PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA PERENCANAAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ALTHEA HOSPITAL BANDUNG

Authors

  • Tasya Cantika
  • Dwi Kustianingrum

Keywords:

Rumah Sakit Ibu dan Anak, Pelayanan, Arsitektur Modern, Fungsi, Efesiensi

Abstract

ABSTRAK
Rumah Sakit Ibu dan Anak merupakan sebuah layanan bagi masyarakat pada bidang kesehatan yang perlu diperhatikan khususnya di kota besar seperti Kota Bandung. Pada kawasan BandungTimur keberadaan Rumah Sakit Ibu dan Anak dirasa kurang karena hanya terdapat beberapa rumah sakit ibu dan anak, sehingga jangkauan fasilitas pelayanan kesehatan sangat jauh bagi masyarakat. Oleh karena itu akan dirancang Althea Hospital di daerah Bandung Timur dengan fasilitas pelayanan pra kehamilan, persalinan, perawatan ibu dan anak, tumbuh kembang anak,imunisasi, program KB (Keluarga Berencana) serta masalah kandungan, kebidanan hingga konsultasi mengenai reproduksi. Pertimbangan desain yang perlu diperhatikan pada rumah sakit salah satunya adalah keefesiensian ruang dan kecepatan akses pada beberapa aktifitas seperti kegiatan darurat. Perancangan Althea Hospital ini akan menerapkan konsep Arsitektur Modern.Arsitektur modern adalah sebuah konsep desain yang mengutamakan fungsi di dalam bangunan.Penerapan Arsitektur modern pada bangunan rumah sakit dikhususnya pada bentuk bangunan dan ruang dalam yang efesien. Implementasi tema selain pada bentuk bangunan, juga pada material fasad dengan menggunakan material terbaru atau material khas dari arsitektur moderncontohnya kaca yang akan mendominasi pada fasad dengan penambahan secondary skin sebagai penegas garis garis vertikal-horizontal pada fasad. Dengan menerapkan arsitektur modern diharapkan secara visual dan fungsional Althea Hospital dapat mewujudkan rumah sakit dengan suasana yang modern/kekinian.
Kata Kunci: Rumah Sakit Ibu dan Anak,Pelayanan, Arsitektur Modern, Fungsi, Efesiensi

ABSTRACT
Mother and Child Hospital is a service for the community in the health sector that needs attention,especially in big cities like Bandung City. In the East Bandung area, the presence of a Mother and Child Hospital is felt to be lacking because there are only a few maternal and child hospitals,so that the reach of health care facilities is very far for the community. Therefore, Althea Hospital will be designed in the East Bandung area with facilities for pre-pregnancy, delivery, maternal and child care, child development, immunization, family planning (KB) programs as well as obstetrics, midwifery and reproductive consultations. One of the design considerations that needto be considered in hospitals is space efficiency and speed of access to several activities such as emergency activities. Althea Hospital design will apply the concept of Modern Architecture.Modern architecture is a design concept that prioritizes functions in buildings. The application of modern architecture in hospital buildings, especially in the form of buildings and efficient interior spaces. Implementation of the theme in addition to the shape of the building, also on thefacade material by using the latest materials or materials typical of modern architecture, for example glass that will dominate the facade with the addition of a secondary skin as a confirmation of the vertical-horizontal lines on the facade. By applying modern architecture, it is hoped that visually and functionally Althea Hospital can create a hospital with a modern feels.
Keywords: Mother and Child Hospital,Services, Architecture Modern, Function, effeciency

References

Versi-4-Profil-Kesehatan-Kota-Bandung-Tahun-2020 [Diakses:30 Agustus 2022]

Arlin Shela Maylisa (2011). “Perpustakaan Kota (Urban Library) di Semarang

Gian Wahyu Riyadi, Lily Mauliani, Yeptadian Sari (2019). “Penerapan Arsitektur Modern Pada Bangunan Singapore Polytechnic di Tangerang”

Muhammad Rizal Teguh Tri Wicaksono, Lutfi Prayogi(2020). “Kajian Arsitektur Modern”

Melani Cahyani, Yeptadian Sari (2020). “Kajian Arsitektur Modern Pada BAngunan Pusat Mode”

Tanyong, Reno F ernando. (2018). “RELOKASI PKL KAWASAN SARITO SEMARANG.” Other thesis : Unika Soegijapranata Semarang

Hilmi M. Furqon, Giea p. Verli Aldi S, Rickardo Pc(2015) . “Aplikasi Material pada Bangunan Modern DItinjau dari Estetika Fasade”

Permenkes No.3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

V F Agung Langgeng Prasetyo (2015). “Pusat Olahraga Papan Luncur Skate Boarding Center di Yogyakarta

Hendy C. Indrani (2004). “ Perancangan Suasana Hangat Pada Interior Hunian Modern”

Downloads

Published

2022-10-25

Issue

Section

2022 Arsitektur