PERANCANGAN KAMPANYE YOGYAKARTA SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA PENGEMBANGAN DIRI BAGI PELANCONG TUNGGAL WANITA

Authors

  • ALKIRA BRILLIANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • EKA NOVIANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • SRI RETNONINGSIH Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Women Travelling Wanita, Tourism Campaign, Yogyakarta, Solo Travelling Wanita, Kampanye Pariwisata

Abstract

The campaign plan "Yogyakarta: a Friendly Destination for Solo Female Travelers" is a concept aimed at responding to the phenomenon of the increasing number of female travelers embarking on solo trips. This is supported by Google trend data from mid-2021, which recorded that 76.15% of independent travelers are women. In the planning of this campaign, Yogyakarta was chosen as a case study due to the results of a survey conducted with 106 respondents, where 68.9% selected Yogyakarta as their destination of choice. However, Yogyakarta has recently faced security issues, namely the threat of the "Klitih" criminal phenomenon, which is perpetrated by young people in Yogyakarta. This situation is of particular concern in crafting the strategy for this campaign, with a focus on conveying a message that encourages female travelers to boost their self-confidence and independence, as well as fostering a spirit of exploration of the beauty and rich culture that Yogyakarta has to offer.
Keywords: Women Travelling Wanita, Tourism Campaign, Yogyakarta

Abstrak
Rancangan kampanye "Yogyakarta Kota Ramah Pelancong Tunggal Wanita"" merupakan gagasan dalam merespon fenomena meningkatnya jumlah pelancong wanita yang berwisata sendirian. Hal ini didukung oleh data tren Google pada pertengahan 2021 yang mencatat 76,15% dari pelancong mandiri adalah wanita. Dalam perancangan ini dipilih Yogyakarta sebagai studi kasus, dikarenakan berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada 106 orang jumlah responden, 68.9% memilih Yogyakarta sebagai kota destinasi wisata. Namun Yogyakarta sendiri akhir-akhir ini memiliki permasalahan keamanan, yaitu ancaman dari fenomena kriminal "Klitih," yang dilakukan oleh kaum remaja Yogyakarta. Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus dalam menyusun strategi perancangan kampanye ini dengan mengangkat pesan yang mendorong para pelancong wanita untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian, serta semangat mengeksplorasi keindahan serta luhurnya budaya yang ditampilkan di Yogyakarta.
Kata kunci: Solo Travelling Wanita, Kampanye Pariwisata, Yogyakarta

References

Pereira, Andreia & Silva, Carla. (2018). Women solo travellers: motivations and experiences. Millenium - Journal of Education, Technologies, and Health. 99-106.

29352/mill0206.09.00165.

Hamid, S., Ali, R., Azhar, M., & Khan, S. (2021). Solo travel and well-being amongst women: An exploratory study. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.125

Bauer, I. L. (2021). Healthy, safe and responsible: The modern female traveller. Tropical Diseases, Travel Medicine and Vaccines, 7 (1). https://doi.org/10.1186/s40794-021-00141-7

Williams, B. (2023). 40+ female travel statistics (2023!). RSS. Retrieved February 24, 2023, from https://www.dreambigtravelfarblog.com/blog/female-travel-statistics

Solo Travel Statistics and data: 2022 -2023. Solo Traveler. (2023, February 10). Retrieved February 24, 2023, from https://solotravelerworld.com/about/solo-travel-statistics-data/

Program Studi DKV FSR ISI Yogyakarta. 2007. Irama Visual: Dari Tukang Reklame Sampai Komunikator Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Yoeti, Oka A. 2006. Pariwisata Budaya: Masalah dan Solusinya. Jakarta: Pradnya Paramita.

Bond; 1997; Jordan & Gibson, 2005; Chiang e Jongaratnam, 2006; Wilson and Harris, 2006; Wilson & Little, 2005, 2008; McNamara & Prideaux, 2010; Kirkwood, 2011.

AYYUB HAMDANU BUDI NURMANA MULYANA SLAMET and Sugiarto Sugiarto (2022) “Brand DESAIN melalui media komunikasi visual sebagai sarana promosi Dan Informasi Pada Dinas pariwisata Kabupaten Semarang,” Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), pp. 231–244. Available at: https://doi.org/10.51903/pixel.v15i2.899.

Ramadeni, S. and Soewardikoen, D.W. (2017) “Identitas Visual Dan Media Promosi Wisata edukasi Jendela Alam,” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), p. 113. Available at: https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.767.

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

2023 Desain Komunikasi Visual