DESAIN FOLDING BIKE CARRIER UNTUK KELOMPOK BIKE TO WORK DI PERKOTAAN

Authors

  • Ahmad Fauzi Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Agung Pramudya Wijaya Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Frame Carrier, Folding Bicycles, Bike to Work, Sepeda Lipat

Abstract

ABSTRAK
Perancangan frame carrier sepeda lipat pada kegiatan bike to work dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membawa sepeda lipat pada berbagai medan yang ada di perkotaan. Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga menjadi sarana olah raga dan rekreasi. Dalam pandemi belakangan ini, terdapat fenomena banyaknya orang yang mulai bersepeda dan menjadikannya salah satu dari sekian banyak olahraga alternatif. Folding bike atau sepeda lipat merupakan jenis sepeda yang memiliki desain ringkas karena frame dari sepeda tersebut bisa dilipat sehingga memudahkan dalam hal penyimpanan dan peletakannya, pada pelaksanaanya peseda juga seringkali membawa sepeda ini ke transportasi umum. Penulis menggunakan metode design thinking dengan melakukan pencarian data pada pengguna sepeda lipat lipat, pengumpulan data dari pengguna dilakukan dengan cara wawancara dan jajak pendapat untuk mengetahui aspek yang berpengaruh terhadap desain. Kebaruan yang diusung dari penelitian ini adalah desain frame carrier sepeda lipat yang didesain sesuai dengan kegiatan bike to work yang menggunakan transportasi umum. Harapan penulis ialah dapat terancangnya desain sarana bawa yang dapat mengakomodir para pengguna sepeda lipat agar lebih mudah dalam membawa sepeda lipat.

 

ABSTRACT
Frame carrier for bike to work activities is designed to make it easier for users to carry folding bicycles on various terrains in urban areas. Apart from being a means of transportation, people commonly use bicycles also for exercise and recreation. In the recent pandemic, there has been a phenomenon of many people cycling and using one of the many alternative sports. Folding bicycles are types of bicycles that have a compact design because the frame of the bicycle can be folded making it easier for storage and placement, in practice cyclists also often take these bicycles to public transportation. The author uses the design thinking method by conducting data on folding bike users, collecting user data by means of interviews and polls to determine the aspects that affect the search design. Innovation that this research brings is the design of a folding bicycle frame carrier which is designed according to bike-to-work activities that use public transportation. Author's hope is to design a means of carrying that can accommodate folding bicycle users to make it easier to carry folding bicycles.

References

Herlansyah, S. (2019). PERANCANGAN SEPEDA LIPAT CUSTOM (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik Unpas).

Budiono, H. D., Muda, I., & Rachmat, D.(2009) M7-006 ANALISA PEMBEBANAN DINAMIS RANGKA SEPEDA LIPAT (SeliqUI).

Putra, E. S. (2014) KONSEP TERAPAN ERGOKULTUR SUNDA PADA DESAIN SARANA NIAGA BERSEPEDAMOTOR UNTUK PEDAGANG KULINER KELILING DI KOTA BANDUNG (Jurnal Rekarupa 2)

Soeprapto, F. S. (2015) ANALISIS ERGONOMI TERHADAP REDESAIN TAS PERLENGKAPAN INSTRUKTUR JILBAB UNTUK KOMUNITAS HIJAB MODERN (Politeknik Negeri Samarinda)

Heine, J. (2005) THE GOLDEN AGE OF HANDBUILT BICYCLES (RIZZOLI NEW YORK)

Published

2021-09-08

Issue

Section

2021 Desain Produk