PERANCANGAN POT KERAMIK MENGGUNAKAN TEKNIK NERIKOMI DENGAN BEBERAPA JENIS TANAH LIAT DAN STAIN

Authors

  • Alma Putri Azizah Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional
  • Dedy Ismail Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Pandemi, Psikologi, Pot, Nerikomi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan adalah perancangan desain produk berupa pot yang dikhususkan untuk tanaman berjenis sukulen dengan menggunakan salah satu teknik tradisional pembuatan keramik Jepang, yaitu Nerikomi. Dengan menggunakan pola yang terinspirasi dari alam. Bertujuan Bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain produk berupa pot sukulen yang menggunakan teknik Nerikomi dengan beberapa jenis tanah liat dan stain. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang dapat menimbulkan sebuah masalah bagi psikis yang mungkin tidak terasa. Namun, secara tidak langsung dapat berdampak pada psikologis seseorang. Terdapat peluang dimana pada saat pandemi berkebun sudah dijadikan sebuah trend dan disisi lain kegiatan berkebun dapat mengurangi stress. Begitupula dengan pola yang dihasilkan oleh teknik Nerikomi dapat membantu mengurangi stress bagi pengguna. Selain itu, akan membuat tanaman terutama sukulen menjadi lebih mencolok ketika ditempatkan di dalam rumah. Pendekatan desain yang dilakukan adalah design by doing dengan pembuatan pola menggunakan teknik Nerikomi yang dapat dijadikan sebuah upaya untuk memberikan kesan tertentu pada pengguna sebagai salah satu cara untuk mengurangi stress. Fokus dari penelitian ini adalah kesesuaian pengguna, dan pada pelaksanaannya ditemukan sebuah kebaruan berupa percobaan penerapan teknik Nerikomi pada produk tertentu yang belum pernah ada, yaitu pot untuk sukulen. Akhir penelitian dihasilkan produk berupa pot tanaman sukulen menggunakan teknik Nerikomi dengan pola yang dapat mengurangi stress.

 

ABSTRACT

The research conducted is to made a product design in the form of a pot plant specifically for succulent using one of the traditional techniques Japanese pottery, Nerikomi. By using patterns inspired by nature. Aims to produce a product design in the form of a succulent pot plant using the Nerikomi technique with several types of clay and stain. Its motivated by the pandemic situation that can cause problems for human psychology that may not be felt. But however, it can indirectly have an impact in a person's psychology. There are opportunities where during pandemic, gardening has become a trend and on the other hand gardening activities can reduce stress. Likewise, the patterns generated by the Nerikomi technique can help reduce stress for the user. In addition, it will make plants especially succulent, more conspicuous when placed in the house. The design approach taken is design by doing by making patterns using Nerikomi technique which can be used as an effort to give a certain impression to the user as a way to reduce stress. The focus of this research is user suitability, and in its implementation, a novelty was found in the form of an experimental application of the Nerikomi technique on certain products that had never existed before, it is pot plant for succulent. The result of the study will produce a pot plant for succulent using the Nerikomi technique with a pattern that can reduce stress.

References

Nareswari Indarto, N. A. (2020). Eksplorasi Teknik Nerikomi Untuk Perancangan Keramik Dekorasi Rumah. Eksplorasi Teknik Nerikomi Untuk Perancangan Keramik Dekorasi Rumah.

Published

2021-09-03

Issue

Section

2021 Desain Produk