Memperkuat Brand Image Kozi Coffee dengan Metode Rebranding

Authors

  • MUHAMMAD RIZKY PRADANA SUDJANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • AGUS RAHMAT MULYANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • WIWI ISNAINI Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Brand Image, Coffee, Coffee Shop, Remaja

Abstract

Seeing the trend Seeing the increasing trend of coffee, Kozi Coffee as one of the pioneering Coffee Shops in the city of Bandung since 2015 continues to innovate in order to continue to exist and be competitive. However, Kozi Coffee does not yet have a Brand Image because the logo and design templates change frequently. For this reason, designing a strategy to strengthen the image of the Kozi Coffee brand by stimulating sales attractiveness through various ways from various sides, including using the branding method is needed. The analytical method used is the SWOT method. Based on the results of the analysis it was found that the owners want to show a flexible concept in terms of design which keeps changing every year. Then each Kozi store, which has a different location, becomes an inspiration for ideas for designers to create designs that want to show the concept of flexibility into a brand image that can be understood more broadly. Branding design is applied to the tagline, tone and manner as well as visual graphics that are appropriate to the target audience. In addition, supporting media was created to strengthen the Kozi Coffee brand image. The media used are packaging, POP Display, Posters, X-banners, social media, and merchandise. Through flexible branding, consumers are expected to be more interested in and strengthen the Kozi Coffee brand image.

ABSTRAK
Melihat trend kopi yang semakin meningkat, Kozi Coffee sebagai salah satu Coffee Shop perintis di Kota Bandung sejak tahun 2015 terus berinovasi agar tetap eksis dan kompeteitif. Namun Kozi Coffee belum memiliki Brand Image yang kuat dikarenakan logo dan template desain yang sering berganti. Untuk itu perancangan strategi guna memperkuat citra merk Kozi Coffee dengan menstimulus daya tarik penjualan melalui berbagai cara dari berbagai sisi diantaranya menggunakan metode branding sangat dibutuhkan. Metode analisis yang digunakan adalah Metode SWOT. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa para owner ingin memperlihatkan konsep fleksibel dari segi desain yang terus berganti tiap tahunnya. Kemudian setiap store Kozi yang berbeda-beda tempat menjadi inspirasi ide untuk desainer membuat rancangan desain yang ingin menunjukkan konsep fleksibilitas tersebut menjadi sebuah brand image yang dapat lebih dipahami secara luas. Perancangan branding diaplikasikan pada tagline, tone and manner serta visual grafis yang tepat sesuai dengan target audiens. Selain itu dibuat media pendukung untuk memperkuat brand image Kozi Coffee.
Kata kunci:Brand Image,Coffee,Coffee Shop, Remaja

References

Adithia, Sandy dkk. 2021. Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi Journal of Research on Business and Tourism Volume 1 No. 1, June 2021, p. 37 - 46 Submitted: June 2021 | Accepted: June 2021 | Published: June 2021 ISSN: 2797-3263 (cetak) DOI : https://doi.org/10.37535/104001120213

Brodjonegoro, B. P. . (2020). Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan II 2019 (Vol. 3, Issue 4). https://bappenas.go.id/files/2715/8529/3 891/Laporan_Perkembangan_Ekonomi _Indonesia_dan_Dunia_Triwulan_IV_2 019.pdf.

de Freitas, R. S. G., & Stedefeldt, E. (2020). COVID-19 pandemic underlines the need to build resilience in commercial restaurants’ food safety. Food Research International, 136. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2020.1 09472

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Hasil Konvensi Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009 – 2015 yang Diselenggarakan pada Pekan Produk Budaya Indonesia 2008. JCC, 4 – 8 Juni 2008

Feriyanto, Fajar Nur dan Briliana, Vita. 2022. Mempertahankan Loyalitas Penikmat Kopi Melalui Trsut, Satisfaction, Value, Happiness dan Brand Image (Studi Empirik Pelanggan Starbucks di masa Pandemi Covid-19). MEDIA BISNIS P-ISSN: 2085 – 3106 Vol. 14, No. 2, September 2022, Hlm. 145-158 E-ISSN: 2774 – 4280 Akreditasi Sinta5 SK No.164/E/KPT/2021

