PERANCANGAN SARANA PENYIMPANAN DOKUMEN PENTING UNTUK MENGANTISIPASI DAMPAK BENCANA BANJIR

Authors

  • Mami Utami Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Mohamad Arif Waskito Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

flood, sound sensor, waterproof, important documents, banjir, sensor suara, kedap air, dokumen penting

Abstract

ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan adalah kegiatan perancangan produk penyimpanan dokumen yang memiliki resiko rusak akibat banjir. Kegiatan tersebut berfokus pada bagaimana produk tersebut dapat diraih dengan cepat, dapat ditemukan dalam gelap dan mudah di bawa saat terburu – buru dengan mempertimbangan faktor fungsi, material dan operasional. Produk ini diharapkan dapat efektif melindungi dokumen – dokumen dari kerusakan akibat banjir khususnya yang sering di alami masyarakat di wilayah rawan banjir. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang dapat melindungi dokumen - dokumen penting dari kerusakan akibat banjir. Produk ini seyogyanya harus mudah dikenali, dibawa, dapat menjamin keamanan dan keutuhan dari dokumen – dokumen yang disimpan didalamnya. Hal ini dilatari oleh banyaknya kota di Indonesia yang rentan terhadap banjir, terutama kota – kota yang berada di daerah aliran sungai (DAS), bantaran kali dan daerah muara – muara sungai. Terjadinya banjir disebabkan beberapa faktor diantaranya pendangkalan atau sedimentasi, pemanfaatan DAS menjadi area hunian dan curah hujan yang tinggi. Pada saat banjir, manusia akan mengalami kepanikan, karena dalam kondisi tertekan dan dalam waktu yang terbatas mereka harus berupaya untuk menyelamatkan jiwa, barang dan dokumen berharganya. Menyelamatkan dokumen – dokumen penting atau berharga seperti sertifikat tanah, ijazah, buku nikah dan lainnya menjadi sangat penting untuk diperhatikan sehingga diperlukan perangkat atau alat simpan dokumen yang tidak hanya dapat melindungi dokumen dari air, tapi juga bisa dengan cepat diraih, ditemukan dalam gelap dan dibawa pada saat terburu – buru. Terdapat peluang dikarenakan banyaknya dokumen yang rusak akibat banjir oleh karena produk ini diharapkan dapat membantu masyarakat terutama kota
– kota yang berada di daerah aliran sungai (DAS), bantaran kali dan muara – muara sungai untuk menyimpan dan mengamankan dokumennya ketika terjadi bencana banjir dan dapat memberikan alternatif produk baru dari produk yang sudah ada di pasaran. Fokus dari penelitian ini adalah memanfaatkan sensor suara agar produk tersebut mudah ditemukan dan dapat dikenali pada saat situasi banjir. Produk penyimpanan dokumen ini memiliki ruang kedap air sehingga dokumen tetap aman dari resiko kerusakan.

 

ABSTRACT
The research carried out is the activity of designing document storage products that have the risk of being damaged by flooding. The activity focuses on how the product can be reached quickly, can be found in the dark and easy to carry when in a hurry by considering functional, material and operational factors. This product is expected to be effective in protecting documents from flood damage, especially those that are often experienced by people in flood-prone areas. This research activity aims to produce a product that can protect important documents from flood damage. This product should be easy to identify, carry, can ensure the safety and integrity of the documents stored in it. This is motivated by the many cities in Indonesia that are prone to flooding, especially cities located in watersheds (DAS), riverbanks and river estuaries. The occurrence of flooding is caused by several factors including siltation or sedimentation, the use of watersheds as residential areas and high rainfall. During a flood, people will experience panic, because under pressure and in a limited time they must try to save lives, valuables and documents. Rescuing important or valuable documents such as land certificates, diplomas, marriage books and others becomes very important to pay attention to so that a document storage device or tool is needed that can not only protect documents from water, but can also be quickly grabbed, found in the dark and taken away. in a rush. There is an opportunity due to the large number of documents damaged by flooding because this product is expected to help the community, especially cities located in watersheds (DAS), riverbanks and river estuaries to store and secure their documents when a flood disaster occurs and can provide new product alternatives from existing products on the market. The focus of this research is to utilize sound sensors so that the product is easy to find and can be recognized during a flood situation. This document storage product has a watertight space so that the document remains safe from the risk of damage.

References

Rossi, G., Harmancioglu, N., & Yevjevich, V. (1992). Coping with Floods. Erice: Kluwer Academic Publisher.

Somantri, L. (2008). PEMANFAATAN TEKNIK PENGINDERAAN JAUH UNTUK MENGIDENTIFIKASI KERENTANAN DAN RESIKO BANJIR. Jurnal Geografi GEA, 1.

Dewi, Ratia K. 2019. "Data Bencana BNPB pada 2019, 1.538 Kejadian dan 325 Korban Meninggal" KOMPAS.COM, 30 Maret 2019.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 Yang Mengatur Tentang Kearsipan. Lembaran RI Tahun 2009 No.43. Jakarta : Seketariat Negara.

Sugiharto D, (2010), PENYELAMATAN INFORMASI DOKUMEN / ARSIP .

Drajat, dkk, 2014, Metode Design Thinking dalam Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Sunan Drajat, Lamongan), Prosiding Seminar Nasional Teknik Terapan UGM 2014 (hal 130 – 141)

Stanford d.school Design Methods (2012): The Bootcamp Bootleg

Notoatmodjo, S. (2013) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Hendratman, Hendi. (2014). Computer Graphic Design. Bandung: Penerbit Informatika.

Published

2021-09-23

Issue

Section

2021 Desain Produk