PENERAPAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE ARCHITECTURE) PADA PERANCANGAN TAMAN WISATA RIVERLAND DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Jafar Rasyid Fadhlan
  • Widji Indahing Tyas
  • Bambang Subekti

Keywords:

Arsitektur Berkelanjutan, Aquarium Air Tawar, Taman Wisata Edukasi

Abstract

ABSTRAK
Taman wisata edukasi Riverland merupakan proyek arsitektur berkelanjutan yang menggabungkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dengan desain inovatif dan ramah lingkungan, taman ini bertujuan memberikan pengalaman belajar yang mendalam mengenai kehidupan akuatik di air tawar. Penggunaan energi terbarukan, sistem daur ulang limbah, dan pengelolaan sumber daya air yang efisien menjadi bagian dari pendekatan berkelanjutan dalam pembangunannya. Selain sebagai destinasi wisata menarik, taman ini juga menerapkan program edukasi dan kegiatan sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di air tawar. Proyek taman wisata edukasi Riverland di Jalan Laswi, Kota Bandung ini mencerminkan bagaimana arsitektur berkelanjutan dapat diintegrasikan dengan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dengan penerapan teknologi ramah lingkungan seperti pemanfaatan air hujan, proyek ini berkontribusi positif dalam pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan. Selain memberikan manfaat ekonomi melalui peningkatan kunjungan wisatawan, taman ini juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan kesadaran sosial terhadap pentingnya pelestarian kehidupan akuatik di air tawar. Dengan demikian, taman wisata edukasi "Aquarium Air Tawar" menjadi contoh proyek berkelanjutan yang menggabungkan antara fungsi rekreasi, edukasi, dan pelestarian lingkungan.
Kata Kunci: Arsitektur Berkelanjutan, Aquarium Air Tawar, Taman Wisata Edukasi

ABSTRACT
Riverland Educational Park is a sustainable architectural project that integrates economic, social, and environmental aspects. With innovative and eco-friendly design, the park aims to provide a profound learning experience about aquatic life in freshwater. The use of renewable energy, waste recycling systems, and efficient water resource management are integral to the sustainable approach in its construction. Beyond being an attractive tourist destination, the park also implements educational programs and social activities to raise awareness among the community regarding the conservation of the environment and biodiversity in freshwater. The Riverland Educational Park project on Jalan Laswi, Bandung City, reflects how sustainable architecture can be integrated with economic, social, and environmental elements. By employing environmentally friendly technologies like rainwater harvesting, the project positively contributes to reducing its impact on the environment. Furthermore, aside from generating economic benefits through increased
tourist visits, the park serves as a platform for education and social awareness concerning the significance of preserving aquatic life in freshwater. Thus, the "Freshwater Aquarium" Educational Park sets an example of a sustainable project that harmoniously blends recreational, educational, and environmental preservation functions.
Keywords: Sustainable Architecture, Freshwater Aquarium, Educational Theme Park

References

Devi, I.A.S., Damiati, & Adnyawati, N.D.M.S. (2018). Potensi Objek Wisata Edukasi di Kabupaten Gianyar. Jurnal Bosaparis Vol.9 No.2.

Elsa. (2014). Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat. E-Journal Upgrisba.

Atmodiwirjo, Paramita, and Yandi Andri Yatmo.(2009). Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kurniasih, S. (2010). Evaluasi Tentang Penerapan Prinsip Arsitektur Berkelanjutan. Asitron Vol.1 No.1, 11-26

Kurniawan, R. A., & Pamungkas, L. S. (2020). Penerapan Arsitektur Berkelanjutan (Sustainable Architecture) pada Perancangan Taman Budaya di Kabupaten Sleman. Jurnal Arsitektur Grid Vol.2 No.1, 35-39.

Hidayatulloh, S., & Anisa. (2022). Kajian Prinsip Arsitektur Berkelanjutan Pada BangunanPerkantoran (Studi Kasus: Gedung Kementrian PUPR). Jurnal Arsitektur ZONASI: Vol. 5 No.3, 521-530.

Suyanto, I. R. (2020). Perilaku Cross-Laminated Timber (CLT) Sebagai Material Utama Bangunan Tingkat Menengah Tahan Gempa di Indonesia. Rekayasa Sipil. Vol. 14 No.3.

Riyadi, Slamet; Jodhi, Achmad; Karim, Ahmad; Zhafirah, Andhita; Murniati. (2021). Pelatihan Vertical Garden Sebagai Wujud Peningkatan Kepedulian Terhadap Lingkungan Dukuh Duwet, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Jurnal PHEDHERAL Vol.18 No.1

Wigati, Restu; Mina, Enden; Kusuma, Rama Indera; Kuncoro, Hendrian Budi Bagus; Fathonah, Woelandari; Ruyani, Nyi Raden. (2022). Implementasi Pemanenan Air Hujan (Rainwater Harvesting) pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Serang. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol.2 No.1

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

2023 Arsitektur