Haas, S., Kuehl, E., Mroan, J R., & Venkataraman, K. (2020). How Restaurants can Thrive in the Next Normal. McKinsey & Company, May, 1– 8

Handini, Yuslinda Dwi. 2020. Pengembangan Industri Kreatif Kafe Kopi dalam Meningkatkan Sektor Pariwisata di Kabupaten BondowosoVol.4 No.1 Januari 2020 Journal of Tourism and Creativity ISSN: 2549-483X e-ISSN: 2716-5159

Herawati, Tuti, dkk. 2014. Potensi Kota Bandung sebagai Destinasi Incentive Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Epigram, Vol.11 No.2 Oktober 2014: 95-102

Heriyana, Elly.2012. Fenomena Coffee Shop sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, Vol. 13, No. 1, Juni 2012. Halaman 187-204.

Iskandar, Riri dan Putra, Maykhel Pratama. 2022. Perancangan Brand Image Kacang Pias Usaha Ibu. Jurnal Desain Komunikasi Kreatif. Vol. 4 No. 1 Hal: 32-34 e-ISSN: 2745-9454.

Kartajaya,.Hermawan. 2007. Marketing In Venus. Jakarta: Gramedia..

Kim, J., & Lee, J. C. (2020). Effects of COVID-19 on preferences for private dining facilities in restaurants. Journal of Hospitality and Tourism Management, 45(July), 67–70. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.07.0 08

Kotler. Philip. 2007. ManajemenPemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta:Indeks-Prentice Hall..

_____Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi ke 13. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Cahya Nova dkk. 2020. Review Integratif Mengenai Pandemi Covid 19 dan Dampaknya terhadap Industri Minuman Kopi. Seminar Nasional Administrasi Bisnis dan Manajemen. ISSN: 2442-5486 Volume 6, 07 OKTOBER 2020

Kusubandio, W. (2020). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan di Restoran / Rumah Makan (Juli 2020). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Napoles. Veronica. 1988. Corporate Identity Design. Van Nostrand Reinhold, New York.

Nugroho, Puguh Setyo & Cahyadin, Malik Cahyadin. Analisis Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia. ANALISIS_PERKEMBANGAN_INDUSTRI_KREATIF_D.pdf

Purnomo, Rochmat Aldy.2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT) et. 1 – Surakarta: 2016 110 hlm : 155 x 230 mm ISBN : 978-602-317-319-8

Raharjo, Rido Insan. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) Pada Usaha Penyewaan Lapangan Futsal Di Scudetto Futsal Banyuwangi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Rangkuti. Freddy. 2008. The Power of Brands. Jakarta: Erlangga.

-----------, Freddy. 2015. Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rustan. S. 2009. Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Samosir, Mellysa Donnauly dan Santoso, Agus Budi Santoso. 2022. Pengaruh Brand Image, Peresepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Ulang Produk Kopi Starbucks di Kota Semaran. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 2022. DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2099

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Widiastuti, Shanti, dkk. 2022. Perancangan Corporate Identity untuk Meningkatkan Brand Image Perusahaan. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 2,No.2,Oktober 2022,pp.150-159

Yunus, Ulani. 2018. Digital Branding: Teori dan Praktik. BukuDigitalBrandingLengkap20183.pdf

Media Massa

Bandung dengan Julukan Kota Kreatif, Simak 3 Faktor Pemicunya!Senin 10 Jan 2022 14:48 WIBhttps://esqnews.id/berita/bandung-dengan-julukan-kota-kreatif-simak-3-faktor-pemicunya diunggah tanggal 23 Februari 2023 jam 18.55 WIB

Bandung, Jaringan Kota Kreatif UNESCO 12/07/2022 11:00 AM https://kemlu.go.id/penang/id/news/19889/bandung-jaringan-kota-kreatif-unesco diunggah tanggal 23 Februari 2023 jam 19.10 WIB

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

2023 Desain Komunikasi Visual