PENERAPAN ARSITEKTUR KONTEMPORER DENGAN BIOMORPHIC FORMS AND PATTERN PADA PERANCANGAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK

Authors

  • Liani Aprillia
  • Nurtati Soewarno

Keywords:

Rumah Sakit Ibu dan Anak, Arsitektur Kontemporer, Biomorphic Forms and Pattern

Abstract

Abstrak
Kenyamanan pengguna baik dari segi fisik maupun psikologis perlu diperhatikan pada perancangan bangunan. Hal tersebut juga perlu diperhatikan dalam merancang Rumah Sakit Ibu dan Anak, agar mengurangi kesan kaku dan menakutkan pada bangunan. Oleh karena itu Rumah Sakit Ibu dan Anak “Alaia” ini dirancang dengan konsep Arsitektur Kontemporer yang memiliki prinsip bentuk yang dinamis dan ekspresif untuk menghilangkan kesan kaku pada bangunan. Metode yang digunakan dalam penerapan Arsitektur Kontemporer pada Rumah Sakit Ibu dan Anak “Alaia” yaitu deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data-data mengenai Arsitektur Kontemporer yang kemudian diterapkan pada bangunan. Arsitektur Kontemporer yang diterapkan dipadukan dengan Biomorphic Forms and Pattern dalam mengaplikasikan prinsip menyatu dengan alam melalui bentuk. Biomorphic Forms and Pattern diaplikasikan pada bentuk secondary skin yang menyerupai sarang lebah. Arsitektur Kontemporer pada bangunan ini diterapkan pada bentuk bangunan dengan menggunakan unsur lengkung pada bangunan, menerapkan bukaan yang besar dengan menggunakan curtain wall, dan penggunaan warna netral pada secondary skin serta adanya warna kontras pada secondary skin dengan bentuk kisi-kisi. Penggunaan secondary skin dapat berfungsi sebagai estetika dan mengurangi cahaya matahari yang berlebih pada bangunan. Memberikan kesan dinamis dan ekspresif dengan menerapkan Arsitektur Kontemporer pada bangunan diharapkan dapat mengurangi ketakutan anak terhadap lingkungan fisik Rumah Sakit.
Kata Kunci: Rumah Sakit Ibu dan Anak, Arsitektur Kontemporer, Biomorphic Forms and Pattern

Abstract
User comfort both in terms of physical and psychological needs to be considered in building design. This also needs to be considered in designing the Mother and Child Hospital, in order to reduce the stiff and scary impression on building. Therefore, “Alaia” Mother and Child is designed with Contemporary Architecture which has dynamic and expressive principle. The method used in the application of Contemporary Architecture at “Alaia” Mother and Child Hospital is descriptive qualitative with collect data on Contemporary Architecture and then applied to building. Contemporary Architecture is combined with biomorphic Forms and Patterns in applying the principle of blending with nature through forms. Biomorphic Forms and Pattern are applied to the secondary skin that resamles a honeycomb. Contemporary Architecture in this building is applied to the shape of the building using curved elements, applying large opening with curtain wall, and using neutral colors on the secondary skin as well as contrasting colors on the secondary skin with a lattice shape. The application of secondary skin can serve an aesthetic and reduce excessive sunlight on building. Giving a dynamic and expressive impression by applying Contemporary Architecture to the building is expected to reduce children’s fear of the hospital physical environment.
Keywords: Mother and Child Hospital, Contemporary Architecture, Biomorphic Forms and Pattern

References

Y. Supartini, Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC, 2004.

D. E. K. Gunawan and R. Prijadi, “REAKTUALISASI RAGAM ART DECO DALAM ARSITEKTUR KONTEMPORER,” vol. 8, no. 1, p. 14, 2011.

E. Tsanisa, “Arsitektur Kontemporer,” 2015.

Terrapin Bright Green, “14 Patterns of Biophilic Design,” Sep. 12, 2014. http://www.terrapinbrightgreen.com/reports/14-patterns-of-biophilic-design/ (accessed Apr. 25, 2022).

T. N. G. Rasikha, “ARSITEKTUR ORGANIK KONTEMPORER,” p. 103, 2009.

B. Irawan and P. Tamara, Dasar-Dasar Desain. GRIYA KREASI, 2013.

R. W. Pratama and E. Marlinna, “PENERAPAN KARAKTERISTIK ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA PERANCANGAN PUSAT PELATIHAN SEPAK BOLA PSS SLEMAN,” PURWARUPA Jurnal Arsitektur, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2020.

A. Muis, “PERHITUNGAN STRUKTUR BETON BERTULANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PERKULIAHAN FAPERTA UNIVERSITAS MULAWARMAN,” p. 12, 2013.

Y. F. Gunawan and T. E. Darmayanti, “Pengaruh Warna terhadap Psikologi User di ZEN Family Spa & Reflexology Bandung,” p. 15, 2022.

N. S. Mantiri, “PERENCANAAN PONDASI BORED PILE DAN METODE PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG RSJ PROF DR. V.L. RATMBUYSANG MANADO,” p. 122, 2015.

Downloads

Published

2022-10-25

Issue

Section

2022 Arsitektur