PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR INDUSTRIAL PADA RANCANGAN SORA NO HOSHI MOTHER CHILD HOSPITAL

Authors

  • Farhan Sa’adilah Munawar
  • Theresia Pynkyawati

Keywords:

Summarecon Bandung, GedeBage, Arsitektur Industrial, Rumah Sakit, Kesehatan

Abstract

ABSTRAK
Summarecon Bandung merupakan wilayah Permukiman yang berlokasi di Gedebage kota Bandung, berlokasi di daerah Gedebage yang dikenal dengan Kawasan industry nya yang memfokuskan ke dalam jasa pengantaran barang-barang hasil bumi dan sebagai nya.penerapan gaya industrial pada rancangan rumah sakit di dasari oleh bangunan pabrik-pabrik yang berada di daerah gedebage, bangunan pabrik tersebut memiliki warna yang gelap dan bangunan pabrik itu pun menyebar di daerah gedebage di sekitar Summarecon,serta fasilitas kesehatan seperti rumah sakit pun belum ada di Kawasan Summarecon Bandung dan harus menuju ke jalan Soekarno-Hatta untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit, rancangan rumah sakit ini bertujuan untuk membuka fasilitas kesehatan untuk masyarakat di summarecon dan sekitar nya, serta menghilangkan kesan menyeramkan dari rumah sakit dengan penerapan arsitektur industrial.Untuk merancang rumah sakit dengan pendekatan gaya industrial dengan cara pendekatan dengan penampilan bangunan pabrik yang ada di sekitar Gedebage dan mengimplementasikan nya kedalam design rumah sakit,hasil rancangan rumah sakit berupa penerapan beberapa elemen industrial di beberapa komponen bangunan seperti di beberapa area landscape, penerapan warna pada fasad exterior dan interior dan beberapa furniture di beberapa area yang menggunakan bahan unfurnished, dan penggunaan bahan daur ulang sepeti kursi taman yang berada di area landscape.
Kata kunci: Summarecon Bandung,GedeBage, Arsitektur Industrial, Rumah Sakit, Kesehatan

ABSTRACT
Summarecon Bandung is a residential area located in Gedebage, Bandung city, located in the Gedebage area which is known for its industrial area which focuses on delivering agricultural goods and so on. The application of industrial style in hospital design is based on factory buildings. The factory is located in the gedebage area, the factory building has a dark color and the factory building has spread in the gedebage area around Summarecon, and health facilities such as hospitals do not yet exist in the Summarecon area of Bandung and have to go to Soekarno
-Hatta road to get services in hospitals, the design of this hospital aims to open health facilities forthe community in summarecon and its surroundings, as well as eliminate the scary impression ofthe hospital by applying industrial architecture. To design a hospital with an industrial styleapproach by approaching the appearance of a factory building around Gedebage and implementit into the design of the hospital, the results of the hospital design are the application of severalindustrial elements in several building components such as in some landscape areas, theapplication of color on the exterior and interior facades and some furniture in some areas thatuse unfurnished materials, and the use of recycled materials such as garden chairs in thelandscape area.
Keywords: Summarecon Bandung, GedeBage, Industrial Architecture, Hospital, Health

References

A. Budiyanto, GEDEBAGE DALAM ANGKA 2021. BPS-Statistics of Bandung City.

M. A. F. S, “Sejarah Gedebage, Daerah Pengangkutan Barang sejak Zaman Kolonial,” Terminal Mojok, Dec. 02, 2021. https://mojok.co/terminal/sejarah-gedebage/ (accessed Aug. 21, 2022).

“Kamus Indonesia-Jepang online gratis.” https://www.17-minute-languages.com/id/kamus-bahasa- jepang/ (accessed Aug. 21, 2022).

P. S. Pangkey, P. Puspitasari, and D. Rosnarti, “MATERIAL INDUSTRIAL HIJAU PADA PERANCANGAN FASAD BANGUNAN ARSITEKTUR,” p. 7, 2022.

L. N. Hamdani and D. Hantono, “KAJIAN ARSITEKTUR INDUSTRIAL PADA BANGUNAN HOTEL (STUDI KASUS: CHARA HOTEL, BANDUNG),” MODUL, vol. 21, no. 1, pp. 21–28, Apr. 2021, doi: 10.14710/mdl.21.2.2021.21-28.

“Desain Arsitektur Modern: Sejarah, Ciri Khas, dan Prinsipnya,” Rumah.com. https://www.rumah.com/panduan-properti/arsitektur-modern-40999 (accessed Aug. 20, 2022).

“5 Ciri Khas Desain Industrial yang Harus Anda Tahu.” Accessed: Aug. 20, 2022. [Online].

Available: https://www.aca.co.id/Info-Asuransi-Detail/Ciri-Khas-Desain-Industrial

A. Velishya, “Apa itu Warna Monokrom? Warna Ini Bisa Buat Rumah Tampak Elegan,” Pinhome, Dec. 13, 2021. https://www.pinhome.id/blog/warna-monokrom/ (accessed Sep. 05, 2022).

R. B. S. Kp, “PENGARUH WARNA TERHADAP KAMAR TIDUR ANAK,” p. 12.

“Mengenal Konsep Ekspos Material, Ini Syarat yang Harus Dilakukan - Semua Halaman - iDEA.” https://idea.grid.id/read/09945830/mengenal-konsep-ekspos-material-ini-syarat-yang-harus-dilakukan (accessed Sep. 05, 2022).

D. Y. Putri and R. Suhartini, “UPCYCLE BUSANA CASUAL SEBAGAI PEMANFAATAN PAKAIAN BEKAS,” vol. 07, p. 11, 2018.

Downloads

Published

2022-10-25

Issue

Section

2022 Arsitektur