Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Wisata Sejarah Pada Bandung Historical Study Games

Authors

  • DALILA ARRUMAISHA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • ROSA KARNITA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • SRI RETNONINGSIH Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Board Game, Historical Education, Fun Learning, Edukasi Sejarah, Konferensi Asia Afrika

Abstract

The background of this research is because there is a need as well as the opportunities provided by the Bandung Historical Study Game (BHSG) to create a fun learning method for various groups, especially for participants who take part in these historical tourism activities. The purpose of this research is to increase the enthusiasm of the target audience in studying history as well as to eliminate the negative stigma towards history lessons which are considered boring. This research and design process was carried out through the design thinking method through the process of empathizing, defining, ideating, prototyping, and testing. At the end of the process a design was produced in the form of an educational as well as interactive board game with the theme of the history of the Asian-African Conference.
Keywords: Board Game, Historical Education, Fun Learning, Asian-African Conference

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kebutuhan juga peluang yang diberikan oleh Bandung Historical Study Games (BHSG) guna menciptakan sebuah metode pembelajaran fun learning untuk berbagai kalangan khususnya kepada peserta yang mengikuti kegiatan wisata sejarah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan antusias target audience dalam mempelajari sejarah juga menghilangkan stigma negatif terhadap pelajaran sejarah yang dirasa membosankan. Proses penilitian dan perancangan ini dilaksanakan melalui metode design thinking dengan melalui proses empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada akhir proses dihasilkan desain berupa sebuah board game yang bersifat edukatif juga interaktif bertemakan sejarah Konferensi Asia Afrika.
Kata kunci: Board Game, Edukasi Sejarah, Fun Learning, Konferensi Asia Afrika

References

Abdulgani, D. H. (1980). The Bandung Connection Konperensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Jakarta: Museum Konferensi Asia Afrika - Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

Panitia Penulisan Sejarah Diplomasi RI. (2005). Sejarah Konperensi Asia-Afrika. Jakarta: Museum Konperensi Asia – Afrika

Retnoningsih, Sri. “Board Game MatSym Sebagai Media Edukasi Sejarah Konferensi Asia Afrika bagi Pengunjung Museum KAA Siswa SD & SMP (Usia 10-15 tahun)l.” Reka Makna:Jurnal Komunikasi Visual.

Herdiana, I. (2022). Kota Bandung dan Lembang Menjadi Destinasi Wisata Favorit selama Pagebluk Versi Google. Bandungbergerak.Id. https://bandungbergerak.id/article/detail/2248/kota-bandung-dan-lembang-menjadi-destinasi-wisata-favorit-selama-pagebluk-versi-google

Sahabatmuseumkaa.com. (2021). Bandung Historical Study Games 2021: A Virtual Tour

Museum Challenge. Sahabatmuseumkaa.Com. https://sahabatmuseumkaa.com/bandung-historical-study-games-2021-a-virtual-tour-museum-challenge/#:~:text=BHSG merupakan kegiatan pembelajaran sejarah,mengenai nilai Konferensi Asia Afrika

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

2023 Desain Komunikasi Visual