PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR MODERN TROPIS PADA PERANCANGAN SMK NEGERI 2 CIBADAK DI KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Farhan Maulana Abrari
  • Nurtati Soewarno
  • Mustika Kusumaning Wardhani

Keywords:

Sukabumi, SMK Otomotif, Modern Tropis

Abstract

ABSTRAK
Wilayah Kecamatan Cibadak adalah wilayah di Kabupaten Sukabumi yang memiliki jumlah sekolah yang memadai, dengan jenjang pendidikan yang lengkap dan jarak antar sekolah yang saling berdekatan. Hal ini memberikan motivasi dalam merencanakan penambahan fasilitas pendidikan berupa sekolah kejuruan. Dengan belum tersedianya SMK di bidang keahlian otomotif di Cibadak menjadi sebuah dorongan untuk mengadakannya dengan tujuan untuk menambah sekolah kejuruan pada bidang keahlian otomotif serta mempermudah jangkauan jarak peserta didik di wilayah Kabupaten Sukabumi. Penerapan konsep modern tropis pada bangunan SMK Otomotif ini dipilih karena merupakan upaya dalam adaptasi bangunan terhadap iklim daerah tropis di Sukabumi yang
nyaman sebagai tempat pendidikan serta perkembangan pembangunan daerah Kabupaten Sukabumi yang masih minim dengan pembangunan bangunan modern agar mendorong perkembangan pembangunan daerah. Penerapan konsep modern tropis ini adalah usaha pada perancangan gedung SMK Otomotif dengan memadukan tampilan yang modern pada bangunan serta pengolahan fisik bangunan yang beradaptasi dengan iklim tropis. Tujuan penerapan konsep modern tropis pada bangunan SMK Otomotif ini adalah menciptakan bangunan dengan tampilan yang modern, ramah terhadap iklim tropis Indonesia, serta memanfaatkan potensi iklim tropis.
Kata kunci: Sukabumi, SMK Otomotif, Modern Tropis

ABSTRACT
Cibadak Subdistrict is one of the areas in Sukabumi Regency, which has an adequate number of schools, with an even educational level and schools that are close together. This provides enthusiasm and motivation in planning the addition of educational facilities in the form of vocational schools. The absence of an automotive vocational school in Cibadak has motivated the establishment of an automotive expertise vocational school and facilitated socialization among students in the Sukabumi Regency area. The application of modern tropical concepts to school buildings was chosen as an effort to build a comfortable tropical climate adaptation in Sukabumi as a place for education and regional development. Applying the concept of modern tropical buildings is an effort to design an Automotive Vocational High School by combining the appearance of modern buildings and the physical processing of buildings that adapt to the tropical climate. The application of the modern tropical concept to the Automotive Vocational High School Building aims to create a building with a modern appearance, friendly to Indonesia's tropical climate and exploiting the potential of the tropical climate.
Keywords: Sukabumi, Vocational School of Automotive, Modern Tropical

References

] https://eprints.uny.ac.id/9721/3/bab%202%20-07518244003.pdf (Pengertian dari pendidikan menengah kejuruan. Diakses pada 23 September 2022)

] Living, Elano. 2022. “8 Ciri Arsitektur Modern Tropis Pada Interior dan Bangunan”. Diakses pada 22 September 2022 melalui : https://elanoliving.com/blog/ciri-arsitektur-modern-tropis/

] Fiqri Jamila, Annisa dan Fitri Satwikasari, Anggana, “Konsep Arsitektur Tropis Modern pada Bangunan Kuliner Gading Festival Sedayu City”, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2020, [website]. Tersedia: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/linears/article/view/4305/pdf [Diakses: 27 Januari 2023]

] https://smkteukuumar.sch.id/teknik-kendaraan-ringan-otomotif/ (Pengertian dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Diakses pada 24 September 2022).

] https://www.smksamnus.sch.id/jurusan/ (Pengertian dari jurusan Teknik Bisnis dan Sepeda Motor. Diakses pada 26 September 2022).

] https://www.smkn4depok.sch.id/profil/kompetensi-keahlian/teknik-elektronika-industri-tei.html (Pengertian dari jurusan Teknik Elektronika Industri. Diakses pada 27 September 2022).

] Karyono TH (2016) Arsitektur Tropis dan Bangunan Hemat Energi. Jurnal Kalang, Jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Tarumanagara Vol. 1, No. 1.

] Samra B, dan Imbardi I (2018) Penerapan Aspek Iklim Tropis pada Arsitektur Lokal Rumah Tradisional Melayu Studi Kasus di Desa Lalang Siak Sri Indrapura. Jurnal teknik Vol. 12, No. 1.

] Hardiman G (2012). Pertimbangan Iklim Tropis Lembab Dalam Konsep Arsitektur Bangunan Modern. JURNAL ARSITEKTUR Vol. 2, No. 2.

] Muzakki Saliim, Alief dan Fitri Satwikasari, Anggana, “Kajian Konsep Desain Arsitektur Tropis Modern Pada Bangunan Rusunawa II Kota Madiun”, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2022, [website]. Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/12909/pdf [Diakses: 26 Desember 2022]

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

2023 Arsitektur