PERANCANGAN VIDEO SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PROMOSI MUSEUM ANAK BAJANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL

Authors

  • IDRUS MUHAMAD ABDURAHMAN ALI Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • ARIS KURNIAWAN Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • SRI RETNONINGSIH

Keywords:

Promotion, Video, Tourist, Museum, Social Media, Promosi, Pariwisata, Media Sosial

Abstract

The Bajang Children Museum is located in Sleman, Special Region of Yogyakarta, Indonesia. is a cultural arts museum that offers a unique and alternative form of entertainment with high educational value. The work of this final project aims to increase awareness of the existence of museums by utilizing social media as a promotional platform. This research highlights the educational opportunities available to visitors as they learn about Indonesian history, art and culture. Through this research, it became clear that the Anak Bajang Museum is an invaluable resource for those wishing to gain a deeper understanding of Indonesia's rich and diverse cultural heritage. In the end, this final project emphasizes that the Anak Bajang Museum is an important destination for anyone interested in exploring the diversity of Indonesian culture. Keywords: Promotion, Video, Tourist, Museum, Social Media

ABSTRAK
Museum Anak Bajang yang terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. merupakan museum seni budaya yang menawarkan bentuk hiburan unik dan alternatif dengan nilai pendidikan yang tinggi. Karya dari tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan museum dengan memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi. Penelitian ini menyoroti peluang pendidikan yang tersedia bagi pengunjung saat mereka belajar mengenai sejarah, seni, dan budaya Indonesia. Melalui penelitian ini, menjadi jelas bahwa Museum Anak Bajang merupakan sumber daya yang tak ternilai bagi mereka yang ingin mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang warisan budaya Indonesia yang kaya dan beragam. Pada akhirnya, tugas akhir ini menekankan bahwa Museum Anak Bajang merupakan tujuan penting bagi siapa saja yang tertarik untuk mengeksplorasi keragaman budaya Indonesia. Kata kunci: Promosi, Video, Pariwisata, Museum, Media Sosial.

References

Imam Tamaim (2022) Singgah ke 'Omah Petroek' Yogyakarta, Kamu seperti Sedang Pulang ke Kampung Halaman. https://www.alonesia.com/pariwisata/pr-1914701352/singgah-ke-omah-petroek-yogyakarta-kamu-seperti-sedang-pulang-ke-kampung-halaman

Museum.geologi.esdm.go.id (2023) Pengertian Museum https://museum.geologi.esdm.go.id/pengertian-museum

Hendrik, H. (2020). Tidak Ada Waktu: Studi tentang alasan tidak mengunjungi museum. Kebudayaan, 15(1), 27–40. https://doi.org/10.24832/jk.v15i1.272

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Plus: contoh spesifik riset kepuasan dan ketidak puasan pelanggan, strategi mewujudkan kepuasan pelanggan. Yogyakarta: CV Andi Offset

Kottler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. United States: Pearson Education.

Tinarbuko, Isidorus Tyas Sumbo (2015) DEKAVE:Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. CAPS, Yogyakarta.

Rakhmat Supriyono (2010) Desain Komunikasi Visual - Teori dan Aplikasi cet. 1

Philip Kottler dan Kevin Lane Keller, (Cambridge: IGI Global, 2016) Handbook Of Research Of Effective Advertising Strategies In The Social Media Age.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein, (Paris: ESCP Europe, 2010), Social Media: Back To The Roots And Back To The Future

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

2023 Desain Komunikasi Visual