PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SENI PERTUNJUKAN SWARA MAHARDDHIKA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR DI KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Muhammad Rizki Ramadhan
  • Shirley Wahadamaputera

Keywords:

Arsitektur Neo Vernakular, Pendidikan, Seni Pertunjukan

Abstract

ABSTRAK
Pada era keterbukaan ini, pemerintah Indonesia mendukung pengembangan potensi daerah seperti aset pariwisata dan kebutuhan ekonomi dan masyarakat setempat. Dalam era globalisasi, industri kreatif budaya lokal memiliki prospek yang menjanjikan untuk pengembangan dan penciptaan lapangan kerja yang luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Oleh karena itu, Pendidikan melalui Sekolah Menengah Kejuruan Seni Pertunjukan yang mempelajari dasar-dasar seni pertunjukan, membekali siswa dengan keterampilan sangat diperlukan untuk menjadi seniman masa depan yang multi talenta dan memahami seni pertunjukan. Wilayah Bandung Timur khususnya Kecamatan Cileunyi merupakan daerah yang memiliki cukup banyak Sekolah Menengah Kejuruan, namun belum ada Sekolah Menengak Kejuruan yang menawarkan jurusan seni pertunjukan. Selain itu, di Kecamatan Cileunyi sangat kental dengan budaya dan kesenian Jawa Barat. Oleh karena itu, Sekolah Menengah Kejuruan Seni Pertunjukan yang dirancang menerapkan konsep Arsitektur Neo Vernakular, bertujuan untuk melestarikan elemen-elemen budaya lokal Jawa Barat yang sudah ada dan merancangnya menjadi gaya yang modern. Dengan menerapkan Arsitektur Neo-Vernakular diharapkan dapat menjadi sekolah yang modern dan dinamis yang tetap tampak terintegrasi dengan budaya lokal. Selain itu penerapan desain bebas hambatan bertujuan untuk memastikan bahwa lingkungan sekolah dapat diakses dan digunakan oleh semua orang tanpa kecuali, termasuk penyandang disabilitas.
Kata kunci: Arsitektur Neo Vernakular, Pendidikan, Seni Pertunjukan.

ABSTRACT
In this era of openness, the Indonesian government supports the development of regional potential, such as tourism assets, and the needs of the local economy and community. In the era of globalization, the creative industries of local cultures have promising prospects for the development and creation of extensive jobs, both at home and abroad. Therefore, education through a performing arts vocational high school that studies the basics of performing arts equips students with indispensable skills to become multi-talented future artists and understand the performing arts. The East Bandung area, especially Cileunyi District, is an area that has quite a lot of vocational high schools, but there are no vocational high schools that offer performing arts majors. In addition, in Cileunyi District, it is very thick with West Javanese culture and art. Therefore, the Performing Arts Vocational High School, which is designed to apply the concept of Neo Vernacular Architecture, aims to preserve the existing elements of local West Javanese culture and design them in a modern style. By implementing Neo-Vernacular Architecture, it is hoped that it can become a modern and dynamic school that still seems integrated with local culture. In addition, the implementation of barrier-free design aims to ensure that the school
environment is accessible and used by everyone without exception, including people with disabilities.
Keywords: Education, Neo Vernacular Architecture, Performing Arts.

References

N. Wibowo, “Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri,” J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., vol. 23, no. 1, p. 45, May 2016, doi: 10.21831/jptk.v23i1.9354.

P. KOMINFO, “Indonesia Miliki Kekayaan dan Keanekaragaman Budaya,” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

http:///index.php/content/detail/1342/Indonesia+Miliki+Kekayaan+dan+Keanekaragaman+Budaya/0/berita_satker (accessed Sep. 28, 2022).

“Barrier-free design - Building Social Ecology,” Sep. 12, 2022. https://www.buildingsocialecology.org/patterns/barrier-free-design/ (accessed Jan. 29, 2023).

syncore, “Status BLUD untuk Pengembangan SMK,” BLUD.co.id, Oct. 29, 2020. https://blud.co.id/wp/status-blud-untuk-pengembangan-smk/ (accessed Oct. 11, 2022).

I. M. Baru, “Daftar Nama dan Alamat Sekolah di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.” http://infomileniumbaru.blogspot.com/2016/10/daftar-nama-dan-alamat-sekolahdi_36.html (accessed Nov. 27, 2022).

Unknown, “Arsitektur Neo-Vernakular: Arsitektur Neo-Vernakular,” Arsitektur Neo-Vernakular, Apr.15, 2014. https://arsitektur-neo-vernakular-fazil.blogspot.com/2014/04/arsitektur-neo-vernakular.html (accessed Jan. 18, 2022).

“Arsitektur Vernakular: Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, dan Contohnya.” https://www.gramedia.com/best-seller/arsitektur-vernakular/ (accessed Jan. 29, 2023).

“ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR,” ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR ~ Ahlul Z. Architect, Aug. 11, 2012. http://ahluldesigners.blogspot.com/2012/08/arsitektur-neo-vernakular-a.html (accessed Sep. 11, 2022).

“ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR.” http://archidkot.blogspot.com/2018/11/arsitekturneovernakular-merupakan.html (accessed Dec. 23, 2022).

C. Jencks, The Language of Post-modern Architecture. Academy Editions, 1984.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur