PERANCANGAN BANDUNG VIRTUAL SPORT DENGAN KONSEP ARSITEKTUR KONTEMPORER

Authors

  • Safira Nurul Cahyani
  • Shirley Wahadamaputera

Keywords:

Futuristik, Ikonik, Video Game

Abstract

ABSTRAK
Sarana rekreasi merupakan lokasi yang benar-benar diminati bagi banyak individu, dari muda sampai tua. BAVIS (Bandung Virtual Sport) sebuah Theme Park yang menyajikan permainan video game dalam berbagai bidang olahraga, dirancang untuk menjadi salah satu solusi untuk orang-orang di perkotaan agar dapat melepas penat dan depresi. Theme Park ini akan menjadi tujuan rekreasi baru di Kota Bandung. Rancangan Theme park ini menggunakan pendekatan tema “arsitektur modern”. Pendekatan ini dituangkan melalui perpaduan penggunaan bahan-bahan bangunan yang modern seperti kaca, batu, logam, dan kayu. Material batu pada gate enterance menunjukkan ciri dan karakteristik dari Arsitektur Kontemporer. Penggunaan bahan beton pada dinding dan pilar-pilar yang dibiarkan menonjol membuat kesan tegas dan kokoh pada bangunan Bandung Virtual Sport. Kolom yang diberi material cat yang menyerupai kayu serta ornamen garis di sekeliling bangunan dan dilapisi dengan HPL bermotif batu, serta tulisan BAVIS yang diberi material logam menunjukan banguan ini menggunakan bahan material modern yang menjadi karakteristik dari Arsitektur Kontemporer. Bukaan cahaya pada bangunan Bandung Virtual Sport dibuat banyak agar cahaya yang masuk menjadi maksimal. Penggunaan material kaca juga memperkuat karakteristik dari Arsitektur Kontemporer pada bangunan. Selain menjadi karakteristik, material kaca mampu menghemat cahaya buatan, sehingga biaya untuk pencahayaan buatan dapat di minimalisir.
Kata Kunci: Futuristik, Ikonik, dan Video Game .

ABSTRACT
Recreation facilities are places that are overwhelmingly popular by many individuals, both from young people to old people. BAVIS (Bandung Virtual Sport) a Theme Park that presents video games in various sports fields, designed to be a solution for people in urban areas to relieve fatigue and depression. This Theme Park will be a new recreational destination in the city of Bandung. This theme park design uses the "modern architecture" theme approach. This approach is expressed through a combination of the utilization of present day building materials, for example, glass, stone, metal and wood. The stone material on the gate entry shows the characteristics and characteristics of Contemporary Design. The utilization of concrete materials on the walls and pillars that are left prominent makes a firm and solid impression on the Bandung Virtual Sport building. Columns painted with wood-like paint and line ornaments around the building and covered with stone-patterned HPL, as well as BAVIS written with metal material show that this building uses modern materials which are characteristic of Contemporary Architecture. There are many light openings in the Bandung Virtual Sport building so that the incoming light is maximized. The use of glass material also strengthens the characteristics of Contemporary Architecture in buildings. Besides being a characteristic, glass material is able to save artificial light, so that costs for artificial lighting can be minimized.
Keywords: Futuristic, Iconic, and Video Games

References

Kemdikbud, "https://kbbi.kemdikbud.go.id/," Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/. [Accessed 11 7 2023].

M. Sorkin, Variations on a Theme Park: The New American City and the End of Public Space, New York: Hill and Wang, 1992, 1992.

BPS Kota Bandung, "https://bandungkota.bps.go.id/," 2023. [Online]. Available: https://bandungkota.bps.go.id/.

W. R. K. Batunuggal, "PETA KECAMATAN BATUNUNGGAL," 2023. [Online]. Available: https://batununggal.bandung.go.id/index.php/2017/01/08/peta-kecamatan-batununggal/. [Accessed 2023].

L. Hilberseimer, Contemporary Architecture: It's roots and trends, Chicago: Chicago: P. Theobald, 1964.

F. A. Cerver, The World of Contemporary Architecture, Germany: Könemann Verlagsgesellschaft., 2000.

Y. Sumalyo, Arsitektur Modern Akhir Abad XIX dan Abad XX, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1997.

E. Schirmbeck, Gagasan, Bentuk, dan Arsitektur: Prinsip-Prinsip Perancangan Dalam Arsitektur, Bandung: Intermatra, 1988

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

2023 Arsitektur