KONSEP ARSITEKTUR FUTURISTIK PADA PERANCANGAN BANGUNAN KRIDA KIARA PARK DI KOTA BANDUNG
Keywords:
Futuristik, Ikonik, Taman Hiburan Tematik, Video GameAbstract
Abstrak
Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata, hal ini dapat dilihat dari ramainya kota Bandung saat akhir pekan. Beberapa tempat wisata di kota Bandung dan sekitarnya merupakan taman. Taman yang berada di kota Bandung saat ini, hanya dalam bentuk sekedar ruang terbuka tempat berfoto dengan fasilitas yang minim. Gagasan untuk membangun sebuah taman hiburan tematik video game yang memiliki karakteristik unik berkonsep arsitektur futuristik, dapat menjadi jawaban kebutuhan taman bagi kota Bandung. Video game merupakan bentuk permainan elektronik berupa teks maupun gambar yang membutuhkan interaksi antara perangkat lunak permainan dengan pemain. Tema video game dengan penekanan pada pendidikan dalam rancangan taman hiburan tematik ini ditujukan sebagai media pembelajaran interaktif bagi pengunjung. Arsitektur futuristik yang merupakan salah satu turunan dalam arsitektur modern, diterapkan pada bentuk bangunan untuk meningkatkan tampilan bangunan lebih dinamis dan tidak kaku, namun terlihat minimalis melalui penggunaan bahan GFRP bernuansa metal dan kaca yang dominan. Ciri-ciri arsitektur futuristik yang terdapat pada bangunan Krida Kiara Park adalah: gaya universal, less is more, nihilism dan kejujuran bahan. Konsep futuristik bangunan dalam fungsi taman hiburan bertema video game diharapkan dapat menjadi bangunan ikonik yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat yang berkunjung ke kota Bandung.
Kata Kunci: Futuristik, Ikonik, Taman Hiburan Tematik, Video Game
Abstract
Bandung City is one of the tourist destinations, as can be seen from the bustling city of Bandung during the weekends. Some tourist spots in Bandung and its surroundings are parks. The parks in Bandung at present are merely open spaces for taking photos with minimal facilities. The idea of building a thematic amusement park based on video games with unique futuristic architectural concepts could be the answer to the need for parks in Bandung. Video games are electronic games that involve interaction between game software and players, using texts and images. The theme of video games with an emphasis on education in the design of this thematic amusement park is intended as an interactive learning media for visitors. Futuristic architecture, which is derived from modern architecture, is applied to the building's design to enhance its dynamic appearance and avoid rigidity while maintaining a minimalist look through the predominant use of GFRP materials with a metallic and glass-like nuance. The architectural characteristics of the futuristic design found in Krida Kiara Park include universality, "less is more" philosophy, nihilism, and honesty in material use. The concept of a futuristic building for a video game-themed amusement park is expected to become an iconic structure that attracts people visiting Bandung city.
Keywords: Futuristic, Iconic, Theme Park, Video Games
References
Ahmad Haritz imammudin, “Taman Hiburan Tematik (Theme Park) di Yogyakarta,” 2016.
V. Sari Putry Marosa, M. Mahmud, M. Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, F. Teknik Universitas Syiah Kuala, dan D. Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, “PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR MODERN TROPIS PADA PERANCANGAN RUMAH SAKIT MATA DI KOTA BANDA ACEH,” 2017.
F. Fauzi dan W. Aqli, “Kajian Konsep Arsitektur Futuristik Pada Bangunan Kantor,” Journal of Architectural Design and Development, vol. 1, no. 2, hlm. 165, Des 2020, doi: 10.37253/jad.v1i2.1387.
P. Desain Arsitektur Neo Futuristik Pada Bangunan Komersial Karya Eero Saarinen Diwarni Safitri dan S. Yardha Moerni, “Journal of Architecture and Urbanism Research,” JAUR, vol. 1, no. 1, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.uma.ac.id/index.php/jaur
D. Djaouti, J. Alvarez, J.-P. Jessel, G. Methel, dan P. Molinier, “A Gameplay Definition through Videogame Classification,” International Journal of Computer Games Technology, vol. 2008, hlm. 1–7, 2008, doi: 10.1155/2008/470350.
Kota Bandung, “Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung Tahun 2022-2042,” 2022.
Kota Bandung, “Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor: 18 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung Tahun 2011-2031,” 2011.
Z. Mubarak dan W. Aqli, “Penerapan Konsep Arsitektur Universal Pada Pusat Hiburan Dunia Fantasi.”