PENERAPAN ARSITEKTUR KONTEMPORER APUNG PADA PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SENI PERTUNJUKAN DI SUMMARECON BANDUNG

Authors

  • Osmar Shobhi Fadhlurrahman
  • Dwi Kustianingrum
  • Wahyu Buana Putra

Keywords:

Sekolah Menengah Kejuruan Seni, Kontemporer, Kontemporer Apung

Abstract

ABSTRAK
Kebutuhan akan sekolah kesenian di Kota Bandung masih dibilang belum memenuhi kebutuhan, seperti kurangnya fasilitas, kurangnya diberi pengalaman, maupun lingkungan sekolah yang kurang mencerminkan sekolah seni yang mungkin kurang memberi semangat para siswanya. Terutama di daerah Gedebage Bandung, masih banyak orang tua yang mungkin menghindari untuk menyekolahkan anaknya di Gedebage Bandung karena berfikir kurangnya fasilitas atau penunjang yang memadai di daerah tersebut. Summarecon Bandung merupakan kawasan terpadu yang berada di Kecamatan Gedebage Bandung. Suummarecon Bandung merupakan kawasan strategis untuk dibangunnya Sekolah Menengah Kejuruan Seni karena dalam waktu beberapa tahun yang akan datang, daerah tersebut akan menjadi POV Bandung yang selanjutnya, dan dapat mematahkan stigma tentang bersekolah di Gedebage Bandung. Area yang dipilih juga dapat menunjang tema yang akan diusung yaitu Arsitektur Kontemporer Apung, dengan memanfaatkan kekurangan Gedebage yakni banjir dan menjadikannya sebagai daya nilai estetika tambahan di bangunan sekolah tersebut. Fasilitas yang akan tersedia disana meliputi amfiteater, sanggar tari, sanggar teater, studio musik, studio rekam. Perpaduan basah dan kering akan mengelilingi bangunan sekolah ini dan sentuhan-sentuhan material yang kokoh untuk menunjang kesan tema Kontemporer itu sendiri.
Kata kunci: Sekolah Menengah Kejuruan Seni, Kontemporer, Kontemporer Apung,

ABSTRACT
The need for art schools in the city of Bandung is still said to have not been met the needs, such as a lack of facilities, a lack of experience, and a school environment that does not reflect an art school which may not encourage students. Especially in the Gedebage Bandung area, there are still many parents who may avoid sending their children to Gedebage Bandung because they think there is a lack of adequate facilities or support in the area. Summarecon Bandung is an integrated area located in the Gedebage District, Bandung. Suummarecon Bandung is a strategic area for the construction of an Arts Vocational High School because in t,he next few years, this area will become the next Bandung POV, and can break the stigma about going to school in Gedebage Bandung. The selected area can also support the theme that will be carried, namely Floating Contemporary Architecture, by taking advantage of Gedebage's shortcomings, namely flooding, and making it an additional aesthetic value in the school building. Facilities that e there include an amphitheater, dance studio, theater studio, music studio, and recording studio. A mix of wet and dry will surround this school building and sturdy material to support the impression of the Contemporary theme itself.
Keywords: Arts Vocational High School, Contamporary, Floating Contemporary

References

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandung

https://id.wikipedia.org/wiki/Gedebage,_Bandung

https://www.silabus.web.id/sekolah-menengah-kejuruan-smk-siap-kerja-cerdas-kompetitif/ (2022)

Webster (2013), “ Kusnawa, W.S.“ Pengertian Pendidikan Kejuruan“

L. Hillberseimer, Contemporary Architects 2 (1964) “Contemporary architecture : Its Roots and Trends.“

Changho Moon (2017), “British Columbia Float Home Standard”

https://prospeku.com/artikel/arsitektur-kontemporer---2942

Mufti Ali Nasution, Effendi Nurzal (2019). “ Arsitektur Kontemporer Pada Bangunan”

Grace Olivia, Asri Andrias HB, Muhammad Arsyad (2021). “ Penerapan Prinsip Arsitektur Kontemporer pada Gedung Pusat Pernikahan di Kota Kendari”. [10] Limantara, O., Kristianto, T. A., Kattu, G. S., Studi, P., Interior, D., Petra, U. K., … Pendekatan, A. M. (2017). “Pengaruh Interior terhadap Perilaku Pengunjung Museum House of Sampoerna Surabaya. Intra, 5(2), 811–819”.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur