PENDEKATAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA AREA PAMER MOOI INDIE DI MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK DI JAKARTA

Authors

  • Nabila Ainun Itenas bandung
  • Novrizal Primayudha Itenas Bandung

Keywords:

desain interior, Museum Seni Rupa dan Keramik, pendekatan teknologi, AR (Augmented Reality)

Abstract

Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan berbagai macam koleksi seni rupa dan juga keramik karya anak bangsa. Salah satu area pamer yang terdapat di muse um ini yaitu area pamer seni rupa Mooi Indie yang menyimpan 4 (empat) karya seni bertemakan alam Hindia Belanda pada masa itu. Selain menyimpan koleksi seni museum ini juga menjadi tempat konservasi, pendidikan, dan rekreasi. Untuk menarik pehatian pengunjung agar mendatangi museum dan antusias untuk mempelajari koleksi yang ada maka dengan adanya perkembangan zaman dan  lebih memaksimalkan fungsi juga mseum kebutuhan museum maka perencanaan perancangan museum ini memfokuskan kepada menggunaan pendekatan teknologi khususnya teknologi AR (Augmented Reality) untuk memberikan suasana dan pengalaman baru bagi pengunjung. Dengan pengaplikasian AR (Augmented Reality) dalam perencanaan interior Museum Seni Rupa dan Keramik ini diharapkan dapat sesuai dengan tujuan dan dapat membantu mengatasi masalah yang timbul di dalam museum.

References

Proyek Peningkatan dan Pengembangan Permuseuman Jakarta,1978/1979. Pedoman Tata Pameran di Museum.

Asmara, Desi.(2019). “Peran Museum Dalam Pembelajaran Sejarah”. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora No 1. Vol.2.

Alam, Syamsu (2016).Sistem Museum Digital Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Vol.5 No.2, 144-152.

ICOM (International Council of Museum). Denmark.Juni 1947.

AR, Monster. (2019, February 14). Kecanggihan 5 Teknologi di Museum Digital dan Penerapannya di Indonesia Hingga Saat Ini from

www.monsterar.net

UCEO. (2016, February 25). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian from

www. informatika.uc.ac.id

Dinas Kebudayaan. (2021, July 2). Museum Seni Rupa dan Keramik from

dinaskebudayaan.jakarta.go.id

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). (2018, Agustus 09). PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK MENDUKUNG PENGENALAN KLEKSI MUSEUM from

Jtiik.ub.ac.id

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (2018, Agustus 09). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN from

Ejournal.undiksha.ac.id

Downloads

Published

2023-09-03