PERANCANGAN BUKU ESSAY FOTOGRAFI WISATA HIDDEN GEM BUMI PERKEMAHAN RANCACANGKUANG DI KABUPATEN BANDUNG
Keywords:
tourism, photography, information, promotion, nature tourism, pariwisata, fotografi, media, informasi, promosi, wisata alamAbstract
The design of information media as well as promotion for tourism in Indonesia is very much needed, so that it is better known by the wider community. So that if a tourism has been achieved by many people, it will increase the number of tourist visitors. To fulfill this, tourism promotion activities must be carried out using the media to add to the tourist information. Promotion is a very important activity in the marketing process, promotional activities not only function as a communication tool, but also as a tool to influence tourists. Understanding according to Tjiptono is one of the determinants of the success of a marketing program, according to Muslichah promotion is a marketing activity by disseminating information, influencing, and persuading or increasing the target market for the company.
Keywords: tourism, photography, media, information, promotion, nature tourism
ABSTRAK
Perancangan media informasi sekaligus promosi untuk pariwisata di Indonesia sangat dibutuhkan, supaya lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga jika sebuah pariwisata sudah dijangkau oleh banyak masyarakat pastinya akan meningkatkan jumlah pengunjung terhadap wisata tersebut. Untuk bias memenuhi hal itu, maka harus dilakukan kegiatan promosi wisata dengan menggunakan media untuk menambah informasi wisata tersebut. Promosi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pemasaran, kegiatan promosi bukan hanya befungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi wisatawan. Pengertian promosi menurut Tjiptono merupakan salah satu penentu keberhasilan dari program pemasaran, menurut Muslichah promosi adalah sebuah kegiatan pemasaran dengan cara menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan membujuk atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan.
Kata kunci: pariwisata, fotografi, media, informasi, promosi, wisata alam
References
Anom, A. S., & Revias Purwa Kusuma, M. (2019). Pengungkapan Estetika Fotografi
“Instagramable” Di Era Pariwisata Destinasi Digital. Mudra Jurnal Seni Budaya,
(3), 319–324. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.787
Jodi, T. S., & Adriyanto, A. R. (2018). Perancangan Buku Fotografi Pariwisata Daerah Kabupaten Kebumen. In … of Art &...................................... telkomuniversity.ac.id. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesi
gn/article/viewFile/7452/7341
Mukhlis, H. (2015). Pahami Remaja Generasi-Z. In AF Magazine. November. Nuryadi ;
Tutut Dewi Astuti. (2017). Dasar - Dasar Statistik Penelitian. Si Buku Media.
Prasetyo, D. B., Banindro, B. S., &.............. (2018). Perancangan Buku Fotografi
Keindahan Alam Pantai Ora, Maluku Tengah Dengan Teknik Fotografi Panorama.
Jurnal DKV …. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7218
Samsu, S. (2017). METODE PENELITIAN:(TEORI DAN APLIKASI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, MIXED METHODS, SERTA RESEARCH &
DEVELOPMENT). repository.uinjambi.ac.id. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/468
Sanni, M. I., Dian, Y., & Ramdhan, R. (2016). Pemanfaatan Angle Fotografi Pada Foto Dokumentasi. In CICES (Vol. 2, Issue 1, pp. 24–31). iLearning Journal Center.
https://doi.org/10.33050/cices.v2i1.189
Sapta, I., Setia, K., & Landra, N. (2018). Bisnis Pariwisata. In Bali: CV. Noah Aletheia.
SEMIAWAN, C. R. (2010). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BOOKS.GOOGLE.COM.
HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=DSPALXUGUCUC&OI=FND
&PG=PA2&DQ=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&OTS=_ZS5DYHLPY&SIG=UOPV
W80GUHBUS5YWVRYF1F7UOHW
Seni, F., & Kristen, U. (n.d.). Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual. 47–54.
Setiawan, R., & Ag, S. (2015). Estetika Fotografi. Research Report Humanities and Social
Science, 1(8), 10–11.
Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah pariwisata: menuju
perkembangan pariwisata Indonesia. books.google.com.
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EfYlDwAAQBAJ&oi=fnd&
pg=PR1&dq=sejarah+pariwisata&ots=vd56_kzYr5&sig=m_skHZCOUQXH mrAIpDih-
WfEcM
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. In Jakarta: FKIP
UHAMKA.
SIYOTO, S., & SODIK, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. BOOKS.GOOGLE.COM.
HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=QPHFDWAAQBAJ&OI=FND
&PG=PR3&DQ=DASAR+METODOLOGI+PENELITIAN&OTS=ICZRRGUD3E&SIG=FX_BV
GBXKOXGKS-7KAS50WMNYS4
Suryana, A. (n.d.). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. In
pustaka.ut.ac.id. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/
uploads/pdfmk/SKOM432603-M1.pdf
Wa, P., Anatol, K. W. E., & Brembeck, W. (1986). KOMUNIKASI PERSUASIF
Priyandono WA Staf Pengajar Fisip Unisri. 1.
Wardoyo, P. (2011). Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang University Press ….
WIDYA, L. A. D., & DARMAWAN, A. J. (2016). PENGANTAR DESAIN GRAFIS. INSEMIAWAN, C. R. (2010). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BOOKS.GOOGLE.COM.
HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=DSPALXUGUCUC&OI=FND
&PG=PA2&DQ=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&OTS=_ZS5DYHLPY&SIG=UOPV
W80GUHBUS5YWVRYF1F7UOHW
Seni, F., & Kristen, U. (n.d.). Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual. 47–54.
Setiawan, R., & Ag, S. (2015). Estetika Fotografi. Research Report Humanities and Social
Science, 1(8), 10–11.
Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah pariwisata: menuju
perkembangan pariwisata Indonesia. books.google.com.
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EfYlDwAAQBAJ&oi=fnd&
pg=PR1&dq=sejarah+pariwisata&ots=vd56_kzYr5&sig=m_skHZCOUQXH mrAIpDih-
WfEcM
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. In Jakarta: FKIP
UHAMKA.
SIYOTO, S., & SODIK, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. BOOKS.GOOGLE.COM.
HTTPS://BOOKS.GOOGLE.COM/BOOKS?HL=EN&LR=&ID=QPHFDWAAQBAJ&OI=FND
&PG=PR3&DQ=DASAR+METODOLOGI+PENELITIAN&OTS=ICZRRGUD3E&SIG=FX_BV
GBXKOXGKS-7KAS50WMNYS4
Suryana, A. (n.d.). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. In
pustaka.ut.ac.id. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/
uploads/pdfmk/SKOM432603-M1.pdf
Wa, P., Anatol, K. W. E., & Brembeck, W. (1986). KOMUNIKASI PERSUASIF
Priyandono WA Staf Pengajar Fisip Unisri. 1.
Wardoyo, P. (2011). Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang University Press ….
WIDYA, L. A. D., & DARMAWAN, A. J. (2016). PENGANTAR DESAIN GRAFIS. IN