DESAIN PERHIASAN KERAMIK DENGAN INSPIRASI BUNGA RAFFLESIA PATMA KHAS JAWA BARAT UNTUK WANITA DEWASA AWAL

Authors

  • Maevara Audrey Saraswati Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional
  • Sulistyo Setiawan Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

jewelry design, ceramic industry’s, ceramic, rafflesia patma, desain perhiasan, peluang industri keramik

Abstract

ABSTRAK
Perancangan yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah desain produk perhiasan dengan material utama keramik stoneware. Perhiasan ditujukan untuk wanita berkarakteristik independen dengan inspirasi bunga Rafflesia patma sebagai salah satu peluang industri keramik dalam bersaing bersama industri sejenis maupun industri perhiasan lainnya. Hal ini dilatari oleh adanya peluang industri nonperhiasan untuk menghasilkan produk perhiasan, terutama industri yang memiliki material nonumum seperti keramik. Oleh karena itu, ditemukan peluang bagi industri keramik untuk mengembangkan produk perhiasan, dikarenakan perhiasan keramik yang diperdagangkan di pasaran masih tergolong sedikit. Fokus dari penelitian ini adalah kesesuaian produk perhiasan dengan pengguna yaitu wanita dewasa awal berusia 21 – 30 tahun. Pada pelaksanaannya ditemukan sebuah kebaruan produk perhiasan keramik dengan bentuk yang terinspirasi dari bunga endemik khas Jawa Barat yaitu Rafflesia patma. Selain itu perhiasan keramik didesain dengan memperhatikan unsur ergonomi penggunanya, sehingga perhiasan mudah dan nyaman untuk digunakan. Metode perancangan yang digunakan ialah pendekatan semantik rupa pada unsur visual yang dimiliki oleh bunga Rafflesia patma. Akhir penelitian tersebut adalah perhiasan keramik dapat menjadi salah satu peluang bagi industri untuk mengembangkan variasi produk seiring dengan terus berkembangnya industri perhiasan.

 

ABSTRACT
The design has the aim to produce a jewelry design with stoneware ceramic as the main material. Jewelry is intended for independent woman with the inspiration of Rafflesia patma flowers as one of the ceramic industry opportunities in competing with similar industries and other jewelry industries. This is caused by the opportunity of the non-ordged industry to produce jewelry products, especially industries that have unusual materials such as ceramics. There are opportunities for the ceramics industry to develop jewelry products because ceramic jewelry traded on the market is still relatively few. The focus of this study is the suitability of jewelry products with users, namely early adult women aged 21 - 30 years. In the implementation found a novelty ceramic jewelry products with a shape inspired by endemic flowers typical of West Java, namely Rafflesia patma. In addition, ceramic jewelry is designed with the user ergonomics in mind, making jewelry easy and comfortable to use. The design method used is a semantic approach to the visual elements possessed by Rafflesia patma flowers. The end of the research is that ceramic jewelry can be one of the opportunities for the industry to develop product variations along with the continued development of the jewelry industry.

References

Batista, C. (2016, July 5). Human Factors In The Earrings Design. 11th EAD Conference Proceedings: The Value of Design Research. European Academy of Design Conference Proceedings 2015.

https://doi.org/10.7190/ead/2015/49

Biologi konservasi rafflesia (Cetakan pertama). (2017). LIPI Press.

Dauriz, L., Remy, N., & Tochtermann, T. (n.d.). The jewelry industry in 2020. 6.

Hapsari, A. D., & Iqbal, M. (n.d.). ANALISIS SEGMENTASI PASAR FASHION WANITA BERDASARKAN MOTIF PEMBELIAN DAN SHOPPING LIFESTYLE. 9.

Hendranto, D. W. (2019). Logam Perhiasan Sebagai Ekspresi Seni Kontemporer. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 7(1). https://doi.org/10.36806/jsrw.v7i1.66

Institute of Ergonomics & Human Factors. (n.d.). Contemporary ergonomics and human factors 2010 (M. Anderson, Ed.).

Kardin, T. A., Yana, D., & Sn, S. (n.d.). BATUAN AGATE SEBAGAI INSPIRASI PADA PERHIASAN KERAMIK MENGGUNAKAN KOMBINASI MATERIAL LOGAM DENGAN TEKNIK. 2012, 9.

Putri, M. N., & Ismail, D. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI LASER CUTTING DALAM PROSES PERANCANGAN PERHIASAN BERBAHAN AKRILIK LEMBARAN DENGAN PENDEKATAN EKSPLORASI BENTUK. 02, 10.

Umami, M. K. (2017). PENGUKURAN ANTROPOMETRI UNTUK DESAIN PERALATAN YANG TERKAIT DENGAN TELINGA: SEBUAH SURVEI PENDAHULUAN. Conference

SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 3. https://doi.org/10.28989/senatik.v3i0.133

Waskito, M. A. (n.d.). Pendekatan Semantik Rupa Sebagai Metoda Pengembangan Desain Produk Dengan Studi Kasus Produk Mug di Industri Kecil Keramik. 9.

Published

2021-09-03

Issue

Section

2021 Desain Produk