PENERAPAN ARSITEKTUR PSIKOLOGI TERHADAP PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SENI PERTUNJUKAN DI KOTA BARU PARAHYANGAN KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Yasmine Putri Anindita
  • Utami
  • Ardhiana Muhsin

Keywords:

Arsitektur Psikologi, Friendly Design, Seni Pertunjukan

Abstract

Abstrak
Dalam dunia arsitektur, psikologi berkaitan studi terhadap bangunan dan pengaruhnya terhadap perilaku manusia sebagai penggunanya. Arsitektur psikologi dipilih untuk proyek perancangan SMK Seni Pertunjukan karena saat diusia remaja (15-19 tahun) cenderung memiliki emosi yang tergolong sensitif, ingin mencoba hal-hal baru, memiliki keingintahuan yang tinggi, ingin mencari pengalaman, dan memiliki kemauan bersosialisasi yang cukup tinggi. Dengan kata lain secara psikologis, di usia remaja sudah berkembang namun belum memasuki tahap dewasa. Oleh karena itu membentuk psikologi remaja tergolong penting, salah satunya di sekolah. Dengan penerapan “friendly design” dapat mengaplikasikan konsep desain ke dalam rancangan bangunan dengan memaksimalkan area yang ada dapat menghasilkan sisi psikologi pengguna yang dapat memberikan rasa nyaman dan aman. Metode yang digunakan yaitu dengan studi lapangan, studi observasi dan studi literatur mengenai teori terkait. Dengan menerapkan desain sesuai dengan prinsip arsitektur psikologi berfokus pada bagaimana membuat desain yang dapat memanfaatkan area menjadi ruang komunal sebagai tempat untuk bersosialisasi antar individu lainnya. Selain untuk bersosialisasi, desain menerapkan bagaimana pengguna dapat menjadi lebih produktif serta kreatif. Dari penerapan konsep tersebut diharapkan dapat menjadi prasarana edukasi yang memiliki suasana nyaman sehingga menghasilkan aktivitas yang aktif dan produktif.
Kata Kunci: Arsitektur Psikologi, Friendly Design, Seni Pertunjukan

Abstract
In architecture, psychology has related studies about buildings and their effects on human behavior as users. Psychology architecture was chosen for this project (Performing Arts Vocational High School) because when they have been teenagers (15-19 years old) they tend to have relatively sensitive emotions, want to try new things, have high curiosity, want to seek experience, and have the willingness to socialize. So psychologically, in adolescence, they have developed but have not yet entered adulthood. Therefore forming adolescent psychology is necessary, one of which is at school. By implementing "friendly design" you can apply design concepts to building designs by maximizing the existing area to produce a psychological side to the user that can provide a sense of comfort and security. The methods used are field studies, observational studies, and literature studies regarding related theories. By implementing architectural design principles, psychology focuses on design methods that can utilize the area as a communal space to socialize with others. In addition to socializing, the plans implement how users can be more productive and creative. From the application of this concept, hope that it will become an educational infrastructure that has a comfortable atmosphere to produce active and productive activities.
Keywords: Psychology Architecture, Friendly Design, Art Performance

References

H. D. S. Bekti Wulandari, "Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK," Vokasi, vol. 3, no. Pendidikan, pp. 178 - 191, 2013.

M. Rondhi, "Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni," Jurnal Imajinasi, vol. 11, no. Pendidikan Seni, pp. 9 - 18, 2017.

A. S. Bahri, Pertunjukan Kesenian EBEG Grup Muncul Jaya pada Acara Khitanan di Kabupaten Pangandaran, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

L. F. Patrick Tristan. Justin Laurent, "Pengaruh Psikologi Ruangan Universitas Ciputra terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa," Seminar Nasional Desain - SANDI, vol. 1, no. Psikologi, pp. 1 - 7, 2021.

D. H. Phd., Psikologi Arsitektur, Pengantar kajian Lintas Disiplin, Jakarta: Grasindo, 2005.

L. M. D. B. S. Hanny Puspita Sari, "Pusat Perawatan dan Rekreasi di Kota Malang," PENGILON, vol. 5, no. Arsitektur Perilaku, pp. 431 - 442, 2021.

Y. C. E. Yusuf Izci, "Hippocampus: Structure and Functions," Turkish Journal of Neurosurgery, vol. 25, no. Neurology, pp. 287 - 295, 2015.

C. Ellard, Place of Heart: The Psychology of Everyday Life, New York: Bellevue Literary Press, 2015.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur