PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR NEO-VERNACULAR PADA PERANCANGAN ISLAMIC CENTRE DI KABUPATEN SAMBAS

Authors

  • Rizky Mi’raj Furadana
  • Utami

Keywords:

Arsitektur Neo Vernakular, Islamic Centre, Kalimantan Barat

Abstract

ABSTRAK
Kabupaten Sambas merupakan salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas merupakan kabupaten yang masih kental dengan budaya kesultanannya dikarenakan pada sejarahnya dahulu pernah berdiri sebuah Kesultanan Sambas, bahkan di Kabupaten Sambas terdapat sebuah masjid tertua di Kalimantan Barat yang bernama Masjid Jami Kesultanan Sambas. Konon awal mula menyebarnya ajaran agama islam ke seluruh wilayah Kabupaten Sambas berawal dari Masjid Kesultanan Sambas tersebut. Maka dengan demikian untuk dapat mempertahankan sebuah culture atau identitas yang sudah ada sejak
dahulu tersebut diperlukan sebuah fasilitas sebagai sarana dan kontribusi bagi pemahaman ilmu agama Islam yang lebih mendalam, salah satu fasilitas yang dibutuhkan yaitu sebuah Islamic Centre. Pendekatan perancangan Islamic Centre ini menggunakan tema Arsitektur Neo Vernakular, mengingat Provinsi Kalimantan ini memiliki kekayaan lokal berupa arsitektur lokal. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan implementasi tema Arsitektur Neo Vernakular pada perancangan Islamic Centre ini yaitu pada elemen modern yang dapat terlihat pada beberapa bagian eksterior, interior dan juga beberapa bagian bangunan yang
mengacu pada arsitektur tradisional suku dayak yang digabungkan dengan arsitektur modern. Diharapkan dengan penerapan Arsitektur Neo Vernakular pada perancangan Islamic Centre di Kabupaten Sambas ini dapat menjadi sebuah upaya dalam melestarikan arsitektur lokal Kalimantan dan memiliki kontekstual dengan lingkungan.
Kata kunci: Arsitektur Neo Vernakular, Islamic Centre, Kalimantan Barat

ABSTRACT
Sambas Regency is one of the regencies located in West Kalimantan Province. Sambas Regency is a regency that is still thick with the culture of its sultanate because in its history there was once a Sambas Sultanate, even in Sambas Regency there is an oldest mosque in West Kalimantan called the Jami Mosque of the Sambas Sultanate. It is said that the beginning of the spread of Islamic religious teachings throughout the Sambas Regency began with the Sambas Sultanate Mosque. Thus, to be able to maintain a culture or identity that has existed for a long time, a facility is needed as a means and contribution to a deeper understanding of Islamic science, one of the facilities needed is an Islamic Center. This Islamic Center design approach uses the theme of Neo Vernacular Architecture, considering that Kalimantan Province has local wealth in the form of local architecture. The method used is a qualitative descriptive method with the implementation of the theme of Neo Vernacular Architecture in the design of this Islamic Center, namely in modern elements that can be seen in several parts of the exterior, interior and also some parts of the building that refer to the traditional architecture of the Dayak tribe combined with modern architecture. It is hoped that the application of Neo Vernacular Architecture to the design of the Islamic Center in Sambas Regency can be an effort to preserve the local architecture of Kalimantan and have contextual with the environment.
Keywords: Neo Vernacular Architecture, Islamic Centre, West Kalimantan

References

A. Aslan, N. T. P. Sihaloho, I. H. Nugraha, B. Karyanto, and Z. Zakaria, “Paradigma Baru Tradisi

â€oeAntar Ajung†Pada Masyarakat Paloh, Kabupaten Sambas,” IBDA` J. Kaji. Islam dan

Budaya, vol. 18, no. 1, pp. 87–103, 2020, doi: 10.24090/ibda.v18i1.3354.

B. S. dan P. D. K. Sambas, “Jumlah Penduduk Kabupaten Sambas,” 2020, [Online]. Available:

http://data.kalbarprov.go.id/dataset/jumlah-penduduk-kabupaten-sambas-menurut-agama

Ahmad Sirojuddin, “Masjid Jami Kesultanan Sambas”, [Online]. Available:

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/masjid-jami-kesultanan-sambas-masjid-tertua-dikalimantan-

barat/

E. Dermawanto, A. D. Susanti, and M. Mandaka, “YOGYAKARTA ISLAMIC CENTER,” vol. 6,

no. 2, pp. 39–46, 2020.

Wikipedia, “Pengertian Masjid,” 2022, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid

Adama Khadafi, “Perancangan Ruang Sebaguna di Tenggarong, Kutai Kartanegara,” 2012,

[Online]. Available: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/3917

M. Muslimin, “Pasar Festival Budaya di kabupaten Takalar,” 2017, [Online]. Available:

https://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12047%0Ahttps://repositori.uinalauddin.

ac.id/12047/1/MARWATI MUSLIMIN.pdf

C. Widi and L. Prayogi, “Penerapan Arsitektur Neo-Vernakular pada Bangunan Buday dan

Hiburan,” J. Arsit. Zo., vol. 3, no. 3, pp. 282–290, 2020, doi: 10.17509/jaz.v3i3.23761.

C. V. V Basna, “Kantor Gubernur Papua Barat Daya Di Kota Sorong „ Arsitektur Neo Vern Ac

Ular ,‟” pp. 106–111, 2011.

A. Studio, “Pengertian Arsitektur Neo Vernakular, Ciri-ciri, Prinsip dan Contohnya,” 2020,

[Online]. Available: https://www.arsitur.com/2017/11/pengertian-arsitektur-neo-vernakular.html

Downloads

Published

2022-10-25

Issue

Section

2022 Arsitektur