PERANCANGAN SARANA BAWA UNTUK KEGIATAN GYM DENGAN GAYA ACTIVEWEAR

Authors

  • Muhammad Charmels Alden Zein Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain , Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Maharani Dian Permanasari Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

means of carrying, activewear, workout, fashion, trend, sarana bawa

Abstract

ABSTRAK
Fashion di lingkungan masyarakat akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu, terutama di daerah perkotaan. Salah satu tren fashion yang sedang berkembang saat ini adalah tren activewear. Activewear adalah subculture fashion dari tren streetwear yang berkembang di kalangan anak jalanan daerah perkotaan. Tren ini pun banyak digemari oleh anak remaja sampai dewasa akhir dengan berbagai aktivitas. Salah satu kegiatan yang banyak menggunakan tren activewear ini adalah penggiat olahraga di gym yang ingin segera melanjutkan aktivitas bersantai setelah selesai berolahraga di gym. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sarana bawa dengan gaya tren activewear untuk kegiatan workout yang bisa juga dipergunakan dalam aktivitas santai/hangout. Selain mengikuti tren activewear, perancangan ini memperluas varian komoditi gym bag di pasaran Indonesia dan diminati oleh masyarakat yang tertarik dengan activewear dan streetwear fashion. Metode penelitian design thinking diikuti dengan studi analisis visual yang diawali oleh observasi kebutuhan, studi literasi dan wawancara ke target pengguna diharapkan dapat menghasilkan sarana bawa dengan style activewear. Perancangan sarana bawa ini menghasilkan tas yang dapat digunakan untuk kegiatan workout dan hangout dengan ciri visual mengikuti tren Activewear.

ABSTRACT
Fashion in society will always develop over time, especially in urban areas. One of the fashion trends that is currently developing is the activewear trend. Activewear is a fashion subculture of the streetwear trend that is developing among street children in urban areas. This trend is also much favored by teenagers to late adulthood with various activities. One of the activities that use this activewear trend a lot is sports activists in the gym who want to immediately resume relaxing activities after finishing exercising in the gym. The purpose of this research is to design a means of carrying with the style of activewear trends for workout activities that can also be used in casual activities/hangouts. In addition to following the activewear trend, this design expands the variant of the gym bag commodity in the Indonesian market and is in demand by people who are interested in activewear and streetwear fashion. The design thinking research method is followed by a visual analysis study that begins with needs observation, literacy studies and interviews with target users. The design of this means of carrying produces a bag that can be used for workout and hangout activities with visual characteristics following the Activewear trend.

References

Andri Masry, R. I. (2020). Keputusan Bentuk Visual Dalam Mendesain Self Service Kiosk.

Brittney Nichols, Priscilla Nova, Karen Jacobs. (n.d.). Ergonomic Strategies for Using a Purse. Ergonomy.

Indrayana, Y. R. (2014). Studi Tentang Motivasi Berolahraga pada Wanita Anggota Pusat Kota Suarakarta. Skripsi.

Rohman, Y. F. (2019). Transformasi Gym: Antara Olahraga, Simbol, dan Representasi Status Sosial. Jurnal Socius.

Saputra, D. (2019, October 8). Menariknya Pasar Streetwear Impor Dunia. Retrieved from Binus University Business School: bbs.bunis.ac.id

Soeprapto, E. F. (2015). Analasis Ergonomi Terhadap Redesain Tas Perlengkapan Instruktur Jilbab Untuk Komunitas Jilbab Modern.

Wijayanti, K. (2009). Fenomena Pusat Kebugaran dalam Perkembangan Kota. Tesis Universitas Indonesia.

Yip, J. (2020). Latest Material and Technological Developments for Activewear. Hongkong: Elsevier Science.

Published

2021-09-03

Issue

Section

2021 Desain Produk