Penerapan Tema Arsitektur Kontemporer Pada Prime Exhibition dan Convention di Kota Baru Parahyangan

Authors

  • Adinda Safarina Artamevia
  • Akhmad Jaelani

Keywords:

Konvensi dan Eksibisi, Arsitektur Kontemporer, Pariwisata, Prinsip Rasional

Abstract

ABSTRAK

Destinasi pariwisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) di Indonesia sudah menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan dan memiliki tren yang semakin meningkat. Ditinjau dari berbagai aspek, Kota Baru Parahyangan yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat memiliki konsep kota mandiri ramah lingkungan dan berwawasan pendidikan adalah lokasi yang tepat untuk dilangsungkannya aktifitas tersebut. Sebagai Kota Mandiri yang masih berkembang, Kota Baru Parahyangan sampai saat ini belum memiliki bangunan yang dapat melangsungkan kegiatan Konvensi dan Eksibisi dalam skala besar, yang diharapkan menjadi sarana untuk warga dapat bertukar informasi melalui kegiatan tersebut. Maka dari itu, perancangan bangunan Konvensi dan Eksibisi dengan menerapkan konsep arsitektur kontemporer melalui pendekatan desain berkelanjutan didasari oleh prinsip rasional dan penerapan era New Normal yang berpengaruh pada desain dapat menjadi solusi sehingga kegiatan konvensi dan eksibisi dapat terlaksana dengan nyaman. Pengaplikasian konsep arsitektur kontemporer pada bagian ruang dalam maupun luar mengikuti prinsip rasional menyesuaikan dengan kebutuhan ruang itu sendiri sehingga menciptakan hubungan antar ruang yang kompleks. Pendekatan desain berkelanjutan juga ditonjolkan dalam pengimplementasian material pada bagian luar dengan mengikuti prinsip rasional menjadi satu kesatuan yang solid. Maka dari itu, keberadaan bangunan konvensi dan eksibisi diharapkan menjadi nilai tambah bukan hanya dalam skala lingkungan namun juga skala lebih luas.



Kata kunci: Konvensi dan Eksibisi, Arsitektur Kontemporer, Pariwisata, Prinsip Rasional.

ABSTRACT

MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) tourism destinations in Indonesia become a routine activity and increasing trend. Reviewed by aspects, Kota Baru Parahyangan located in Kabupaten Bandung Barat, has concept environmentally friendly independent city and educational insight, which is the right location for these activities. As an independent city who’s still developing, Kota Baru Parahyangan doesn’t have a building who hold conventions and exhibitions on a large scale, which can be a facilities for residents to exchange information by those.  The design of Convention and Exhibition buildings by applying concept of contemporary architecture through a sustainable design is based on rational principles and application of the New Normal era which affects the design solution, so convention and exhibition activities can be out comfortably. The application of contemporary architectural concepts to interior and exterior spaces follows the rational principle of adapting the needs of space create a complex relationships between spaces. The sustainable design approach is also highlighted in the implementation of materials on the outside by following rational principles into a solid whole. So, the existence of convention and exhibition buildings is expected to be an added value not only on an environmental scale but also on a wider scale.


Keywords: Convention and Exhibition, Contemporary Architecture, Tourism, Rational Principles

References

Lonely Planet (2018). Di akses pada 01 September 2021 dari

https://www.merdeka.com/peristiwa/10-lonely-planet-2018-menempatkan-indonesia-di-posisi-7-

dunia.html

Montgomery, R.J & Strick, S.K., (1995). Meetings, conventions, and expositions-An introduction to the industry. New York: Van Nostrand Reinhold.

Lawson, Fred, (1981). Conference, Convention and Exhibition Facilities, The Architectural Press, London.

KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di akses pada 18 April 2021 dari

https://kbbi.web.id/kontemporer

Hilberseimer, L. (1964). Contemporary Architecture: Its Roots and Trends. Chicago: Chicago, P. Theobald.

Schirmbeck, E. (1988). Gagasan, Bentuk, Dan Arsitektur. Prinsip-Prinsip Perancangan Dalam. Arsitektur Kontemporer.

Akmal, Imelda. (2005). Indonesian Architecture Now, Volume 1. Jakarta: Borneo Publications.

Steele, James. (1997). Sustainable Architecture: Principle Paradigms Ana Case Studies. Edisi 8.

New York: Mcgraw-Hill.

Sustainable Development Goals (SDGs). Target tahun 2030. (2017). Di akses pada tanggal 12 Mei

dari https://www.sdg2030indonesia.org/

Downloads

Published

2021-10-14 — Updated on 2021-11-10

Versions

Issue

Section

2021 Arsitektur