KAJIAN ELEMEN PENDUKUNG INTERIOR PADA CIP LOUNGE TERMINAL “A” BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA
Keywords:
Bandara, Budaya, Interior, LoungeAbstract
Bandara Adisutjipto di Yogyakarta sudah tidak dapat diperluas lagi, tetapi mengingat tingginya jumlah wisatawan yang menggunakan bandara tersebut, harus ada upaya untuk mempertahankan keberadaan dan memberikan kenyamanan kepada parapengunjung yang menggunakan fasilitas bandara Adisutjipto di Yogyakarta. terlebih pada CIP Lounge Concordia yang dimiliki oleh Bandara Adisutjipto Yogyakarta ini, memerlukan perhatian terlebih juga karena sebagai failitas untuk tamu VIP yang akan menjadi calon penumpang Bandara Adisutjipto Yogyakarta tersebut, sehingga perlu perhatian mengenai kondisi interior yang ada pada CIP Lounge Concordia tersebut.
Metode yang dilakukan untuk mengimput data yang dibutuhkan dalam proses perancangan tersebut dilakukan secara langsungmaupun tidak langsung seperti survey dengan langsung mendatangi Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
Bandara Adisutjipto Yogyakarta sendiri memerlukan pembaharuan pada inteior bandara. Konsep yang dihadirkan pada Bandara Adisutjipto adalah dengan mempertahankan Menitikberatkan pada elemen budaya Yogyakarta, area ini akan menggabungkanwarna-warna cerah dan membatasi penggunaan perabotan agar memberikan kesan ruangan yang lapang. Tujuannya adalah untukmenghadirkan pengalaman yang mewakili budaya Yogyakarta kepada pengunjung bandara.
References
Achnaf, Z. B., Primayudha, N., & Kusnaedi, I. (2022). Implementasi Nilai Kultural Jawa sebagai Representasi Lokalitas pada Interior Hotel Grand Tjokro Bandung. Lintas Ruang, 10(1), 43–58.
Dewi, R., Primayudha, N., & Salsabila, A. (2022). Kajian Elemen-Elemen Pendukung Interior CIP Lounge Pada Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Lintas Ruang.
Eskandar, D. (2021). The Role of Sustainable Interior Design Strategies in Increasing Occupant Comfort in Commercial Spaces. Journal of Architecture, Arts and Humanities, 6(30), 573– 594.
Han, S., Ham, S. S., Yang, I., & Baek, S. (2012). Passengers’ perceptions of airline lounges: Importance of attributes that determine usage and service quality measurement. Tourism Management, 33(5), 1103–1111. https://doi.org/10.1016/J.TOURMAN.2011.11.023