Perancangan Sign System Wisata Tebing Keraton Kabupaten Bandung

Authors

  • MITA OKTAVIANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • ALDRIAN AGUSTA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Sign System, Tourism, Tebing Keraton, Wayfinding

Abstract

Tebing Keraton or Karaton is an attractive tourist attraction by presenting extraordinary natural beauty and this tour has the potential to become the destination of choice for tourists when visiting Bandung Regency. The tourism boom in 2014 provided positive things for tourists, but on the other hand the application of security (warning signs) and information systems (sign systems) was also not paid enough attention to by Tebing Keraton, making it difficult for tourists to travel. This design makes a solution to the problem. This design uses a qualitative method with data collection techniques through literature, observation, and interviews. Data analysis using SWOT analysis. This design concept aims to increase security and highlight the identity of Tebing Keraton as a tourist spot that has the unique natural splendor of Bandung Regency.
Keywords: Sign System,Tourism, Tebing Keraton, Wayfinding

ABSTRAK
Tebing Keraton atau Karaton merupakan objek wisata yang menarik dengan menyajikan keindahan alam yang megah dan wisata ini berpotensi menjadi destinasi pilihan wisatawan ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung. Wisata yang booming ini pada tahun 2014, memberikan hal positif di para wisatawan, akan tetapi disisi lain penerapan keamanan (Warning sign) dan sistem informasi (Sign System) juga kurang diperhatikan oleh pihak Tebing Keraton, sehingga menyulitkan wisatawan dalam berwisata. Perancangan ini menjadikan solusi bagi permasalahan tersebut. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan Analisis SWOT. Konsep perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan menonjolkan identitas Tebing Keraton
sebagai tempat wisata yang memiliki kemegahan alam khas Kabupaten Bandung.
Kata kunci: Sign System,Wisata, Tebing Keraton, Wayfinding

References

Perancangan Sign System pada Wisata Tebing Keraton ini ditujukan untuk meningkatkan Attention pada pengunjung untuk lebih sadar akan keadaan sekitar wilayah wisata yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl dengan memperhatikan peraturan dan informasi yang terdapat dilingkungan sekitar. Pentingnya meningkatkan keamanan dan kenyamanan kepada pengunjung merupakan hal sangat penting, mengingat bahwa wisata ini berada tepat dengan sesar lembang. Diharapkan dengan adanya sign system yang didesain dengan elemen-elemen yang menarik serta keterbacaannya dengan jelas dapat membantu para pengunjung agar lebih merasa nyaman dan tidak kebingungan saat berwisata. Serta perancangan sign system ini juga bertujuan untuk menjadikan salah satu alat bantu bagi pengunjung Tebing Keraton saat berwisata dengan informasi yang lengkap, informatif dan interaktif.

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

2023 Desain Komunikasi Visual