PERANCANGAN BUKU ESSAY FOTOGRAFI WISATA HIDDEN GEM BUMI PERKEMAHAN RANCACANGKUANG DI KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Ananda Nabila Yahya Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Agus Rachmat Mulyana Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Ramlan Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

tourism, photography, information, promotion, nature tourism, pariwisata, fotografi, media, informasi, promosi, wisata alam

Abstract

The design of information media as well as promotion for tourism in Indonesia is very much needed, so that it is better known by the wider community. So that if a tourism has been achieved by many people, it will increase the number of tourist visitors. To fulfill this, tourism promotion activities must be carried out using the media to add to the tourist information. Promotion is a very important activity in the marketing process, promotional activities not only function as a communication tool, but also as a tool to influence tourists. Understanding according to Tjiptono is one of the determinants of the success of a marketing program, according to Muslichah promotion is a marketing activity by disseminating information, influencing, and persuading or increasing the target market for the company.
Keywords: tourism, photography, media, information, promotion, nature tourism

ABSTRAK
Perancangan media informasi sekaligus promosi untuk pariwisata di Indonesia sangat dibutuhkan, supaya lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga jika sebuah pariwisata sudah dijangkau oleh banyak masyarakat pastinya akan meningkatkan jumlah pengunjung terhadap wisata tersebut. Untuk bias memenuhi hal itu, maka harus dilakukan kegiatan promosi wisata dengan menggunakan media untuk menambah informasi wisata tersebut. Promosi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pemasaran, kegiatan promosi bukan hanya befungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi wisatawan. Pengertian promosi menurut Tjiptono merupakan salah satu penentu keberhasilan dari program pemasaran, menurut Muslichah promosi adalah sebuah kegiatan pemasaran dengan cara menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan membujuk atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan.
Kata kunci: pariwisata, fotografi, media, informasi, promosi, wisata alam

References

Anom, A. S., & Revias Purwa Kusuma, M. (2019). Pengungkapan Estetika Fotografi

“Instagramable” Di Era Pariwisata Destinasi Digital. Mudra Jurnal Seni Budaya,

(3), 319–324. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.787

Jodi, T. S., & Adriyanto, A. R. (2018). Perancangan Buku Fotografi Pariwisata Daerah Kabupaten Kebumen. In … of Art &...................................... telkomuniversity.ac.id. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesi

gn/article/viewFile/7452/7341

Mukhlis, H. (2015). Pahami Remaja Generasi-Z. In AF Magazine. November. Nuryadi ;

Tutut Dewi Astuti. (2017). Dasar - Dasar Statistik Penelitian. Si Buku Media.

Prasetyo, D. B., Banindro, B. S., &.............. (2018). Perancangan Buku Fotografi

Keindahan Alam Pantai Ora, Maluku Tengah Dengan Teknik Fotografi Panorama.

Jurnal DKV …. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7218

Samsu, S. (2017). METODE PENELITIAN:(TEORI DAN APLIKASI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, MIXED METHODS, SERTA RESEARCH &

DEVELOPMENT). repository.uinjambi.ac.id. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/468

Sanni, M. I., Dian, Y., & Ramdhan, R. (2016). Pemanfaatan Angle Fotografi Pada Foto Dokumentasi. In CICES (Vol. 2, Issue 1, pp. 24–31). iLearning Journal Center.

https://doi.org/10.33050/cices.v2i1.189

Sapta, I., Setia, K., & Landra, N. (2018). Bisnis Pariwisata. In Bali: CV. Noah Aletheia.

SEMIAWAN, C. R. (2010). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BOOKS.GOOGLE.COM.

HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=DSPALXUGUCUC&OI=FND

&PG=PA2&DQ=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&OTS=_ZS5DYHLPY&SIG=UOPV

W80GUHBUS5YWVRYF1F7UOHW

Seni, F., & Kristen, U. (n.d.). Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual. 47–54.

Setiawan, R., & Ag, S. (2015). Estetika Fotografi. Research Report Humanities and Social

Science, 1(8), 10–11.

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah pariwisata: menuju

perkembangan pariwisata Indonesia. books.google.com.

https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EfYlDwAAQBAJ&oi=fnd&

pg=PR1&dq=sejarah+pariwisata&ots=vd56_kzYr5&sig=m_skHZCOUQXH mrAIpDih-

WfEcM

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. In Jakarta: FKIP

UHAMKA.

SIYOTO, S., & SODIK, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. BOOKS.GOOGLE.COM.

HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=QPHFDWAAQBAJ&OI=FND

&PG=PR3&DQ=DASAR+METODOLOGI+PENELITIAN&OTS=ICZRRGUD3E&SIG=FX_BV

GBXKOXGKS-7KAS50WMNYS4

Suryana, A. (n.d.). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. In

pustaka.ut.ac.id. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/

uploads/pdfmk/SKOM432603-M1.pdf

Wa, P., Anatol, K. W. E., & Brembeck, W. (1986). KOMUNIKASI PERSUASIF

Priyandono WA Staf Pengajar Fisip Unisri. 1.

Wardoyo, P. (2011). Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang University Press ….

WIDYA, L. A. D., & DARMAWAN, A. J. (2016). PENGANTAR DESAIN GRAFIS. INSEMIAWAN, C. R. (2010). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BOOKS.GOOGLE.COM.

HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=DSPALXUGUCUC&OI=FND

&PG=PA2&DQ=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&OTS=_ZS5DYHLPY&SIG=UOPV

W80GUHBUS5YWVRYF1F7UOHW

Seni, F., & Kristen, U. (n.d.). Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual. 47–54.

Setiawan, R., & Ag, S. (2015). Estetika Fotografi. Research Report Humanities and Social

Science, 1(8), 10–11.

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah pariwisata: menuju

perkembangan pariwisata Indonesia. books.google.com.

https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EfYlDwAAQBAJ&oi=fnd&

pg=PR1&dq=sejarah+pariwisata&ots=vd56_kzYr5&sig=m_skHZCOUQXH mrAIpDih-

WfEcM

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. In Jakarta: FKIP

UHAMKA.

SIYOTO, S., & SODIK, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. BOOKS.GOOGLE.COM.

HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=QPHFDWAAQBAJ&OI=FND

&PG=PR3&DQ=DASAR+METODOLOGI+PENELITIAN&OTS=ICZRRGUD3E&SIG=FX_BV

GBXKOXGKS-7KAS50WMNYS4

Suryana, A. (n.d.). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. In

pustaka.ut.ac.id. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/

uploads/pdfmk/SKOM432603-M1.pdf

Wa, P., Anatol, K. W. E., & Brembeck, W. (1986). KOMUNIKASI PERSUASIF

Priyandono WA Staf Pengajar Fisip Unisri. 1.

Wardoyo, P. (2011). Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang University Press ….

WIDYA, L. A. D., & DARMAWAN, A. J. (2016). PENGANTAR DESAIN GRAFIS. IN

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

2022 Desain Komunikasi Visual