual museum is defined as a multimedia information resource with user interaction to provide a remote, real-world museum-like experience. Virtual Museum is an alternative for elementary school children as a medium of distance learning that will be applied at the Zoological Museum, they can visit and explore the Zoological Museum from home and access it through digital media with guidance from parents.
Keywords: Virtual Museum, Zoological Museum, Children, Gadget

Abstrak
Museum virtual di definisikan sebagai sumber informasi multimedia dengan interaksi pengguna untuk memberikan pengalaman seperti museum di dunia nyata dari jarak jauh. Dibuatnya Museum Virtual diharapkan menjadi alternatif bagi anak-anak sekolah dasar sebagai media pembelajaran kedua setelah perpustakaan melalui jarak jauh yang akan diterapkan di Museum Zoologi, Museum Zoologi mengalami penurunan pengunjung selama Pandemi dan menjadi salah satu alasan dibuatnya Museum Virtual Zoologi. Kelebihan Museum Virtual Zoologi yaitu mereka bisa mengunjungi dan menjelajahi Museum Zoologi dari rumah dan mengaksesnya melalui media digital dengan bimbingan dari orangtua.
Kata kunci: Museum Virtual, Museum Zoologi, anak-anak, gadget

References

B. A. B. Ii, “Bab ii tinjauan umum museum 2.1,” pp. 9–47, 2015.

Harianto, A. B. P. Negara, and N. Safriadi, “Rancang bangun aplikasi virtual tour museum provinsi kalimantan barat untuk edukasi sejarah,” Informatics UNTAN, pp. 1–6, 2018.

Y. F. Wulandari, L. Caesariano, Murtiadi, and Y. Bastian, “Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum Kehutanan di Masa Pandemi Covid-19,” J. Media Penyiaran, vol. 01, no. 01, pp. 9–15, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/389.

M. Achyarsyah, R. A. Rubini, and H. Hendrayati, “Strategi Peningkatan Kunjungan Museum Di Era Covid-19 Melalui Virtual Museum Nasional Indonesia,” Image J. Ris. Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 20–33, 2020, doi: 10.17509/image.v9i1.25178.

M. Z. Bogor, “Museum Zoologicum Bogoriense Museum Zoologi Bogor.”

A. Dedi Jubaedi, S. Dwiyatno, and Sulistiyono, “Implementasi Teknologi Virtual Tour Pada Museum,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 70–77, 2020, doi: 10.30656/jsii.v7i2.2469.

Z. Syahrial and A. Suparman, “Jurnal Internasional Multikultural dan Pemahaman Multireligius Museum Virtual : Materi Pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia,” pp. 51–60, 2017.

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual