PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR KONTEMPORER PADA PERANCANGAN SMK SENI PENAMPILAN DI JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Wisnu Pratama
  • Juarni Anita
  • Bambang Subekti

Keywords:

Arsitektur Kontemporer, Jatinangor, SMK Seni penampilan, Sumedang

Abstract

ABSTRAK
Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat yang memiliki 26 kecamatan yang salah satunya merupakan kecamatan Jatinangor. Kecamatan Jatinangor sendiri termasuk kedalam salah satu kota satelit kawasan pendidikan tinggi di Jawa Barat karena banyak lahan yang digunakan sebagai bangunan pendidikan. Lapangan pekerjaan di dunia entertainment menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati pada era globalisasi saat ini sedangkan wadah untuk mengembangkan keterampilan masih kurang. Arsitektur kontemporer merupakan trend arsitektur yang dapat selalu mengikuti trend masa kini. Penerapan tema lingkungan sebagai tempat belajar siswa dipilih agar siswa dapat mengeksplorasi bakatnya dengan mencari ide-ide pemikiran di luar ruang kelas. Metode yang digunakan yaitu metode pengumpulan data, metode penyajian data, metode analisis data Planning Programming dan Skematik desain . Dari permasalahan dan analisa maka diperlukan bagaimana mendesain gedung SMK Seni Penampilan yang unik dan nyaman, sehingga bisa menjadi ikon di kawasan jatinangor sehingga dapat menarik masyarakat untuk menempuh pndidikan di sekolah ini. Oleh karena itu tema arsitektur kontemporer dipilih dengan mendesain bangunan yang memiliki bukaan dan kantilever yang lebar serta bentuk yang ekspresif dan dinamis. SMK Seni Penampilan ini memiliki berbagai program keahlian diantaranya Seni tari, Seni teater, Seni musik dan Broadcasting.
Kata kunci: Arsitektur Kontemporer, Jatinangor, SMK Seni penampilan, Sumedang

ABSTRACT
Sumedang is one of the regencies in West Java which has 26 sub-districts, one of which is the Jatinangor sub-district. Jatinangor District itself is included in one of the satellite cities of the higher education area in West Java because a lot of land is used as educational buildings. Employment in the entertainment world is one of the jobs that are in great demand in the current era of globalization, while there is still a lack of opportunities to develop skills. Contemporary architecture is an architectural trend that can always follow current trends. The application of the environmental theme as a place for student learning was chosen so that students can explore their talents by looking for ideas outside the classroom. The methods used are data collection methods, data presentation methods, data analysis methods Planning Programming, and Schematic design. From the problems and analysis, it is necessary to design a unique and comfortable Appearance Vocational High School building, so that it can become an icon in the Jatinangor area can attract people to study at this school. Therefore, the theme of contemporary architecture was chosen by designing buildings that have wide openings and cantilevers as well as expressive and dynamic forms. This Performing Arts Vocational School has various expertise programs including dance, theater arts, music arts, and broadcasting.
Keywords: Contemporary Architecture, Jatinangor, Performing Arts Vocational School, Sumedang

References

L. C. a. C. Winch, Vocational Education : International Approaches, Developments and Systems, London: Routledge, 2007.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Susatyo, B. Kajian Seni Pertunjukan. Semarang, Handout Materi Pembelajaran Universitas Negeri Semarang, 2007.

Badan Pusat statistik Kabupaten Sumedang, 2022. Statistik Daerah kabupaten Sumedang 2022. Diakses di https://sumedangkab.bps.go.id/ (Pada tanggal 28 Oktober 2022 )

L. Hilberseimer, Contemporary Architecture : its roots and trends, Chicago: P. Theobald, 1964.

Y. Sumalyo, Arsitektur Modern: Akhir Abad XIX dan Abad XX, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.

E. Schirmbeck, Idea, form and architecture : design principles in contemporary architecture, New York: Van Nostrand Reinhold Co, 1987.

Konemann, The World of Contemporary Architecture, 2000.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur