Perancangan E-Guidebook Jelajah Kuliner Legendaris Bandung Sebagai Referensi Kuliner Gen Z

Authors

  • FATIMAH AFNANTWINA REFYAN Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • EKA NOVIANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • GANIS RESMISARI Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Guidebook, Traditional Food, Authentic, Smart Tourism, Buku Panduan, Makanan Khas Daerah Autentik

Abstract

In the context of cultural and culinary diversity in Indonesia, regional specialties are often in danger of being forgotten because of the old impression attached to them. Generation Z, who grew up with media influences and tended to prefer fast food, often lacks interest in traditional foods. The purpose of this design is to inform the location of Bandung's legendary food along with the historical story behind the food and increase Gen Z interest in regional specialties. Through this e-guidebook, generation Z can have easy and practical access to finding and enjoying authentic legendary Bandung culinary delights, as well as understanding the historical and cultural values associated with these traditional foods. Keywords: Guidebook, Traditional Food, Authentic, Smart Tourism.

ABSTRAK
Dalam konteks keberagaman budaya dan kuliner di Indonesia, makanan khas daerah seringkali terancam dilupakan karena kesan kuno yang melekat pada mereka. Generasi Z, yang tumbuh dengan pengaruh media dan cenderung memilih makanan cepat saji, seringkali kurang tertarik pada makanan tradisional. Tujuan dari perancangan ini adalahmenginformasikan lokasi makanan legendaris Bandung bersamaan dengan cerita historical di balik makanan tersebut dan meningkatkan minat Gen Z akan makanan khas daerah. Melalui e-guidebook ini, generasi Z dapat memiliki akses mudah dan praktis untuk menemukan dan menikmati kuliner legendaris Bandung yang autentik, serta memahami nilai-nilai historis dan budaya yang terkait dengan makanan tradisional tersebut.
Kata kunci: Buku Panduan, Makanan Khas Daerah, Autentik, Smart Tourism

References

Setiawan, B., Trisdyani, N. L. P., Adnyana, P. P., Adnyana, I. N., Wiweka, K., & Wulandani, H. R. (2018). The profile and behaviour of ‘digital tourists’ when making decisions concerning travelling case study: Generation Z in South Jakarta. Advances in research, 17(2), 1-13.

Atmadja, O. et al. Perancangan Buku Digital Panduan Perjalanan Wisata Pengendara Sepeda Motor di Pulau Madura. Atmadja, vol. 1, no 6 2015 Andriani, N, N. (2016). Peran Wisata Kuliner Sebagai Bentuk Pembangunan Citra Destinasi di Kota Bandung.

Isnendes, C. R. (2013). Peuyeum Bandung makanan tradisional yang terkenal (folklor bukan lisan dari Jawa Barat). Konferensi Internasional Folklor Asia.

Wijaya, A., Faizal, F. A., & Aurumajeda, T. (2020). PERANCANGAN APLIKASI MOBILE “BAKUL” SEBAGAI MEDIA INFORMASI WISATA KULINER DI KOTA BANDUNG. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 2(2), 32-37.

Farisakta, Brilliant T., et al. "Perancangan Buku Panduan Menggambar Karakter “Naga Bonbon” sebagai Maskot Studio Bonbin." Amarasi, vol. 3, no. 02, 2022, pp. 143-151.

Hanum, F. (2020). Konsep Smart Tourism Sebagai Implementasi Digitalisasi Di Bidang Pariwisata. Journal of Sustainable Tourism Research. Vol.3, No. 1: 14- 17 https://doi.org/10.24198/tornare.v2i2.25787

Baddi Hidayat, L. T., & Hannifah, S. (2009). Peta 100 Tempat Jajan Dan Makan Legendaris di Bandung. PT Gramedia Pustaka Utam

Sanaji, M. (2010). Wisata Kuliner Khas Bandung. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

2023 Desain Komunikasi Visual