PENERAPAN ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KESENIAN PENAMPILAN DI SUMARECOON BANDUNG

Authors

  • Risky Tirta Kusuma
  • Erwin Yuniar Rahadian
  • Noveryna Dwika Reztrie

Keywords:

Labda Vocational Art School, Sumarecoon Bandung, Sekolah Menengah Kejuruan Seni Penampil, Arsitektur Kontemporer

Abstract

Abstrak
Teknologilinformasi dan komunikasi telah menjadi bagian dari kehidupan Generasi Z dan Alpha Milenial. Dalam lingkungan pendidikan dewasa ini, pengertian “pengetahuan” telah berubah dari kemampuan mengingat dan mengulang informasi menjadi kemampuan menemukan dan menggunakannya. Di era perkembangan teknologi yang pesat, lingkungan belajar yang berpusat pada siswa bisa dibilang lebih konstruktif dan fleksibel, serta lebih cocok untuk memperluas pengetahuan siswa. Sekolah Labda Vocasional Art yang berlokasi di Sumarecoon Bandung menerapkan tema desain kontemporer dan konsep Smart building yang strategi desainnya menawarkan fleksibilitas, konektivitas, kebebasan, ruang interaksi sosial adanya keselarasan dalam suatu bangunan yang menjadikan bangunan inovatif untuk bermain dan belajar di dalam dan di luar ruangan sambil mempertimbangkan perkembangan fisik, kognitif, emosional
Kata kunci: Labda Vocational Art School, Sumarecoon Bandung, Sekolah Menengah Kejuruan Seni Penampil, Arsitektur Kontemporer, Smart building

Abstract
Information and communication technology has become part of the life of Generation Z and Alpha Millennials. In today's educational environment, the notion of "knowledge" has changed from the ability to remember and repeat information to the ability to find and use it. In an era of rapid technological development, student-centred learning environments are arguably more constructive and flexible, and more suitable for broadening student knowledge. The Labda Vocational Art School located in Sumarecoon Bandung applies contemporary design themes and S concepts whose strategic designs offer flexibility, connectivity, freedom, space for social interaction where there is harmony in a building which makes it an innovative building for playing and learning indoors and outdoors while considering physical, cognitive, emotional development
Keywords: Labda Vocational Art School, Sumarecoon Bandung, Performing Arts Vocational High School, Contemporary Architecture, Smart building.

References

Schirmbeck, Egon. Gagasan, Bentuk dan Arsitektur : Prinsip-Prinsip Perancangan dalam Arsitektur Kontemporer (1988). Bandung: Inermata.

Charles Jencks, The Language of Post-Modern Architecture. Academy Editions, 1977. [7] E. [3]Haddad, “Charles Jencks and the historiography of Post-Modernism,” J. Archit., vol. 14, no. 4, pp. 493–510, 2009.

A.M. Adelvin, N.A. Mayar, W. Yosafat, “Penerapan Prinsip Arsitektur Kontemporer Dalam Perancangan Ruang Kreatif Di Surakarta”, Jurnal SENTHONG, 2019

L. Hilberseimer, “Contemporarty2Architects 2”, Chicago : Chicago, P.Theobald., 1964

https://www.summareconbandung.com/ di akses tgl 07/02/2023

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur